POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Letusan terpanjang gunung berapi Islandia dalam setengah abad

Enam bulan lalu kemarin, letusan gunung berapi yang terus memukau penonton dimulai di dekat Reykjavik untuk pertama kalinya, menjadikannya yang terpanjang di Islandia dalam lebih dari 50 tahun.

Lava pertama mulai menyembur di dekat Gunung Fagradalsfjall pada malam 19 Maret di Semenanjung Reykjanes di barat daya Reykjavik.

Dan pemandangan yang mengikuti – dari tetesan lava yang lambat pada waktu-waktu tertentu hingga letusan seperti geyser yang lebih dramatis dan batu di tempat lain – telah menjadi daya tarik wisata utama, sejauh ini menarik 300.000 pengunjung, menurut Dewan Pariwisata Islandia.

Letusan keenam Islandia dalam 20 tahun sudah lebih lama dari letusan gunung berapi sebelumnya di Holuhraun, di timur tengah pulau, yang berlangsung dari akhir Agustus 2014 hingga akhir Februari 2015.

“Enam bulan adalah letusan yang cukup lama,” kata ahli vulkanologi Thorvaldur.

Bidang lava telah disebut “Fagradalshraun” – yang dapat diterjemahkan sebagai “lembah lava yang indah” dan mengambil namanya dari Gunung Fagradalsfjall di dekatnya.

Sekitar 143 juta meter kubik lava telah dilepaskan sejauh ini. Tapi itu hanya di bawah sepersepuluh ukuran letusan Holuhraun, yang melepaskan aliran lava basaltik terbesar di Islandia dalam 230 tahun.

Letusan baru-baru ini “khusus dalam arti bahwa alirannya relatif stabil, jadi sangat kuat,” kata Haldor Gerson, ahli geofisika di Earth Sciences Institute.

READ  Peneliti Meksiko mengatakan mereka telah membuat masker wajah yang menetralkan COVID-19 - Kesehatan