POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kolaborasi Kota Pintar: Indonesia dan Finlandia

Kolaborasi Kota Pintar: Indonesia dan Finlandia

Dengan Indonesia yang terus maju dengan program Kota Pintarnya yang ambisius, kami melihat peran yang dapat dimainkan Finlandia dalam membimbing negara Asia Tenggara sepanjang hidup dari prakarsa transformatifnya. Artikel ini juga mengeksplorasi peluang yang muncul untuk perusahaan Finlandia.


Pemerintah Indonesia bekerja pada mitra untuk program Kota Cerdas nasional – program digitalisasi ambisius yang menyatukan beberapa bagian dari aparatur negara dan mitra produktif dari sektor swasta. Visi Presiden untuk mewujudkan Indonesia menjadi “negara pintar” akan diwujudkan melalui masterplan kota pintar negara yang meski sudah hampir satu dekade berusia, masih dalam tahap awal. Konsep kota pintar telah diterapkan di negara-negara di seluruh dunia, dan digambarkan sebagai solusi untuk banyak masalah perkotaan, termasuk konektivitas, polusi, perumahan, lalu lintas, kualitas air, dll.

Inisiatif Gerakan Menuju 100 Kota Cerdas diluncurkan pada tahun 2017 sebagai sarana utama untuk mengatasi masalah urbanisasi. Pemerintah menargetkan 83 persen penduduk Indonesia akan tinggal di kota pada tahun 2045. Pada 2019, pemerintah Dikembangkan 97 kota di bawah program “Kota Cerdas” bergabung dengan Jakarta dan Bandung di Jawa Barat dan Surabaya di Jawa Timur. Pemerintah bertujuan untuk menciptakan 100 kota yang benar-benar pintar pada tahun 2045.

Pemerintah Indonesia ingin menarik investor dan pakar internasional untuk membantu mengembangkan mega proyek tersebut. Finlandia, bersama dengan negara-negara lain, termasuk Inggris, menganggap dirinya sebagai pemimpin dalam pengembangan kota pintar. Bangsa Skandinavia sangat ingin berpartisipasi dan menciptakan peluang bagi bisnis Finlandia.

Indonesia dan Finlandia: kerjasama apa ini?

Finlandia Memposisikan diri sebagai salah satu negara Eropa terkemuka dalam mengembangkan kota pintar, memanfaatkan pengalamannya dalam mengembangkan ruang hidup yang mewakili gaya abad ke-21. Beberapa kota Finlandia, termasuk Helsinki, Espoo, Vantaa, Turku, Tampere dan Oulu, telah dikembangkan sesuai dengan prinsip-prinsip kota yang cerdas dan berkelanjutan. Menurut Kedutaan Besar Finlandia di Indonesia, bangsa ini sangat ingin berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang hal tersebut.

Usai kunjungan delegasi Finlandia pada Mei lalu, Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, Finlandia merupakan salah satu negara terbersih dan terhijau. Globalisme. “Indonesia sangat perlu belajar dari Finlandia untuk menyiapkan peta jalan pengembangan kota hijau untuk mempercepat upaya kita mencapai tujuan netral karbon kita pada tahun 2060,” tambah Moldoko.

READ  Indonesia | Ada pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung dan sektor-sektor telah pulih, tetapi risiko penurunan tetap ada

Kerja sama antara kedua pemerintah kemungkinan akan menciptakan peluang bagi perusahaan Finlandia yang memiliki pengalaman dalam mengembangkan kota pintar lokal.

Ibukota baru Indonesia

Indonesia sedang bersiap untuk memindahkan ibu kotanya dari Jakarta ke provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2024. Ibu kota baru akan bernama Nusantara dan diharapkan dapat mewujudkan ide kota pintar. Ini akan menjadi lebih hijau dan lebih terhubung dari pendahulunya sambil memberikan gaya hidup yang lebih baik bagi warganya. Ini juga bertujuan untuk menyelesaikan kota 2045. Presiden Joko Widodo Harapan Melihat ibu kota baru menjadi “magnet global untuk bakat dan pusat inovasi”.

Pembangunan ibu kota baru memberikan peluang bagi investor dan pemasok. Proyek ini membutuhkan pendanaan $35 miliar, dengan pendanaan pemerintah hanya di bawah setengah dari jumlah itu. Ibu kota baru akan dibangun di atas lahan empat kali lebih besar dari Jakarta – yang perlahan tenggelam – dan pengembangannya akan membutuhkan investasi yang signifikan dalam infrastruktur keras dan lunak.

Dengan permintaan akan keahlian Finlandia, proyek ini juga mewakili banyak peluang bagi perusahaan Finlandia.

Potensi pengembangan kota pintar di Indonesia

Proyek besar dalam skala ini memiliki tingkat keberhasilan yang rendah. Mereka sering melebihi anggaran dan jarang diselesaikan dalam kerangka waktu yang ditentukan. Keberhasilan proyek Smart Cities di Indonesia membutuhkan koordinasi antara kementerian, pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta, investor dan mitra di luar negeri. Namun, proyek Kota Pintar di Indonesia sampai batas tertentu merupakan kebutuhan negara karena bergulat dengan pertumbuhan penduduk perkotaan dan kendala ekonomi.

Indonesia bermaksud memanfaatkan ekosistem dan industri konstruksi yang baru lahir untuk membantu mengembangkan kota pintarnya. Pemerintah Indonesia telah ditampilkan Sekitar US$400 miliar dibutuhkan untuk proyek tersebut, yang akan diinvestasikan dalam segala hal mulai dari penyediaan transportasi hijau hingga jaringan internet modern. Jumlah yang sangat besar ini setara dengan hampir setengah dari PDB negara.

