POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

kebijakan moneter Indonesia;  Bank Indonesia akan kembali menaikkan suku bunga pada November 2022

kebijakan moneter Indonesia; Bank Indonesia akan kembali menaikkan suku bunga pada November 2022

Langkah ini diharapkan karena The Fed terus mengetatkan kebijakan moneter secara agresif dalam upaya memerangi inflasi AS yang tinggi, yang menyebabkan arus masuk modal yang besar dari pasar negara berkembang, termasuk Indonesia (di mana aset AS menjadi lebih menarik).

Benchmark 7-day reverse repo rate Bank Indonesia dinaikkan sebesar 0,50 persen menjadi 5,25 persen pada November 2022, sedangkan suku bunga untuk fasilitas simpanan dan fasilitas pinjaman (juga sebesar 50 basis poin) dinaikkan masing-masing menjadi 4,50 persen dan 6,00 persen. .

Bank Indonesia telah menjelaskan keputusan untuk menaikkan suku bunga sebagai “tindakan proaktif, hati-hati dan berwawasan ke depan untuk menurunkan ekspektasi inflasi, yang saat ini berada di atas (dan mengembalikan inflasi inti ke kisaran target tahunan 2,0-4,0 persen).Jalan setengah tahun 2023), sekaligus meningkatkan stabilitas nilai tukar rupiah sejalan dengan nilai fundamental rupee sebagai respons terhadap penguatan dolar AS dan meningkatnya ketidakpastian di pasar keuangan global di tengah permintaan ekonomi domestik yang kuat dan terus meningkat.”

Pelanggan akan menyadari bahwa ini pada dasarnya adalah teks yang sama seperti bulan lalu ketika Bank Indonesia menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 basis poin (dari 4,25 menjadi 4,75 persen).

Bagan di bawah ini menunjukkan bahwa Bank Indonesia mengikuti contoh yang diberikan oleh Federal Reserve AS. Pada awalnya, Bank Indonesia membutuhkan waktu lama untuk menanggapi mitranya dari AS (dengan alasan bahwa rekor terendah Indonesia memfasilitasi pemulihan kegiatan ekonomi setelah krisis COVID-19). Namun, dengan rupee yang berada di bawah tekanan, kini telah bergabung dengan gelombang pengetatan global. Kenaikan suku bunga terbaru adalah kenaikan suku bunga keempat berturut-turut oleh Bank Indonesia (dalam beberapa bulan), dan kenaikan suku bunga 0,50 persen ketiga berturut-turut. Dengan menjaga selisih (lebar) dengan suku bunga AS, Bank Indonesia berupaya membatasi arus modal keluar dari negara tersebut.

READ  Menjadikan konsep ekonomi biru Indonesia sejalan dengan visi G20
[…]

Ini adalah bagian dari pengantar artikel. Baca artikel selengkapnya di laporan November 2022. Laporan ini (laporan elektronik) dapat diminta dengan mengirimkan email ke [email protected] Atau kirim pesan ke +62.882.9875.1125 (termasuk WhatsApp).

Lihatlah di dalam laporan di sini!

Harga untuk laporan ini:

150.000 rupiah
$10
10 euro euro

Bahas