POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kementerian Agama RI Kenalkan Fashion Halal Global

Tempo.co, Jakarta – dari Indonesia Kementerian Agama bersama pelaku industri tekstil dan desainer meluncurkan Indonesia Global Halal Fashion (IGHF) pada acara Indonesia Fashion Week di Jakarta, Kamis (28 Maret).

Menjadi tuan rumah IGHF diharapkan dapat mendorong perkembangan fesyen muslim yang berperan penting dalam menjadikan Indonesia sebagai hub fesyen halal dunia, kata Muhammad Akil Irham, Kepala Badan Sistem Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian.

“Fashion halal yang dimulai dari produk tekstil dan kain bersertifikat halal diharapkan dapat membantu Indonesia menjadi fashion hub dunia,” ujarnya dalam keterangan dari kantornya, Sabtu.

Irham menilai, pengembangan fesyen halal tentunya akan menjadi salah satu langkah meningkatkan rantai nilai halal di tanah air.

Desainer Indonesia membutuhkan tekstil dan kain halal sebagai bahan bakunya, ujarnya seraya menambahkan bahwa pemerintah akan membantu produk fesyen halal buatan Indonesia menembus pasar ekspor termasuk Timur Tengah dan Eropa.

Dengan cara ini, dia yakin, Indonesia bisa mengukuhkan kehadiran corak muslimnya di dunia.

Saat ini, menurut laporan yang diterbitkan DinarStandard pada tahun 2023, Indonesia menempati peringkat ketiga dalam indikator ekonomi syariah global.

Menurut Irham, penting bagi Indonesia untuk aktif mempromosikan produk fesyen muslimnya secara global untuk mencapai posisi teratas industri fesyen halal.

Ia menggarisbawahi, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk melibatkan produk fesyen muslim Indonesia dalam perhelatan fesyen ternama seperti New York Fashion Week, Paris Fashion Week, London Fashion Week, Dubai Fashion Week, Turkey Fashion Week, dan Jakarta Muslim Fashion Week.

“Kita perlu mempromosikan produk fashion halal kita di kancah internasional melalui pekan mode populer,” ujarnya.

Ia kemudian mengungkapkan pentingnya sertifikasi halal dan rencana BPJPH yang akan menggelar roadshow di lima negara bekerja sama dengan brand fashion halal nasional untuk mempromosikan produk fashion halal Indonesia di pasar global.

READ  Jakarta menambahkan lebih banyak tempat tidur siap untuk pemberontakan Pemerintah-19

Antara

Seleksi Guru: Pemerintah menyatakan produk non-halal harus mencantumkan keterangan pada kemasannya

klik disini Dapatkan update berita terkini dari Tempo di Google News