POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Memperkuat Kemitraan China-ASEAN Dipromosikan di RCEP co-op_English Channel_CCTV (cctv.com)

NANING, 23 November (Xinhua) — HF SPIRIT, sebuah kapal kargo yang berlayar dari Jakarta, ibu kota Indonesia, tiba di Pelabuhan Qinzhou di Daerah Otonomi Guangxi Zhuang, China selatan, pada 20 November, dengan muatan lima kontainer berpendingin penuh dengan barang-barang segar. buah-buahan.

Lu Xiaoshan, Direktur Departemen Pengiriman di New Sitc International Shipping Agency (Shanghai) Co., Ltd. , Ltd di cabang New Sitc International Shipping Agency (Shanghai) Co., Ltd. Ltd di Chenzhou.

Lu menambahkan bahwa perusahaan terus menambahkan rute baru dalam beberapa tahun terakhir ke negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) berkat perdagangan yang kuat antara China dan ASEAN.

Tahun ini menandai peringatan 30 tahun terjalinnya hubungan dialog antara China dan ASEAN. Selama tiga dekade terakhir, perdagangan antara China dan ASEAN telah meningkat 85 kali lipat. Tahun lalu, China tetap menjadi mitra dagang terbesar ASEAN selama 12 tahun berturut-turut, sementara ASEAN menjadi mitra dagang terbesar China.

Sejak implementasi Perjanjian Perdagangan Bebas China-ASEAN (CAFTA) pada tahun 2010, perdagangan barang dan jasa antara China dan ASEAN telah berkembang pesat melalui integrasi industri dan rantai nilai yang mendalam. Tarif telah dihapuskan pada 7.000 produk di bawah kerangka CAFTA.

China dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara pada hari Senin mengumumkan pembentukan kemitraan strategis yang komprehensif – tonggak baru dalam sejarah hubungan China-ASEAN – untuk berkontribusi lebih lanjut dalam membangun kawasan perdamaian, keamanan, kemakmuran dan kesejahteraan yang terbuka, inklusif dan berkelanjutan. pembangunan berkelanjutan.

Wang Zhengbo, CEO Guangxi TWT Supply Chain Management Co., Ltd. sedang sibuk. , baru-baru ini menjajaki peluang bisnis baru dengan mengimpor tapioka Kamboja, mangga, beras, dan produk pertanian lainnya ke Tiongkok.

READ  Para menteri Australia akan bersama-sama mengunjungi Indonesia, India, Korea Selatan, dan Amerika Serikat

Wang mengatakan produk Kamboja memiliki keunggulan dari segi kualitas dan harga. “Pendalaman kerja sama bilateral membuat bisnis lintas batas lebih nyaman. Apalagi setelah mengetahui bahwa Regional Comprehensive Economic Partnership Agreement (RCEP) akan segera berlaku, dua bank telah menyarankan untuk memberikan dukungan keuangan untuk bisnis baru kami,” katanya. Wang menambahkan bahwa keripik tapioka Kamboja yang baru dipanen akan segera berangkat ke China.

Atas inisiatif sepuluh negara ASEAN untuk menciptakan pasar tunggal dengan mengurangi hambatan tarif dan non-tarif, RCEP akan mulai berlaku pada 1 Januari 2022, dan lebih dari 90 persen perdagangan barang di kawasan itu pada akhirnya akan tunduk pada tarif nol. .

RCEP mencakup 10 anggota dari ASEAN, Cina, Jepang, Republik Korea, Australia dan Selandia Baru. Total populasi, PDB, dan perdagangan lima belas negara itu menyumbang sekitar 30 persen dari total dunia.

Du Nam Trong, Konsul Jenderal Vietnam di Nanning, mengatakan penandatanganan perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) akan sangat mendorong perkembangan globalisasi ekonomi, dan membuka era baru pertukaran ekonomi dan perdagangan antara ASEAN dan China.

Oh E Sun, Senior Fellow di International Institute of Singapore, mencatat bahwa RCEP sangat berguna dalam mengurangi dan menghilangkan hambatan perdagangan, menciptakan pasar bersama terbesar di dunia, di mana barang dan jasa dapat diperdagangkan lebih bebas, sehingga mempercepat pemulihan ekonomi regional dan global. . hal-hal.

“Hubungan antara China dan ASEAN telah berkembang menjadi model dan dinamisme paling sukses untuk kerjasama di kawasan Asia-Pasifik,” kata Chai Kun, seorang profesor di Sekolah Studi Internasional Universitas Peking.

“Meningkatkan hubungan bilateral China-ASEAN akan memberikan lebih banyak opsi kerja sama untuk tata kelola regional dan global, dan sebagian besar memajukan kemajuan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional,” tambah Zhai.

READ  Informasi Gempa: Mag rata-rata. 4.4 - Gempa Pasifik Selatan, 90 km barat Concepcion, wilayah del Biobio, Chili, pada Senin, 20 September 2021 8:58 (GMT -5)