POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Negara G20 Indonesia Bendera Presiden Joko Widodo Perekonomian global sedang meningkat

Negara G20 Indonesia Bendera Presiden Joko Widodo Perekonomian global sedang meningkat

Presiden : Joko Widodo


    Joko Widodo, yang dikenal sebagai Jokowi, telah menjadi Presiden Indonesia sejak tahun 2014. Sebagai pemimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Widodo sebelumnya menjabat sebagai Walikota Surakarta dari tahun 2005 hingga 2012, dan Gubernur ibu kota negara, Jakarta, dari tahun 2012 hingga 2014.

Indonesia mengambil alih kepresidenan G20 dari Italia pada 1 Desember 2021, dan tahun lalu, negara Asia Tenggara itu menjadi tuan rumah KTT G20 ke-17 di Nusa Dua, Bali pada 15-16 November. Indonesia juga merupakan anggota ASEAN.

Perlu dicatat bahwa G20 mewakili lebih dari 80% produk domestik bruto dunia, 75% perdagangan internasional, dan 60% populasi dunia, dan didirikan pada tahun 1999 sebagai respons terhadap beberapa krisis ekonomi global.

Agenda KTT Bali ditetapkan oleh negara-negara Troika – Italia (presidensi 2021), Indonesia (presidensi 2022), dan India (presidensi 2023).

Ini merupakan pertemuan G20 pertama sejak invasi Rusia ke Ukraina, dan pertemuan penuh para pemimpin pertama sejak merebaknya pandemi Covid-19. Tema Bali Summit adalah “Recovering Together, Recovering Stronger”.

Pertemuan antara para pemimpin dunia berfokus pada perang Rusia-Ukraina, krisis energi dan pangan global, kekhawatiran akan resesi global, dan pemulihan dari pandemi.

Dalam deklarasi bersama mereka, para pemimpin G20 mengutuk perang di Ukraina, dan menekankan bahwa perang tersebut “menyebabkan penderitaan manusia yang sangat besar dan memperburuk kerentanan yang ada dalam perekonomian global.” Deklarasi para pemimpin juga membahas masalah ketahanan pangan, krisis energi dan upaya memerangi perubahan iklim.

Anggota G20 lainnya adalah – Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Tiongkok, Prancis, Jerman, India, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat . Serta Uni Eropa.

READ  Edtech Cakap Ikuti Paviliun Indonesia, World Economic Forum 2022, Berkomitmen untuk Pemulihan Ekonomi - Inforial

Selain Negara Anggota, enam Negara yang diundang adalah Fiji, Belanda, Rwanda, Senegal, Singapura, Spanyol, Suriname, Ukraina, Uni Emirat Arab dan pimpinan 12 organisasi internasional, termasuk PBB, Organisasi Kesehatan Dunia, Organisasi Perdagangan Dunia, Dana Moneter Internasional, FSB, OECD, Bank Pembangunan Asia dan Organisasi Buruh Internasional. Forum Ekonomi Dunia berpartisipasi dalam KTT tersebut.