POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pangeran Andrew, bankir … dan ‘hadiah pernikahan’ misterius senilai £750.000 | Pangeran Andrew

Ketika pengusaha Turki Salman Turk meluncurkan bank digital baru tiga tahun lalu, ia memasuki pasar startup online yang ramai dengan harapan memperoleh bisnis dari bank tradisional.

Tampaknya ada sedikit yang membedakan usaha baru London, Heyman A, dari sejumlah pesaing lainnya. Itu memiliki situs web yang belum sempurna, sedikit dana dibandingkan dengan beberapa pesaing digitalnya dan tidak ada lisensi perbankan. “Kami sedang membangun bank yang baik untuk orang-orang baik,” kata situs webnya. Catatan kaki menambahkan bahwa “dalam proses aplikasi” untuk menjadi bank Inggris.

Tapi hanya tujuh bulan setelah peluncuran proyek baru, Turk jatuh cinta di panggung dengan Duke of York di St James’s Palace untuk mengumpulkan People’s Choice Award di hotel bergengsi. Stadion @ Istana Itu terjadi. Kompetisi pada 6 November 2019 adalah program BBC versi Pangeran Andrew sarang naga, tetapi dengan nuansa kerajaan yang tak ternilai. Itu adalah kudeta yang menakjubkan bagi mantan bankir Goldman Sachs, Turk dan bank barunya, tetapi itu tidak mengamankan masa depan perusahaan, yang berakhir pada September tahun lalu.

Pekan lalu terungkap bahwa jutawan Turki Nehbat Eviyap Esplin, 77, telah mengajukan gugatan terhadap Turk, 35, yang mengklaim dia ditipu olehnya. Hal ini berusaha untuk memulihkan sekitar £ 38m. membantah tuduhan itu.

Turk membantu mengelola keuangan Isbelin, dan dokumen pengadilan menuduh Turk menghasut pembayaran £ 750.000 kepada Pangeran Andrewhanya sembilan hari setelah menerima penghargaan di St James’s Palace.

Uang itu telah dilunasi, dari rekening bank pribadi Isbilen, tetapi itu menimbulkan pertanyaan baru bagi Pangeran Andrew: Apakah dia dan para penasihatnya sadar bahwa pembayaran itu terkait dengan pelepasan, dan mengapa uang itu? Pangeran Andrew tidak menjadi pusat dari proses Mahkamah Agung yang kompleks dan tidak dituduh melakukan kesalahan.

READ  Merek 'HBO Max' yang Tidak Disukai oleh Beberapa Pejabat Top WarnerMedia

Dalam pernyataan tertulisnya kepada Mahkamah Agung, Esplin mengatakan Turk mengatakan kepadanya bahwa pembayaran itu adalah hadiah untuk Pangeran Andrew setelah dia diduga membantu mengatur paspor pengganti.

Salman Turki Foto: Pitch @ Palace / Twitter

Dia juga mengatakan dia telah melihat email dari Turk ke bank pribadinya, Hampden & Co, yang menyatakan bahwa pembayaran itu adalah hadiah pernikahan untuk Putri Beatrice, yang menikah dengan maestro real estat. Edoardo Mapelli Mozzi pada Juli 2020.

Esplin mengatakan kepada pengadilan bahwa dia menganggap tuduhan mengenai dugaan peran Pangeran Andrew dalam mengatur paspor atau bahwa transfer uang itu adalah hadiah pernikahan palsu.

Dalam versi luar biasa dari panggilan yang diposting oleh surat harian Kemarin, Amanda Thirsk, mantan sekretaris pribadi Pangeran Andrew dan mantan direktur [email protected] Palace, diduga memberi tahu bankir Hampden & Co yang menjalankan pemeriksaan kepatuhan bahwa dia yakin uang itu adalah hadiah. Dia diduga berkata, “Saya mengerti itu adalah hadiah pernikahan … apa itu? [Beatrice] Dan keluarganya memutuskan untuk membuatnya benar-benar tentang mereka, bukan? Thirsk berkata Surat Dia tidak dapat mengingat panggilan itu, tetapi dia tidak akan mengambil bagian dalam sesuatu yang tidak pantas.

Dilaporkan juga bahwa mantan istri Pangeran Andrew, Sarah Ferguson, juga telah menerima pembayaran setidaknya £225.000 dari Turki melalui sebuah perusahaan bernama Alphabet Capital, yang dikatakan terkait dengan pembayaran yang harus dibayarkan kepadanya untuk pekerjaannya di sebuah perusahaan surya. Juru bicaranya mengatakan dia tidak mengetahui tuduhan yang sekarang muncul.

Isbilen adalah anggota keluarga Turki yang memiliki Grup Perusahaan Evyap, yang memiliki berbagai merek sabun dan perawatan pribadi. Suaminya, Ilhan Esbelin, adalah mantan wakil pemimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) yang berkuasa, dan seorang tahanan politik di Turki sejak 2015.

Esplin mengatakan itu memberi Turki kendali efektif atas uang $87,5 juta (£ 66,7 juta) dan bahwa dia “secara tidak jujur ​​dan sistematis” menyalahgunakan kepercayaan yang telah diberikan kepadanya. Dia mengatakan dia memiliki kemampuan terbatas untuk memahami bahasa Inggris dan membutuhkan bantuan untuk memindahkan asetnya keluar dari Turki. Dia mengklaim bahwa dia secara tidak jujur ​​salah mengatur uangnya.

Duke of York mendirikan [email protected] pada tahun 2014 dengan tujuan “memperkuat dan mempercepat pekerjaan para pengusaha”. Program ini dimaksudkan untuk membantu para pengusaha “membuat koneksi” dan mengamankan investasi.

Namun, masa depannya terancam saat Turk membawa pulang penghargaan banknya.

Pangeran Andrew telah memberinya detik BBC yang terkenal malam berita 10 hari setelah upacara penghargaan, para penonton bereaksi keras. Perusahaan termasuk KPMG, Barclays, Bosch, dan Standard Chartered telah mengakhiri sponsor [email protected] Palace mereka. Kegiatannya di masa depan sekarang sedang ditinjau.

Seorang juru bicara Pangeran Andrew mengatakan tidak akan ada komentar tentang kasus pengadilan yang sedang berlangsung.