POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kona Low meringankan kondisi kekeringan di Big Island, namun hanya dalam jangka pendek: Big Island Now

Kona Low meringankan kondisi kekeringan di Big Island, namun hanya dalam jangka pendek: Big Island Now

Kondisi kekeringan saat ini di seluruh negara bagian pada 8 Desember. (Atas izin Layanan Cuaca Nasional)

Depresi Kona yang membasahi sebagian Hawaii pada akhir November membantu meringankan kondisi kekeringan, termasuk di Big Island; Namun, itu hanyalah bantuan jangka pendek.

berdasarkan 8 Desember Pernyataan Informasi Kekeringan Dari kantor perkiraan Layanan Cuaca Nasional di Honolulu Daerah-daerah yang mengalami kekeringan parah telah dihilangkan berkat curah hujan yang dibawa oleh badai, namun sebagian besar pulau masih mengalami kekeringan sedang, dengan kekeringan parah yang terus mempengaruhi daerah-daerah di pedalaman dan di sepanjang bagian pulau. Pantai barat laut.

“Perbaikan lebih lanjut mungkin terjadi karena vegetasi terus tumbuh kembali di daerah dengan curah hujan yang cukup,” kata pernyataan itu. “Jika hujan berikutnya tidak terjadi, pemulihan kekeringan penuh dari depresi Kona saja tidak mungkin terjadi.”

Daerah yang mengalami dampak kekeringan terburuk adalah di sepanjang lereng bawah angin Maunakea dan lereng bawah Kau.

Prakiraan selama 3 bulan menunjukkan bahwa kekeringan akan terus berlanjut di Pulau Besar karena peristiwa El Niño yang terus-menerus kemungkinan akan menyebabkan curah hujan di bawah normal di seluruh negara bagian tersebut hingga tahun 2024. Puncak kekeringan diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Desember hingga Februari.

Artikel berlanjut di bawah
Artikel berlanjut di bawah

Peristiwa El Niño yang kuat sebelumnya telah mengakibatkan kurang dari 50% rata-rata curah hujan selama musim hujan bulan Oktober hingga April.

Peta prakiraan kekeringan tiga bulan per 8 Desember. (Atas izin Layanan Cuaca Nasional)

itu Kuna lo Hujan ini berkembang pada akhir tanggal 28 November beberapa ratus mil barat laut Kauai dan membawa hujan ringan hingga sedang ke Garden Isle dan Oahu hingga tanggal 29 November, dengan hujan lebat tersisa di timur Pulau Besar.

Badai berbelok ke barat pada tanggal 30 November, membawa peningkatan curah hujan ke separuh tenggara pulau dan sisi timur dan selatan Haleakala di Maui. Hujan deras pagi itu menutup Jalan Wood Valley dekat Pāhala dan Pōhaku Drive di Orchidland Estates dekat Keaʻau.

READ  COVID-19: Lebih dari dua juta orang Hong Kong sekarang telah divaksinasi sepenuhnya

Gabungan alat pengukur hujan dan perkiraan curah hujan radar menunjukkan curah hujan 11 hingga 22 inci membasahi bagian timur Big Island dan Maui dari 30 November hingga 1 Desember.

Pune tampaknya menerima sebagian besar hujan tersebut.

Artikel berlanjut di bawah

Alat pengukur hujan otomatis di Pahoa mencatat curah hujan sebesar 12,02 inci. Beberapa alat pengukur hujan manual di jaringan Koperasi Komunitas Hujan, Hujan Es, dan Salju (CoCoRaHS) Distrik Pahoa melaporkan jumlah curah hujan berkisar antara 18,22 inci hingga 21,88 inci.

Pengukur Suar Pāhoa otomatis menunjukkan puncak curah hujan lebih dari 4 inci per jam pada pagi hari tanggal 30 November.

Alat pengukur hujan CoCoRaHS di wilayah Wainaku Hilo juga mencatat curah hujan sebesar 20,02 inci. Pengukur otomatis di Mountain View, Laupāhoehoe dan Kealakomo serta pengukur Honoli’i Stream dan Pāpaʻikou Well melihat antara 8,31 inci dan 10,21 inci.

Cuaca kering berlanjut hingga awal bulan November dengan tekanan permukaan yang tinggi di dekat pulau-pulau yang menahan angin sepoi-sepoi hingga tanggal 3 November. Angin pasat kembali keesokan harinya. Sisa-sisa front dingin meningkatkan curah hujan pada tanggal 6 dan 7 November di sepanjang lereng bawah angin Kauai dan Oahu.

Angin pasat segar hingga kuat menghasilkan curah hujan harian di sepanjang lereng bawah angin negara bagian tersebut dari tanggal 10 hingga 17 November, namun mengakibatkan kondisi kering secara umum di kawasan bawah angin.

Artikel berlanjut di bawah

Pola cuaca berubah pada tanggal 18 November, menunjukkan periode basah di seluruh negara bagian selama sisa bulan tersebut. Menjelang Dataran Rendah Kona, gelombang dingin terkuat pada musim hujan 2023-24 mencapai negara bagian tersebut, namun tidak berdampak pada Pulau Besar, yang melemah saat melewati Oahu pada 20 November sebelum kemudian menghilang di Kabupaten Maui. hari.

READ  Para ahli mengatakan RI akan mendapat manfaat dari IPEF - Jum, 10 Juni 2022
Perkiraan curah hujan kuantitatif menggunakan multi-radar/multi-sensor untuk periode 72 jam yang berakhir pada pukul 8 pagi pada tanggal 1 Desember. Skala warna ada di sebelah kanan, dalam inci curah hujan. (Atas izin Layanan Cuaca Nasional)

Bahkan di Kona bagian bawah, sebagian besar alat pengukur hujan di sisi timur Big Island menunjukkan total curah hujan di bawah rata-rata pada bulan November, yang seharusnya menjadi salah satu bulan terbasah dalam setahun.

Bagian dalam dan barat pulau mengalami curah hujan di atas rata-rata. Di kaki Pegunungan Kohala, curah hujan di bawah rata-rata selama sebulan.

Alat pengukur hujan Pāhoa Beacon memiliki total bulanan tertinggi sebesar 20,68 inci, atau rata-rata 129%. Lokasi ini juga memiliki total harian tertinggi di antara pengukur otomatis, dengan 12,51 inci tercatat pada tanggal 30 November selama Kona rendah.

Total harian tertinggi adalah 14,32 inci, juga pada 30 November, dari pengukuran jaringan pemantauan CoCoRaHS yang dibaca tangan beberapa mil tenggara Pahoa.

Tidak ada rekor yang dipecahkan untuk bulan November, namun alat pengukur hujan Waikiʻi dan Pōhakuloa Barat mencatat jumlah curah hujan tertinggi di bulan November sejak tahun 2002 dan 2004.

Total curah hujan sepanjang tahun hingga akhir November mendekati rata-rata di sebagian besar alat pengukur hujan Big Island. Pengukur Survei Geologi A.S. di Aliran Honoliʻi mencapai total tertinggi hingga saat ini sebesar 170,56 inci, atau 80% dari rata-rata.

Untuk melihat peta total curah hujan bulan November di seluruh pulau, klik Di Sini. Anda juga dapat menemukan peta total curah hujan hingga saat ini Di Sini.

Dataran Rendah Kona juga membawa suhu beku dan salju pertama musim ini ke Puncak Maunakea.