POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri Pertahanan Prabowo bertemu Xi Jinping dan Li Qiang di China

Menteri Pertahanan Prabowo bertemu Xi Jinping dan Li Qiang di China

Jakarta (Antara) – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dijadwalkan bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang dalam kunjungannya ke Tiongkok.

Saat dihubungi di sini, Minggu, Kepala Biro Humas Kementerian Pertahanan Edwin Adrian Sumantha mengatakan kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat kerja sama Indonesia dan Tiongkok, khususnya di bidang keamanan.

Kunjungan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan kedua negara untuk memperkuat dialog dan kerja sama strategis, yang sangat penting bagi keamanan dan stabilitas kawasan.

Prabowo meninggalkan Jakarta menuju Beijing pada hari Minggu. Tur Tiongkoknya berakhir pada Selasa (2 April).

Dalam kunjungannya, Menhan didampingi sejumlah pejabat, antara lain Direktur Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan Bambang Trisnohadi dan Direktur Jenderal Program Pertahanan Kementerian Pertahanan Subo Dwi Diantara.

Kunjungan Prabowo ke China pertama kali diumumkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Lin Jian saat konferensi pers, Jumat (29 Maret). Menurut dia, kunjungan Prabowo atas undangan Presiden Xi.

Lin, dalam rilis resmi Kementerian Luar Negeri China, menggarisbawahi bahwa China merupakan negara pertama yang dikunjungi Prabowo setelah terpilih menjadi presiden. Hal ini, kata dia, mencerminkan kuatnya hubungan antara Indonesia dan Tiongkok.

Menurutnya, kunjungan tersebut merupakan peluang besar untuk meningkatkan persahabatan tradisional, memperdalam kerja sama strategis, dan mengoordinasikan strategi pembangunan untuk memberikan contoh yang baik bagi negara-negara berkembang.

Presiden Xi, dalam surat resmi presiden tertanggal 20 Maret 2024, mengucapkan selamat kepada Prabowo setelah memenangkan Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Lu Kang menyerahkan surat tersebut di kantor Kementerian Pertahanan di Jakarta pada 21 Maret 2024.

Ji menyatakan dalam suratnya bahwa dirinya bersedia bekerja sama dengan Prabowo untuk membawa kemajuan masyarakat Indonesia-Tionghoa.

READ  Indonesia, Rusia Tingkatkan Hubungan | Bintang