POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Adopting G20 success in ASEAN meetings and summits

Merangkul keberhasilan G-20 dalam pertemuan dan KTT ASEAN – Akademisi

Kornelius Purba (The Jakarta Post)

bagus sekali

Jakarta ●
Sabtu, 10 Desember 2022

Sebagai ketua ASEAN tahun depan, Indonesia di bawah Presiden Joko “Jokowi” Widodo dapat mereplikasi dan merangkul strategi yang mengarah pada kesuksesan kepresidenan G-20. Tentu saja ada perbedaan yang mencolok antara kedua organisasi tersebut, termasuk dari segi kesejahteraan ekonomi dan tingkat demokrasi, namun Jokowi berpeluang besar untuk menang secara back-to-back.

Pertama dan terpenting, Jokowi memiliki keunggulan organisasi dalam bentuk Sekretariat ASEAN, yang lolos dari G20. Selanjutnya, kantor pusat sekretariat berada di Jakarta. Bagi Jokowi, Sekretariat ASEAN, yang dipimpin oleh para menteri dan pejabat pemerintah, dapat membantunya mempercepat kegiatan blok regional yang bertujuan mewujudkan agendanya di bawah kepresidenan Indonesia.

Jelas Jokowi akan mengutamakan kerja sama ekonomi, tidak hanya antar negara anggota ASEAN, tetapi lebih strategis lagi, kerja sama multilateral dengan negara industri dan maju dalam mekanisme internasional seperti Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP), dan Indo-Pacific Economic Framework for Kemakmuran (IPEF). dan perjanjian perdagangan bebas dengan negara lain atau blok regional. Agar berhasil, anggota ASEAN harus mengutamakan kesatuan nilai dan tujuan di atas perbedaan kepentingan nasional.

Baca cerita lengkapnya

berlangganan sekarang

Mulai dari Rp 55.500/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • Koran digital email harian
  • Tidak ada iklan, tidak ada gangguan
  • Akses istimewa ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami


Berita Terkait

Anda mungkin juga menyukai:

Lacak agenda energi negara-negara ASEAN dari COP27

Lakukan yang terbaik untuk demokrasi

Kemenangan Anwar menandai awal kebangkitan ekonomi, sosial dan budaya Nusantara

Perilaku palsu menyerang koruptor