POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Mengapa memilih penyedia teknologi menjadi lebih strategis dengan platform operasi

Mengapa memilih penyedia teknologi menjadi lebih strategis dengan platform operasi

Teknologi digital telah menjanjikan platform operasional yang memungkinkan perusahaan menjalankan bisnis mereka secara berbeda dan bersaing lebih baik di pasar. Ini lebih otomatis, lebih mandiri, lebih efisien, dan lebih efektif. Ini dirancang untuk terus berkembang seiring perubahan kebutuhan bisnis. Melihat perusahaan-perusahaan dengan platform operasional yang matang menunjukkan kepada kita apa yang diperlukan untuk terus menciptakan nilai melalui platform operasional. Pemahaman dasar ini dijelaskan dalam blog ini.

Elemen dasar versus elemen penguat

Dengan platform operasional, teknologi dan proses menjadi lebih erat dan saling bergantung. Seperti yang pernah saya tulis di blog sebelumnya, hal ini menciptakan hubungan yang dinamis. Sebuah perusahaan tidak dapat mengubah teknologi tanpa mengubah operasi dan tidak dapat mengubah operasi tanpa mengubah teknologi.

Platform itu sendiri adalah bagaimana suatu perusahaan menjalankan proses akuntansi, proses manufaktur, proses sumber daya manusia, dan proses fungsional lainnya. Semua area fungsional ini melapisi lapisan-lapisan teknologi, dan bersama-sama membentuk sebuah platform.

Arsitektur yang kami lihat berkembang di Everest Group adalah elemen inti yang berfungsi sebagai landasan platform.

Dengan menggunakan contoh CRM, CRM adalah komponen yang sangat penting dari tumpukan teknologi yang melayani organisasi penjualan. Tapi itu tidak eksklusif. Ini bukan satu-satunya teknologi yang melayani tumpukan teknologi penjualan. Ini adalah bagian mendasar. Kemudian perusahaan berupaya meningkatkannya dengan menambahkan teknologi lain yang mereka kembangkan atau beli. Potongan tambahan ini terletak di atas item dasar.

Seiring waktu, pemilik teknologi dasar (vendor perangkat lunak dan penyedia layanan) dapat menyerap bagian tambahan ke dalam fondasi ini untuk menjadikannya lebih berharga. Hal ini menyebabkan vendor dan penyedia layanan yang merupakan pemain tambahan menjadi kurang penting dalam platform. Mereka harus beralih ke komponen bernilai tinggi lainnya atau membuktikan bahwa cara bagian mereka menjalankan fungsi operasional lebih baik daripada bagian inti.

Komponen inti tumbuh semakin luas seiring perusahaan menambahkan komponen tambahan untuk diserap ke dalam fondasi.

Sisi layanan teknis

Gambaran cermin dari proses ini ada di sisi layanan teknis. Yang saya maksud dengan layanan teknis adalah organisasi internal, organisasi TI, atau organisasi teknik yang menjalankan platform serta penyedia layanan atau vendor pihak ketiga yang juga digunakan perusahaan untuk membangun dan menjalankan fungsionalitas tersebut.

Seperti halnya komponen inti tumpukan teknologi, sisi layanan teknologi memiliki vendor atau penyedia layanan strategis. Mereka memiliki kehadiran yang konsisten dan mempekerjakan tim yang gigih. Mereka memiliki pengetahuan mendalam saat membantu merakit, membangun, mengembangkan, dan mengoperasikan platform.

Selain itu, perusahaan menggunakan pemasok atau penyedia layanan terbaik untuk komponen peningkatan. Perusahaan membawanya ke dalam proyek platform untuk menambahkan teknologi tertentu, mengembangkan kode tertentu, atau mengintegrasikan komponen ke dalam tumpukan teknologi platform.

Bagaimana tim yang gigih berdampak pada platform yang terus berkembang

Seperti yang telah saya bahas di beberapa blog sebelumnya, platform memerlukan tim yang gigih, yang berarti basis talenta yang sama ditugaskan ke platform dari tahun ke tahun. Basis talenta ini menjadi semakin berharga bagi perusahaan karena mereka memiliki pengetahuan mendalam tentang bagaimana platform ini dibangun serta permasalahan bisnis yang dipecahkannya. Tim yang berkesinambungan mampu meningkatkan keseluruhan platform untuk mencapai Tujuan dan Hasil Utama (OKR) dengan lebih baik.