READ  Indonesia, Afrika Selatan, dan Meksiko Dukung Usulan Reformasi Pajak Global G7 - Bisnis

Namun, proyek tersebut berpotensi menciptakan lapangan kerja, meningkatkan taraf hidup, meningkatkan peluang pertumbuhan ekonomi, dan mengangkat jutaan orang dari kemiskinan. di 2014Indonesia telah menciptakan “enam pilar” kota pintar: pemerintahan, manusia, ekonomi, mobilitas, standar hidup, dan lingkungan. Negara ini bertujuan untuk menggunakan teknologi untuk mengintegrasikan pilar-pilar ini bersama-sama.

Tata Kelola yang Cerdas

Pilar ini mengacu pada transisi menuju e-governance. Mulai sekarang, negara akan menggunakan aplikasi seluler dan platform web untuk tata kelola dan penyebaran layanan kepada warga. Negara ini ingin melihat AI terintegrasi ke dalam aspek tata kelola termasuk pengawasan dan kepolisian.

orang pintar

Indonesia menganggap masyarakatnya sebagai bagian integral dari transformasi kota pintar. Negara ini ingin menciptakan masyarakat yang melek teknis yang dapat memanfaatkan sepenuhnya tren global dalam bisnis sambil meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Infrastruktur dan Mobilitas Cerdas

Pembangunan infrastruktur, tentu saja, merupakan bagian penting dari proyek Kota Cerdas. Namun, sistem data terintegrasi diperlukan untuk memindahkan infrastruktur Indonesia ke 21Jalan abad. Sistem seperti kontrol lalu lintas adaptif akan membuat transportasi lebih efisien untuk semua orang.

ekonomi cerdas

Negara ini ingin menumbuhkan budaya startup dan menciptakan lingkungan di mana platform e-commerce dapat berkembang, semakin memformalkan ekonomi negara.

hidup cerdas

Pilar ini mencakup peningkatan akses warga terhadap pendidikan, perawatan kesehatan, dan keamanan. Negara ini menganggap membangun komunitas layanan terhubung sebagai bagian penting dari kehidupan cerdas.

lingkungan cerdas

Pilar terakhir ini mencerminkan gerakan global menuju pembangunan ruang hidup yang lebih hijau dan mencakup segala hal mulai dari mempromosikan pembangkit energi terbarukan hingga mempromosikan penggunaan sistem transportasi umum yang bersih.

Peluang bagi investor dan perusahaan Finlandia di Indonesia

Mengingat pengalaman Finlandia dalam mengembangkan kota pintar dan menerapkan teknologi untuk kehidupan yang berkelanjutan, proyek senilai $400 miliar ini mewakili banyak peluang bagi investor dan perusahaan Finlandia. Peluang ada di berbagai bidang termasuk:

Integrasi AI

Pemerintah berencana menggunakan Internet of Things (IoT) untuk menawarkan solusi terhubung kepada publik mulai dari memantau arus lalu lintas hingga konservasi energi. Perusahaan Finlandia, seperti menyelesaikanMenyediakan kontrol dan pemeliharaan gedung yang cerdas yang disediakan oleh Internet of Things.

READ  Bagaimana goyahnya kebijakan ekspor minyak sawit Indonesia

Koneksi

Teknologi ramping dan solusi konektivitas juga akan menjadi fitur utama dari program Kota Cerdas. Raksasa teknologi Finlandia Nokia Solusi 5G dapat memberikan kemampuan yang hampir tidak terbatas untuk meningkatkan mobilitas dan konektivitas.

infrastruktur laut

Indonesia diperkirakan membutuhkan lebih dari 6 miliar dolar AS untuk mengembangkan infrastruktur pelabuhan. ADMARES, perusahaan Finlandia lainnya, menyediakan struktur terapung yang inovatif untuk menciptakan real estat di atas air. Perusahaan ini adalah pemimpin dalam metode konstruksi untuk lingkungan laut.

Energi terbarukan

Indonesia membutuhkan modal swasta yang besar untuk mencapai bauran energi terbarukan sebesar 25 persen pada tahun 2025; Saat ini berdiri di 14,7 persen. Di Finlandia, energi terbarukan menyumbang sekitar 40 persen dari konsumsi energi final. Finlandia memiliki banyak perusahaan yang menyediakan solusi energi terbarukan.

transportasi hijau

Finlandia mengoperasikan sistem transportasi antarmoda hijau yang menyediakan layanan fleksibel untuk meminimalkan kerusakan lingkungan dan ekologi. Ini akan menjadi dasar dari komitmen nol bersih Indonesia. Finlandia sangat berhasil dalam mempromosikan program berbagi sepeda dan berbagi sepeda.


informasi tentang kami

Pengarahan ASEAN diproduksi oleh Dezan Shera & Co. Perusahaan ini membantu investor asing di seluruh Asia dan memiliki kantor di seluruh ASEAN, termasuk di SingapuraDan HanoiDan Kota Ho Chi MinhDan Da Nang di Vietnam, MunichDan Essen Di Jerman, BostonDan Kota Danau Garam di Amerika Serikat, MilanDan conglianoDan Udine Di Italia, selain JakartaDan Batam di Indonesia. Kami juga memiliki perusahaan mitra di MalaysiaDan BangladeshThe filipinaDan Thailand Selain praktik kami di Cina Dan India. Silahkan hubungi kami di [email protected] atau kunjungi website kami di www.dezshira.com.