POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Memperkuat hubungan AS-Indonesia untuk meningkatkan akses masyarakat Indonesia terhadap pendidikan berkualitas

Memperkuat hubungan AS-Indonesia untuk meningkatkan akses masyarakat Indonesia terhadap pendidikan berkualitas

Inframerah. Suharti, MA, PhD, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menerima tanda penghargaan dari Laura Gonzalez, Pj Direktur Misi USAID di Indonesia pada Forum Komunikasi dan Kerjasama Pendidikan Tinggi AS-Indonesia pada Selasa. (Departemen Luar Negeri /

Jakarta Hari ini, Pemerintah AS, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud) dan National Endowment Fund (LPDP) menjadi tuan rumah Forum Pendidikan Tinggi –Berkomunikasi dan berkolaborasi. Forum ini diselenggarakan oleh Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) melalui TEMAN LPDP dan Higher Education Partnership Initiative (HEPI), dua inisiatif lima tahun, masing-masing lebih dari $10 juta, untuk mendukung prioritas Indonesia dalam meningkatkan akses terhadap kualitas. pendidikan.

Forum tersebut mempertemukan para ahli dan pemimpin dalam pendidikan tinggi dari 12 universitas AS termasuk University of California di Davis, Northeastern University dan Arizona State University. Acara ini juga mempertemukan perwakilan EducationUSA dengan para pemangku kepentingan di pendidikan tinggi Indonesia seperti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Lembaga Dana Pengelola Pendidikan (LPDP), Kementerian Agama dan lebih dari 50 universitas di Indonesia. Peserta mendiskusikan kemungkinan kerjasama di bidang pengembangan kurikulum, program gelar dan non gelar, kerjasama penelitian, dan program pertukaran mahasiswa/fakultas.

“Dengan memberikan mereka pendidikan yang solid, pemuda Indonesia akan dapat memperoleh keterampilan yang mereka butuhkan untuk mengatasi beberapa tantangan pembangunan terberat yang dihadapi dunia saat ini. USAID bangga dapat memperkuat hubungan kami dengan Indonesia untuk meningkatkan akses ke pendidikan berkualitas di Amerika Serikat, rumah bagi beberapa universitas dan institusi pendidikan tinggi terbaik.” di dunia,” kata Laura Gonzalez, Penjabat Direktur Misi USAID di Indonesia.

Para peserta forum mendiskusikan ide-ide untuk menjawab tantangan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia, terutama yang berada jauh dari pusat kota, dalam mengakses informasi tentang program universitas AS dan proses penerimaan. Para peserta juga mendiskusikan ide-ide potensial dari universitas-universitas AS dan peluang kerjasama untuk membantu pemerintah Indonesia mencapai tujuan beasiswa bagi mahasiswa dalam program gelar dan pelatihan teknis jangka pendek.

READ  Tantangan utama Indonesia adalah memanfaatkan nikel karbon tinggi untuk menyerap kendaraan listrik secara global

Institusi pendidikan tinggi di Indonesia didorong untuk menjalin hubungan kerjasama dengan mitra internasional. Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset Ilmiah telah mencanangkan lima kebijakan untuk meningkatkan kerja sama antara perguruan tinggi Indonesia dengan lembaga pendidikan tinggi dari negara lain: dana pendamping untuk penelitian dan kemitraan akademik, Program Visiting Scholars, dan program terakreditasi penuh (satu semester) di luar kampus , seperti Indonesia International Student Mobility Award (IISMA). ), beasiswa bagi mahasiswa S1 dan S2, serta memantapkan kehadirannya di Indonesia,” kata Air.Soeharti, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Amerika Serikat adalah rumah bagi hampir 4.000 institusi pendidikan tinggi terakreditasi dengan rekam jejak yang terbukti menghasilkan lulusan paling cerdas di dunia. Memberikan lebih banyak kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mengakses institusi pendidikan tinggi berkualitas tinggi di Amerika Serikat ini akan meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia di masa depan, sehingga mendukung Indonesia untuk mencapai tujuan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi https://www.usaid.gov/indonesia Atau hubungi Spesialis Komunikasi USAID Swiny Andina di +62 (21) 5083-1000 atau [email protected]