Tim yang berkelanjutan mengarah pada munculnya hubungan strategis atau vendor strategis. Seiring waktu, vendor strategis menyerap lebih banyak pekerjaan.

Kebutuhan untuk membangun tim yang strategis dan berkelanjutan, baik secara internal maupun dalam hubungannya dengan pihak ketiga, sangat meningkatkan kemampuan mereka untuk bergerak guna memenuhi hubungan yang dinamis dan erat antara tumpukan teknologi dan operasi bisnis.

Tujuan, tujuan utama dan implikasinya

Aspek penting lainnya yang kami perhatikan adalah bahwa platform semakin didasarkan pada tujuan dan sasaran utama perusahaan. Tujuan dan hasil utama ini ditentukan di tingkat bisnis untuk penyelarasan teknologi. Seiring dengan berkembang dan matangnya platform-platform tersebut, mereka menjadi kurang tertarik untuk melakukan investasi sebagai imbalan atas potensi penyelesaian pekerjaan dan lebih tertarik pada investasi yang berfokus pada cara mempercepat kemajuan menuju tujuan dan sasaran utama. Hal ini semakin menguntungkan sebagian besar pekerjaan yang disalurkan kepada mitra strategis.

Sangat sedikit perusahaan layanan teknologi pihak ketiga yang memiliki model yang dapat menjaga kesinambungan tim. Jika mereka ingin diposisikan sebagai mitra strategis, mereka perlu mengembangkan model sumber daya manusianya.

Perusahaan harus bijaksana dalam menempatkan bagian inti dari platform. Dengan menggunakan CRM sebagai contoh, perusahaan perlu memastikan bahwa teknologi CRM yang dipilihnya tidak hanya terbaik di kelasnya saat ini, namun juga memiliki jenis investasi yang akan menjadikannya yang terbaik di kelasnya.

Perusahaan perlu memikirkan secara hati-hati kapan harus menggunakan peningkatan teknologi. Salah satu hal yang akan dilakukan vendor atau penyedia utama adalah terus mengatakan, “Gunakan teknologi augmentasi versi kami, yang merupakan perpanjangan tangan kami” dari bagian augmentasi yang sedang dipertimbangkan oleh perusahaan.

Seperti kita ketahui, mengganti teknologi itu menyakitkan. Yang terbaik adalah mengambil manfaatnya dalam jangka panjang. Oleh karena itu, cara berpikir tentang teknologi augmentasi adalah sebagai bagian-bagian komponen yang dapat dihubungkan dan diputuskan.

Apa keputusannya ketika dihadapkan pada pertanyaan apakah harus memilih antara perluasan platform atau teknologi inti versus perangkat plug-and-play? Saya menyarankan untuk melihat seberapa baik teknologi tersebut memenuhi tujuan dan sasaran utama perusahaan. Tanyakan: “Seberapa baik informasi ini menggerakkan kita dalam mencapai tujuan bisnis dan hasil-hasil utama?”

Perusahaan juga harus terus mengevaluasi persamaan ini dalam hal layanan teknis. Penting untuk terus memikirkan cara untuk terus mengembangkan tim yang sudah ada serta kapan dan di mana sebaiknya menggunakan organisasi, organisasi spesialis, atau tim spesialis yang bukan bagian dari tim yang sedang berjalan.

Kami semakin sering melihat perusahaan-perusahaan menyadari bahwa lebih masuk akal untuk mengembangkan tim yang ada dibandingkan mendatangkan spesialis. Tentu ada banyak bidang yang membutuhkan tim khusus. Misalnya, banyak vendor kini ingin menambahkan AI generatif ke platform mereka. Mereka tentu ingin membawa keahlian spesialis dalam AI generatif dan manajemen data ke proyek ini. Namun tim strategi yang cermat perlu memahami dan memahami apa yang terjadi.

Ikuti aku Twitter atau LinkedIn. terbayar untuk saya situs web.

READ  Passaic Tech Over West Milford-Pequannock - Ringkasan Hoki Es