POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Pertahanan Singapura dan Indonesia menegaskan kembali hubungan dan kerja sama: Mindef, Singapore News and Top Stories

SINGAPURA – Menteri Pertahanan Eng Eng Hen dan timpalannya dari Indonesia Prabowo Subianto berbicara melalui telepon pada Kamis (3 Juni), menegaskan kembali hubungan pertahanan bilateral yang erat dan lama antara kedua negara, kata Kementerian Pertahanan (Mindev).

Dalam keterangannya, Mendev mengatakan dalam pertemuan tersebut, para menteri bertukar pandangan tentang tantangan keamanan regional dan membahas cara untuk saling mendukung, serta meningkatkan kerja sama pertahanan bilateral di tengah pandemi COVID-19.

Termasuk kerjasama dalam bidang-bidang seperti bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, dan keamanan maritim.

Dr Ng berterima kasih kepada Pak Prabowo atas dukungan kuatnya terhadap Dialog Shangri-La. Meskipun tidak dapat diadakan tahun ini – Dia mengundangnya untuk mengunjungi Singapura ketika situasi regional Covid-19 membaik, kata Mindef.

Dialog Shangri-La, pertemuan puncak keamanan regional tahunan yang dijadwalkan pada 4-5 Juni di Singapura, dibatalkan dua minggu lalu karena situasi virus corona global yang memburuk.

Kedua menteri akan menghadiri ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) dan ADMM-Plus yang akan berlangsung sekitar akhir bulan ini.

Mindev mengatakan bahwa Singapura dan Indonesia memiliki hubungan yang erat dan telah berlangsung lama: “Kedua lembaga pertahanan menikmati persahabatan yang erat selama beberapa dekade dan terus memperdalam kerja sama mereka untuk mengatasi tantangan keamanan regional bersama.”

Panggilan dr Ng ke Pak Prabowo datang dua hari kemudian Dia berbicara dengan Menteri Pertahanan Malaysia Ismail Sabri Yaqoub.

Dr Ng dan Datuk Seri Ismail Sabri, yang juga menteri utama kelompok keamanan, menegaskan komitmen mereka untuk dialog dan keterlibatan untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu dan untuk meningkatkan kerja sama bilateral di tengah pandemi, kata Mendev dalam sebuah pernyataan di Selasa. .

READ  Seorang mantan pegawai pemerintah akan dituntut berdasarkan Undang-Undang Rahasia Resmi tentang kebocoran nomor kasus COVID-19 tahun lalu

Dr Ng berterima kasih kepada Menteri Ismail Sabry atas dukungan kuatnya untuk Dialog Shangri-La dan menyatakan penyesalannya bahwa Bapak Ismail Sabry tidak dapat melakukan kunjungan perkenalannya secara langsung seperti yang direncanakan.

Mindev mengatakan para menteri bertukar pandangan tentang situasi Covid-19 di kedua negara, membahas cara untuk saling mendukung, dan menyatakan dukungan mereka untuk kedua negara di tengah masa-masa sulit dan tidak pasti.

Dalam sebuah posting Facebook pada hari Selasa, Dr Ng mengatakan dia telah menawarkan beberapa peralatan medis kepada angkatan bersenjata Malaysia “untuk membantu mereka di bulan yang sulit di depan”.

Malaysia pada Selasa memulai penguncian dua minggu untuk mengekang lonjakan infeksi Covid-19 yang tercatat dalam beberapa pekan terakhir.

Mindev mengatakan panggilan itu menyoroti hubungan pertahanan bilateral yang hangat dan sudah berlangsung lama antara Singapura dan Malaysia.

Ia menambahkan bahwa lembaga pertahanan kedua negara berinteraksi secara teratur melalui berbagai kegiatan seperti kunjungan, pertukaran, latihan dan saling menghadiri kursus.