POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Max Verstappen memenangkan balapan Formula Satu Spanyol yang dramatis setelah Charles Leclerc pensiun | Formula Satu

Max Verstappen memenangkan Grand Prix Spanyol yang dilanda kecelakaan untuk Red Bull setelah menghadapi masalah teknis, dan kembali untuk kemenangan yang menentukan melawan rekan setimnya Sergio Perez. Dalam balapan dramatis di Barcelona di mana Ferrari Charles Leclerc Pensiun karena kehilangan tenaga, keunggulan kejuaraan dunianya pasti akan hilang, dengan Verstappen sekarang berada di puncak dalam pertarungan sengit.

Pembalap Inggris George Russell tampil mengesankan untuk kembali ke tempat ketiga untuk Mercedes sementara rekan setimnya Lewis Hamilton Dia berhasil pemulihan yang sangat baik untuk tempat kelima setelah turun ke tempat kesembilan belas setelah kecelakaan pembukaan. Carlos Sainz finis keempat bersama Ferrari.

Kemenangan itu membuat keunggulan 19 poin Leclerc berubah menjadi enam poin untuk Verstappen setelah enam pertemuan, dengan 16 poin tersisa. Berbalik tampaknya tidak mungkin untuk sebagian besar balapan dengan Leclerc menikmati keunggulan dominan sampai kegagalan mekanik membuatnya kehilangan haknya. Verstappen dan Banteng Merah Mereka tetap pada misi mereka, bagaimanapun, dan menawarkan strategi adaptif untuk mengamankan kemenangan yang mengesankan.

Ini adalah kemenangan ke-24 Verstappen dalam karirnya dan yang ketiga secara beruntun di musim ini di mana dia sekarang telah mengumpulkan empat kemenangan, bahkan dia sekarang telah memenangkan setiap balapan yang tidak terhalang oleh kegagalan mesin.

Leclerc mempertahankan keunggulan di ronde pertama, sambil menyalip Russell Sainz untuk finis ketiga, tetapi di belakangnya Hamilton mendapat peluang buruk. Mulai di urutan keenam, ia dipotong oleh Kevin Magnussen di Haas saat ia mencoba untuk menyiasati pembalap Inggris di Tikungan 4.

Kedua pebalap dipaksa untuk menggali lubang dengan Hamilton datang ke tempat ke-19. Para pramugara tidak mengambil tindakan, menganggapnya sebagai kecelakaan balap.

Leclerc dan Verstappen dengan cepat membuka celah empat detik untuk Russell, sementara Hamilton melaporkan mobilnya menangani sangat buruk dan menyarankan akan lebih baik untuk menghentikan mobil untuk menghemat mesin. Tapi Mercedes berpikir itu masih bisa menyelamatkan poin dan mendesaknya untuk terus balapan.

Charles Leclerc memimpin GP Spanyol di depan Max Verstappen sebelum pebalap Ferrari itu terpaksa pensiun. Foto: Gabriel Boyce/AFP/Getty Images

Belokan 4 terbukti menjadi tikungan berbahaya bagi pembalap lain juga. Sainz telah pergi terlalu jauh di sana dan jatuh dari tempat dan di lap sembilan. Verstappen mengikutinya ke gravel dalam kesalahan yang tidak biasa, didorong oleh angin kencang ke sudut, di mana ia kehilangan buritan, menempatkannya di urutan keempat.

Russell, yang sekarang berada di urutan kedua, melakukan grip yang bagus dengan menangkap Perez dan kemudian Verstappen, yang dengan cepat melewati rekan setimnya ke posisi ketiga. Verstappen sekali lagi mengalami kegagalan bukaan penutup DRS yang terputus-putus yang membuatnya kalah di kualifikasi meskipun Red Bull mengganti unit untuk balapan.

Pada lap 13, baik Russell dan Verstappen mengadu ban tengah dan keluar dari garis belakang. Verstappen menyerang dan Russell berada dalam jangkauan tetapi dengan DRS-nya gagal, dia tidak dapat mengoper saat Russell bertahan dengan cemerlang. Verstappen sangat marah saat kemenangan itu tampaknya hilang saat Leclerc mengayunkan di depan.

Pada saat Leclerc menerkam di lap 21, dia telah membuka celah yang cukup untuk berhenti dan masih mempertahankan keunggulannya. Dengan pemikiran Red Bull tentang kuku, mereka menyarankan Verstappen untuk mencoba menjalankan DRS setelah keluar dari trotoar saat masuk ke rektum dan tampaknya berfungsi. Dia membukanya di lap 23 dan pasangan itu melaju dari roda ke roda melalui belokan pertama, kedua dan ketiga saat Russell menolak untuk menyerah, menekan dengan cemerlang pada pembalap Belanda itu.

Namun, Leclerc mengalami patah hati. Setelah kehilangan kekuatannya di lap 26, ia terpaksa pensiun, mempromosikan Russell untuk memimpin. Red Bull langsung beraksi dengan mengadu domba Verstappen lagi untuk mendapatkan ban baru agar bisa menyerang lagi.

Russell tidak dapat menangkap Perez dengan DRS, melewati untuk memimpin di lap 30. Russell mengambil pemberhentian keduanya di lap 36 dan pada titik ini Verstappen telah melakukan cukup untuk membuatnya tertinggal di urutan kedua dan tim membuat Perez bergerak satu putaran kemudian .

Panduan cepat

Bagaimana cara saya mendaftar untuk mendapatkan peringatan berita olahraga?

Menampilkan

  • Unduh aplikasi Guardian dari iOS App Store di iPhone atau Google Play Store di ponsel Android dengan mencari “The Guardian”.
  • Jika Anda sudah memiliki aplikasi Guardian, pastikan Anda menggunakan versi terbaru.
  • Di aplikasi Guardian, ketuk tombol kuning di kanan bawah, lalu buka Pengaturan (ikon roda gigi), lalu Notifikasi.
  • Aktifkan notifikasi olahraga.

Terima kasih atas tanggapan Anda.

Saya meninggalkan balapan dalam kondisi yang baik. Verstappen melaju tapi setelah menggedor bannya akan membutuhkan pit stop tambahan. Dia datang di lap 44 dan keluar di depan Russell dan lima detik di belakang rekan setimnya.

Perez secara mengejutkan diinformasikan oleh tim bahwa dia harus meninggalkan Verstappen meskipun dia lebih cepat. Orang Meksiko itu tidak senang, menyebutnya “tidak adil” tetapi dia memainkan pertandingan itu. Verstappen membuatnya terlihat dalam tiga lap dan Perez membiarkannya lewat di lap 48. Itu adalah awal tahun untuk team order tetapi Red Bull memperkirakan pertarungan gelar yang panjang dengan FerrariMereka mendukung pengemudi di ujung yang tajam dari pertarungan itu.

Hamilton, setelah bekerja keras melintasi lapangan membuat pemberhentian terlambat untuk ban baru dan kepercayaan timnya terbayar saat ia melewati Sainz untuk urutan keempat pada lap 59. Hasil yang bagus tetapi ia tidak dapat mempertahankan tempat ketika tim mengatakan ia harus memperlambat down karena mobilnya bermasalah yang bisa menyebabkan DNF. Namun, Hamilton berhasil meyakinkannya melewati garis gawang kelima.

READ  Chelsea telah menambahkan pemain Wolverhampton Ryan Ait Nouri ke daftar target mereka untuk menggantikan bintang malang Marcos Alonso.