POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Pakar Teknologi dan Hukum Bay Area Membantu Puluhan Orang Melarikan Diri dari Afghanistan – NBC’s Bay Area

Di Kabul kecil di Fremont, setiap hari muncul alasan baru untuk mengkhawatirkan orang-orang yang masih berusaha melarikan diri dari Afghanistan.

Tapi sekarang, terlepas dari risikonya, sekelompok baru mantan anggota militer, ahli hukum dan teknis di Bay Area membantu menyelamatkan puluhan orang. Grup yang disebut Allied Extract ini didirikan bulan lalu.

“Sejauh ini, kami telah berhasil mengevakuasi 160 orang dari Afghanistan yang dalam bahaya,” kata Sitara Karim dari Sekutu. Orang-orang ini termasuk sekitar 60 anak-anak, warga negara AS dan Inggris, dan seorang aktivis hak-hak sipil terkemuka. ”

Untuk alasan keamanan, organisasi nirlaba tersebut tidak akan memberikan informasi spesifik tentang bagaimana organisasi tersebut berhasil membantu orang-orang melarikan diri dari Afghanistan.

Upaya kelompok itu menjadi lebih mendesak setelah Taliban menyatakan kemenangan atas Lembah Panjshir, timur laut ibu kota, Kabul. Itu adalah distrik terakhir di mana Taliban menghadapi perlawanan bersenjata.

Pada Senin malam di Auckland, Lina Nazar akan menggelar protes untuk menarik perhatian pada upaya perlawanan Taliban.

“Saya benar-benar di sini untuk meningkatkan kesadaran Front Perlawanan Nasional yang ada di Lembah Panjshir Afghanistan,” kata Nizar. Mereka adalah satu-satunya di Afghanistan yang berperang melawan Taliban.”

Ini adalah perjuangan untuk kebebasan dan hak-hak perempuan, kata Nizar – pertempuran yang dia harap akan beresonansi dengan orang-orang yang berada ribuan mil jauhnya di wilayah Teluk.

READ  Panduan untuk BC PNP Tech untuk Kandidat Entri Ekspres