POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Australia mungkin awalnya menyewa kapal selam dari Inggris atau AS, tetapi senjata nuklir masih dilarang | oke

Pemerintah Morrison sedang mempertimbangkan penyewaan jangka pendek kapal selam bertenaga nuklir dari Inggris atau AS, tetapi koalisi menegaskan senjata nuklir tidak akan berbasis di Australia.

Menteri Keuangan Simon Birmingham dan Menteri Pertahanan Peter Dutton mengkonfirmasi dalam wawancara terpisah pada hari Minggu bahwa sewa kapal selam sekutu Aukus Ini bisa menjadi solusi sementara sampai Australia mengambil alih sendiri – kemungkinan besar di tahun empat puluhan.

“Jawaban singkatnya adalah ya,” kata Dutton ketika ditanya di Sky News tentang penyewaan kapal.

Birmingham mengatakan pengaturan sewa tidak selalu mengarah pada “peningkatan jumlah kapal selam dan kapasitas”. di semua negara mitra Tapi itu akan membantu dengan pelatihan dan berbagi informasi.

“Melakukan hal itu dapat memberi kami kesempatan untuk melatih pelaut kami, dan memberikan keterampilan dan pengetahuan tentang bagaimana kami beroperasi,” katanya kepada ABC.

” [It would help] Menyediakan platform bagi kami untuk memodernisasi infrastruktur di Perth, yang akan diperlukan untuk mengoperasikan kapal selam ini. Saya mengantisipasi bahwa kita akan melihat … pengaturan sewa yang lebih besar atau operasi bersama antara angkatan laut kita di masa depan yang melihat pelaut kita bekerja sama dan mungkin benar-benar di kapal Inggris dan Amerika untuk mendapatkan keterampilan, pelatihan, dan pengetahuan itu.”

Birmingham bersikeras tidak ada kesepakatan ‘swap’ di Australia untuk mengintensifkan hubungan strategisnya dengan Inggris dan Amerika Serikat.

Dia bersikeras bahwa senjata nuklir tidak akan berada dalam yurisdiksi Australia.

“Kami sudah jelas, posisi Australia tentang senjata nuklir tidak akan dan tidak akan berubah,” katanya, Minggu.

Berlangganan untuk menerima berita terhangat dari Guardian Australia setiap pagi

“Kami akan memenuhi semua pengaturan dan kewajiban NPT kami dan tidak akan mengubah kebijakan kami mengenai teknologi senjata nuklir.”

READ  Kemunculan kembali COVID-19 membuat petugas kesehatan di Filipina berada di bawah tekanan | berita pandemi virus corona

Birmingham tidak mengesampingkan peningkatan jumlah seragam Inggris dan AS di pantai Australia.

“Kami sudah memiliki Tentara dan Marinir AS yang bekerja di Australia pada penempatan reguler sesekali,” katanya.

“Kami sudah melakukan operasi terintegrasi yang sangat erat bersama mitra kami di AS seperti yang kami lakukan dengan sejumlah negara lain, dan kami selalu mencari untuk mengeksplorasi di mana kami dapat meningkatkan dan merupakan kepentingan nasional Australia untuk melakukannya.”

Birmingham mengatakan Australia telah memberi tahu pemerintah Prancis “pada kesempatan paling awal” tentang rencananya untuk membatalkan kesepakatan kapal selam dengan Prancis. Yang mendorong Paris untuk menarik duta besarnya dari Canberra dan Washington.

Birmingham kata orang Prancis untuk kesepakatan kapal selam senilai $90 miliar Itu mati “sebelum menjadi publik”. Prancis mengatakan itu tetap dalam kegelapan.

Birmingham mengatakan perubahan, tidak hanya dalam teknologi tetapi juga di kawasan, telah membuat kesepakatan baru diperlukan.

“Sebelum itu, kami berkomunikasi dengan Prancis mengenai perubahan yang kami perhatikan di wilayah kami,” katanya.

“Perubahan dalam sifat strategis persaingan di kawasan. Perubahan dalam tantangan kemampuan operasional untuk kapal selam bertenaga konvensional dan alasan kami mencari alternatif untuk kapal selam bertenaga nuklir adalah karena perubahan yang berbeda itu.

“Ini sangat sensitif untuk mencapai titik waktu ini. Kami tidak meremehkan pentingnya bekerja sekarang dengan Prancis di masa depan dalam keterlibatan mereka di seluruh kawasan dan memastikan bahwa hubungan yang kuat itu dibangun kembali dengan pemerintah Prancis. “

Namun bukan hanya Prancis yang membuat mereka tidak nyaman dengan tatanan Aukus yang masih harus ditentukan secara detail. Sekutu Australia di Indo-Pasifik Itu juga menimbulkan kekhawatiran tentang apa arti kesepakatan itu bagi ketegangan di kawasan itu.

READ  Malaysia memberlakukan penguncian saat Asia Tenggara bergulat dengan eskalasi virus
Panduan cepat

Cara mendapatkan berita terbaru dari Guardian Australia

menunjukkan

Foto: Tim Robberts/Stone RF

Terima kasih atas tanggapan Anda.

Malaysia mengatakan pada hari Sabtu bahwa keputusan Canberra untuk membangun kapal selam bertenaga atom dapat menyebabkan perlombaan senjata nuklir regional, menggemakan kekhawatiran yang telah dikemukakan oleh Beijing.

“Ini akan memprovokasi kekuatan lain untuk bertindak lebih agresif di kawasan itu, terutama di Laut China Selatan,” kata kantor perdana menteri Malaysia, tanpa menyebut China.

Kebijakan luar negeri Beijing di kawasan itu menjadi semakin tegas, terutama klaim maritimnya di Laut Cina Selatan yang kaya sumber daya, beberapa di antaranya bertentangan dengan klaim Malaysia.