POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri pertahanan China mengatakan bahwa perang dengan Amerika Serikat akan menjadi “bencana yang tak tertahankan” bagi dunia

Menteri pertahanan China mengatakan bahwa perang dengan Amerika Serikat akan menjadi “bencana yang tak tertahankan” bagi dunia

Beberapa hari setelah Amerika Serikat menuduh China menekan tentaranya di perairan internasional, menteri pertahanan negara Asia itu, Li Shangfu, mengatakan bahwa perang dengan Amerika akan menjadi “bencana yang tak tertahankan” bagi dunia.

Dia berada di Shangfu Pidato besar pertama BBC News melaporkan bahwa sejak dia diangkat menjadi Menteri Pertahanan China. Dia berbicara di Dialog Shangri-La di Singapura, pertemuan puncak keamanan Asia-Pasifik tahunan yang juga dihadiri Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

Shangfu berbicara pada hari yang sama Amerika Serikat Sebuah video perusak Tiongkok telah dirilis Dia memotong begitu dekat di depan sebuah kapal perusak Amerika sehingga yang terakhir harus menginjak remnya. China menuduh Amerika Serikat dan Kanada, yang kapalnya juga berlayar di dekatnya pada saat itu, melakukan manuver “tidak aman” di Selat Taiwan dan “sengaja meningkatkan risiko”.

Baik Amerika Serikat dan Kanada mengatakan mereka memiliki hak hukum di perairan internasional.

Komando Indo-Pasifik menyatakan, “Transit Chong Hun dan Montreal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen bersama Amerika Serikat dan Kanada terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.” “Militer AS terbang, berlayar, dan beroperasi dengan aman dan bertanggung jawab di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional.”

Beberapa hari sebelumnya, seorang pilot pesawat tempur J-16 China “Itu terbang tepat di depan hidungItu adalah “manuver agresif yang tidak perlu,” kata Komando Indo-Pasifik AS dalam sebuah pernyataan.

Menurut para pemimpin pertahanan AS, militer China menjadi lebih agresif baru-baru ini, semakin mencegat pesawat dan kapal AS selama lima tahun terakhir.

Austin telah mendorong pertemuan sampingan dengan Shangfu selama KTT, tetapi Shangfu menolaknya.

Dengan layanan News Wire

READ  Israel mencegat serangan pesawat tak berawak Iran dan mempertimbangkan tanggapannya, dan krisis Gaza terus berlanjut