POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Menteri perdagangan G20: Reformasi WTO, rantai pasokan mungkin mendominasi agenda


Menteri Perdagangan dan Industri Piyush Goyal dijadwalkan menghadiri Pertemuan Menteri Kelompok Dua Puluh (G20) tentang Perdagangan, Investasi dan Industri selama tiga hari, yang dimulai pada Rabu di Bali, Indonesia. Negara-negara anggota diharapkan untuk mengatasi isu-isu perdagangan utama yang berkaitan dengan akses pasar, membangun rantai pasokan yang berkelanjutan, dan mereformasi Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), antara lain.

Mungkin juga ada diskusi tentang respons industri terhadap pandemi, perdagangan digital, dan investasi berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi global.

Pertemuan itu berlangsung pada saat dunia belum sepenuhnya pulih dari goncangan pandemi Covid-19 dan sedang menghadapi resesi, sebagian berkat ketegangan geopolitik yang meletus setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Di sela-sela pertemuan tingkat menteri, India akan mencoba merayu mitra dagangnya untuk merundingkan perjanjian perdagangan bebas dengan cepat, kata orang yang mengetahui masalah tersebut.

Satu hal yang mungkin disoroti India adalah bahwa pada tahun 2047 ekonomi India akan tumbuh sepuluh kali lipat. Ini harus diingat saat menandatangani perjanjian perdagangan bebas, perjanjian ini biasanya berjangka panjang. Di sisi lain, pesaing India mungkin tidak tumbuh pada kecepatan yang sama, termasuk negara-negara maju yang menandatangani perjanjian perdagangan bebas dengan India.

Seorang pejabat berkata: Ini harus diperhitungkan selama negosiasi.

Goyal diperkirakan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan rekan-rekannya dari Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Afrika Selatan, Inggris, Prancis, Spanyol, Indonesia, Kanada, Amerika Serikat dan Korea Selatan, kata pejabat itu.

India telah menandatangani dua perjanjian perdagangan awal tahun ini dengan Uni Emirat Arab dan Australia, meskipun yang terakhir belum diratifikasi oleh Parlemen Australia. India saat ini sedang merundingkan perjanjian perdagangan bebas dengan Inggris, Kanada dan Uni Eropa. Diskusi juga sedang berlangsung tentang kesepakatan perdagangan dengan negara-negara Dewan Kerjasama Teluk dan Israel.

READ  Media Kunci untuk Memperkuat Upaya Pemulihan Global dengan Kepresidenan G20 Indonesia - Inforial

Menurut laporan media, Perwakilan Dagang AS Catherine Taye mengadakan pertemuan para menteri perdagangan G20 untuk membahas masalah terkait mekanisme penyelesaian sengketa WTO. Dokumen hasil Pertemuan Tingkat Menteri WTO itu menjanjikan akan menghidupkan kembali Dispute Settlement Body dalam dua tahun ke depan.

G20 adalah platform strategis multilateral yang menghubungkan negara-negara maju dan berkembang di dunia. Negara-negara anggota G20 menyumbang lebih dari 80 persen produk domestik bruto dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.