POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Laporan PBB mengidentifikasi taruhannya untuk KTT Energi | berita | Pusat Pengetahuan SDG

Sebuah laporan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa membuka jalan bagi acara tingkat tinggi mendatang tentang energi berkelanjutan. Ini menunjukkan perlunya lebih banyak momentum menuju akses energi universal dan sistem energi netral karbon yang tahan iklim untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 7 dan banyak aspek lain dari Agenda 2030.

Laporan tersebut berjudul “Memastikan akses yang terjangkau ke energi modern, andal, dan berkelanjutan untuk semua” (A / 76/206), setiap tahun untuk meninjau kemajuan menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 7 dan upaya untuk mempercepat kemajuan. Laporan 2021 menjelaskan apa yang dibutuhkan di lima bidang: akses listrik, akses solusi memasak bersih, energi terbarukan, efisiensi energi, dan sarana implementasi. Ini juga meninjau status kemajuan dalam SDG 7 di setiap wilayah di dunia dan di negara-negara kurang berkembang (LDC), negara-negara berkembang yang terkurung daratan (LLDCs) dan negara-negara berkembang pulau kecil (SIDS).

Mencermati Dialog Energi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 24 September 2021, laporan tersebut menguraikan persiapan yang telah dilakukan. Persiapan itu antara lain:

  • Lima laporan tematik disiapkan oleh kelompok kerja teknis, yang: REKOMENDASI ​​SAAT INI Untuk dimasukkan dalam peta jalan global untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 7 dan emisi nol bersih;
  • Forum tingkat menteri diadakan pada Juni 2021, berdasarkan laporan tematik; Ini akan menghasilkan ringkasan diskusi Forum dan berfungsi untuk memperkaya dialog tingkat tinggi dengan memperkenalkan elemen-elemen Peta Jalan Global;
  • Buat piagam energi dari sektor swasta dan pemangku kepentingan lainnya, yang berfokus pada mobilisasi kesukarelaan. Lebih dari 25 kesepakatan dipresentasikan selama forum tematik tingkat menteri, termasuk platform senilai $1 miliar yang diumumkan oleh Rockefeller Foundation dan IKEA Foundation untuk memperluas akses energi bagi satu miliar orang melalui energi terbarukan. Kesepakatan akan terus digenjot hingga dialog digelar. Perjanjian akan dilacak pada platform online.
  • Konsultasi online dengan pemangku kepentingan: DESA menyelenggarakan Serangkaian konsultasi online Dengan pemangku kepentingan untuk mendapatkan masukan untuk proses persiapan Dialog Energi Tingkat Tinggi.
READ  berita dunia | Taliban merebut 4 ibu kota provinsi dalam 24 jam

Sekretaris Jenderal akan mengadakan dialog tingkat KTT; Ini akan menjadi pertemuan global pertama tentang energi di bawah naungan Majelis Umum PBB dalam 40 tahun. Ini bertujuan untuk memobilisasi aksi global pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 7 dan emisi nol bersih untuk mendukung pencapaian pengentasan kemiskinan dan tujuan lainnya.

Menurut laporan Sekretaris Jenderal, penilaian global harus dilakukan pada akhir tahun 2023 untuk meninjau Rencana Aksi Global untuk Dekade Energi Berkelanjutan PBB untuk Semua (2014-2024), mengingat hasil dari KTT Energi September 2021. [Publication: Ensuring access to affordable, reliable, sustainable and modern energy for all: Report of the Secretary-General] [All SDG Knowledge Hub coverage of preparations for high-level dialogue]