POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

NASA mengatakan misi pendaratan di bulan membutuhkan sekitar 20 peluncuran

NASA mengatakan misi pendaratan di bulan membutuhkan sekitar 20 peluncuran

BERLIN — Saat SpaceX bersiap untuk uji terbang Starship berikutnya, seorang pejabat NASA mengatakan bahwa menggunakan kendaraan tersebut untuk mendarat di bulan Artemis akan memerlukan peluncuran “dalam jumlah belasan”, jumlah yang jauh lebih tinggi daripada yang diklaim oleh pimpinan perusahaan sebelumnya.

Dalam presentasi pada pertemuan Komite Eksplorasi dan Operasi Manusia Dewan Penasihat NASA pada 17 November, Lakeisha Hawkins, asisten wakil administrator di Kantor Program Bulan ke Mars NASA, mengatakan perusahaan harus melakukan peluncuran pesawat ruang angkasa dari lokasinya saat ini di Texas dan satu lagi. itu… Dibangun di Kennedy Space Center untuk mengirim pendarat ke bulan untuk Artemis 3.

Konsep operasi SpaceX untuk pendarat bulan Starship yang dikembangkannya untuk program Human Landing System (HLS) memerlukan beberapa peluncuran sistem Starship/Super Heavy. Satu peluncuran akan menempatkan depot bahan bakar ke orbit, diikuti oleh beberapa peluncuran pesawat ruang angkasa versi tanker lainnya, yang mengangkut bahan bakar metana dan oksigen cair ke depot tersebut. Ini akan diikuti oleh pesawat ruang angkasa versi pendarat, yang akan memenuhi depot dan mengisi tangki-tangkinya sebelum pergi ke Bulan.

Berapa banyak peluncuran yang diperlukan telah menjadi bahan perdebatan sejak NASA memilih Starship untuk hadiah HLS pertama pada tahun 2021. Baik NASA maupun SpaceX belum memberikan angka pastinya baru-baru ini. A Makalah tentang program HLS yang dipresentasikan NASA pada Kongres Astronautika Internasional 2023Misalnya, hanya disebutkan “serangkaian varian kapal tanker Starship yang dapat digunakan kembali” yang akan diluncurkan untuk mengisi depo sebelum meluncurkan pendarat Starship, tanpa menyebutkan nomornya.

“Jumlah peluncurannya mencapai belasan tahun,” kata Hawkins. Dia berpendapat bahwa hal ini disebabkan oleh kekhawatiran akan terjadinya pendidihan, atau hilangnya bahan bakar cair yang didinginkan, di depot.

READ  Bulan: Jepang meluncurkan misi pendaratan ke bulan, dan teleskop untuk menjelajahi alam semesta; Esro mengirimkan harapan terbaik Berita India

“Untuk dapat memenuhi jadwal yang diperlukan, serta mengelola pendidihan bahan bakar, dll., diperlukan peluncuran bahan bakar yang cepat dan berurutan,” katanya.

Jadwal ini memerlukan peluncuran dari landasan Starship yang ada di Boca Chica, Texas, serta landasan yang sedang dibangun SpaceX di Kompleks Peluncuran KSC 39A, di sebelah landasan yang ada yang digunakan untuk meluncurkan Falcon 9 dan Falcon Heavy. “Kami seharusnya bisa meluncurkannya dari dua lokasi ini, dalam siklus enam hari,” katanya.

Kritik terhadap pilihan Starship untuk HLS oleh NASA telah menunjukkan jumlah peluncuran sebagai kelemahan dalam arsitektur. GAO, dalam menolak protes Blue Origin dan Dynetics terhadap penghargaan Starship HLS pada tahun 2021, mencatat bahwa SpaceX memerlukan 16 peluncuran secara keseluruhan untuk misi pendaratan di bulan Starship.

CEO SpaceX Elon Musk tidak setuju dan menyebut perlunya 16 peluncuran “sangat tidak mungkin.” Dalam postingan media sosial Agustus 2021. Dia mengatakan maksimal delapan kapal tanker diperlukan untuk mengisi bahan bakar pendarat tersebut, dan jumlahnya bisa mencapai empat.

Pengembangan pendarat Starship sering dianggap berada di jalur kritis untuk misi Artemis 3, karena Space Launch System dan pesawat ruang angkasa Orion telah terbang. Namun, sebelumnya dalam sidang komite, Jim Frey, direktur asosiasi Pengembangan Sistem Eksplorasi, mengatakan ada banyak faktor yang mempengaruhi misi ini.

“Kami memiliki banyak hal baru yang ingin kami capai bersama [Artemis] 3″, mulai dari pakaian antariksa baru yang sedang dikembangkan oleh Axiom Space hingga penambahan pelabuhan docking di Orion. “Ya, pendarat itu sangat penting. Kita tidak bisa pergi ke mana pun tanpanya. Tapi kita juga tidak bisa kemana-mana tanpa jas.

Komentarnya muncul sehari sebelum jadwal peluncuran kendaraan terintegrasi Starship/Super Heavy kedua, yang diberi nama OFT-2, yang merupakan tonggak penting dalam pengembangan Starship dan juga bagi Artemis. “Saya berharap semua orang di semua program ini akan bersorak mengenai hal ini,” katanya tentang peluncuran tersebut. “Kami membutuhkan OFT-2 untuk berangkat.”

READ  Peningkatan awal jumlah virus pernapasan pada anak-anak menyebabkan kebingungan di beberapa rumah sakit