POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lelang hak media IPL: Tidak ada pemenang cepat dalam tes jangka panjang ini

Lelang Hak Media Liga T20 dapat dilakukan seperti pertandingan Uji Coba. Ini akan menjadi proses jangka panjang.

Pelelangan online hak media IPL – baik tertulis maupun digital – untuk siklus 2023-2027 dimulai pukul 11 ​​pagi pada hari Minggu di Mumbai. Tidak ada tanggal kedaluwarsa dan seluruh proses dapat diperpanjang hingga beberapa hari ke depan. Jadi pemenangnya mungkin tidak diumumkan pada hari Minggu. Penawaran akan dilakukan pada basis per game, bukan untuk seluruh musim atau untuk seluruh siklus lima tahun. Nilai kenaikan tawaran minimum (MBI) adalah Rs 50 lakh dan untuk menjaga transparansi penuh, semua pihak yang terlibat, termasuk BCCI, tidak akan dapat melihat tawaran sampai tawaran tertinggi ditampilkan di layar.

Penawaran empat paket

Ada empat paket – A, B, C dan D. Paket A adalah hak TV untuk anak benua India saja. Paket B berkaitan dengan hak digital untuk anak benua India. Paket C berisi bundel pertandingan khusus, dengan hak digital non-eksklusif ke anak benua India. Ini termasuk pembuka turnamen dan playoff. Saat ini, jumlahnya adalah 18, dengan total 74 pertandingan yang akan dimainkan di turnamen. Kedepannya, jika jumlah pertandingan bertambah, jumlah permainan dalam paket C akan bertambah sebanyak 2 pertandingan untuk setiap 10 pertandingan. Misalnya, jika jumlah total pertandingan meningkat menjadi 84, Paket C akan menawarkan bundel 10 game. Ini diperkenalkan untuk menarik perusahaan yang ingin mengambil bagian kecil dari kue kriket, dan menghasilkan banyak uang dari kriket dalam prosesnya. Paket D berisi hak dunia atas televisi dan digital.

Premium Ekspres terbaik
bagus sekali
Berharap untuk memungut lebih banyak pajak langsung daripada yang diharapkan keuangan ini;  melihat menangis...bagus sekali
Pengantin wanita tanpa prasangkabagus sekali
Tembakan cedera Rajiv - sejarah dalam bingkaibagus sekali

Mulai bekerja

Paket (A) dan (B) akan diluncurkan terlebih dahulu. Penawaran dimulai dengan harga dasar Rs 49 crore per game untuk hak TV dan Rs 33 crore per game untuk hak digital. Para pihak yang bersaing akan mengajukan penawaran mereka melalui portal online. Setelah tawaran diajukan, juru lelang akan menunggu selama 30 menit untuk tawaran berikutnya masuk. Dengan MIB menjadi Rs 50.000, lelang akan berlanjut sampai tawaran habis.

READ  Toyota yakin akan perbaikan keandalan menjelang tes Le Mans

transformasi digital

Semakin populernya pemirsa digital adalah alasan mengapa BCCI membuang penawaran gabungan dan mengajukan penawaran terpisah pada periode ini. Saat ini 30 persen pendapatan global Hotstar berasal dari India, dengan IPL menjadi faktor penentu. Sementara itu, anak perusahaan Reliance, Jio, telah tumbuh menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di negara itu.

Dengan pemutaran perdana digital diharapkan menjadi nama permainan dalam waktu dekat, pertempuran sengit antara Disney-Star, Viacom18/Reliance, Sony Zoe mungkin ada di kartu. Lima tahun yang lalu, Facebook Itu adalah penawar tertinggi di sektor hak digital, menawar Rs 3.900 crore, yaitu sekitar Rs 54,6 crore per game. Star India memenangkan hak media untuk tawaran gabungan Rs 16,347,5 crore.

Kali ini, dengan Rs 33 crore menjadi harga dasar per game untuk hak digital hanya di anak benua India, BCCI mengharapkan keuntungan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari segmen ini. Edisi keempat India’s Over-the-Top (OTT) 2021 Platforms Report, yang diterbitkan oleh MICA Ahmedabad tahun ini, menunjukkan bahwa langganan digital tumbuh sebesar 49 persen. Konsumsi tertinggi di antara pemirsa berusia 15-34 tahun; Kelompok usia yang melayani basis penggemar berat IPL.

komitmen keuangan

Mengingat bahwa harga dasar untuk setiap permainan dalam empat paket adalah Rs 49 crore, Rs 33 crore, Rs 11 crore dan Rs 3 crore masing-masing, dan 74 pertandingan dimainkan dalam satu musim, meningkatkan tawaran sebesar Rs 50 crore, seorang peserta meningkat nilai Tawaran tambahan Rs 37 crore (74 x 50 lakh) per musim dan lima kali lebih banyak untuk seluruh paket lima tahun.
Komitmen keuangan tumbuh luar biasa ratusan crore dengan setiap MBI Rs 50 ribu.

READ  Paul Pogba - Manchester United belum menawarkan kontrak baru

Nikmati perbedaannya

Dalam lelang elektronik, perusahaan dapat mengajukan penawaran secara terpisah untuk semua paket. Pemenang Paket A akan memiliki opsi otomatis untuk menawar lima persen lebih banyak dari penawaran tertinggi untuk Paket B. Demikian pula, pemenang Paket B akan memiliki kelonggaran untuk menawar lima persen lebih banyak dari penawaran tertinggi di Paket C dan D. Namun, ini harus dilakukan dalam waktu yang ditentukan.

Transparansi tinggi

2017 melihat penawaran tertutup. Kali ini, nama-nama penawar tidak akan diungkapkan untuk memastikan pesaing tidak mendapatkan ide dan memperkuat seluruh proses. Bahkan pejabat BCCI tidak akan dapat melihat tawaran sampai tawaran tertinggi di seluruh kategori ditampilkan tepat di layar. Kamar Dagang dan Industri Bahrain (BCCI) telah mengemas Mjunction untuk menyediakan platform untuk lelang elektronik.

Menembakkan senjata besar

Tujuh perusahaan telah mengirimkan karya seni mereka, tetapi hati-hati dengan Disney-Star, pemegang hak saat ini, dan Viacom18/Reliance. Bintang di bawah Uday Shankar membayar 158 persen lebih banyak dari siklus hak sebelumnya untuk hak media IPL lima tahun lalu. Lima tahun ke depan, Shankar berada di pihak Viacom18/Reliance, sementara Sony – yang memegang hak dari 2008 hingga 2017 – dan Zee mungkin menjadi dua pemain utama lainnya.

lebar paket

Paket A

Hak TV untuk anak benua India
Harga Dasar: Rs.49 crore per game

paket b

Hak Digital Anak Benua India
Harga Dasar ’33 Crore per game

paket c

Bundel 18 game dengan hak digital non-eksklusif
Harga dasar Rs 11 crore per game

pengisi

Televisi Universal dan Hak Digital – Harga Dasar `3 Crore
Harga dasar gabungan ditetapkan pada Rs. 32.890 crore