POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

“Ketika kita mendengarkan lagu dalam bahasa yang berbeda, masih ada emosi yang bisa kita rasakan”

Sebagai kuintet yang dibentuk oleh musisi dan penyair ulung, hari 6Musik membuka kaleidoskop perasaan untuk pendengar. Diskografi mereka diwarnai dengan kesedihan, kegembiraan, kemarahan, nostalgia, dan kesedihan – terkadang sekaligus – dalam perjalanan tiga menit yang mempesona. Karena eksperimen tanpa henti dan penolakan mereka untuk menyesuaikan diri dengan kategori yang telah ditetapkan sebelumnya, band Korea Selatan dengan cepat menjadi identik dengan batas-batas melengkung, menjelajahi segala sesuatu mulai dari balada sedih hingga bossa nova dan reggae hingga jingle disko tahun 80-an, tanpa terlihat tidak pada tempatnya.

Kualitas ini juga terbawa ke sub-unit pertama grup Even Of Day, yang dibentuk oleh anggota Young K, Wonpil dan Dowoon. Ketiganya memulai debutnya pada Agustus 2020 dengan mini album pertama mereka The Book Of Us: Gluon, yang dengan hati-hati melanjutkan cerita dan esensi kisah Day6 sejauh ini. Bahkan video animasi untuk judul lagu proyek, “Where The Sea Sleeps,” menampilkan tokoh-tokoh terkemuka dari lini produk DENIMALZ mereka.

Sekarang, dengan perilisan mini album kedua mereka “Right Through Me,” Even Of Day memulai perjalanan baru, yang memperluas orbitnya di seluruh dunia Day6. Seperti yang disebutkan anggota sebelumnya dalam video promosi, Album ini membahas gaya yang belum pernah mereka coba sebelumnya.. Sebagai permulaan, Young K telah membuang suara bassnya untuk gitar listrik, dan lagu mereka yang harmonis “Right Through Me” memadukan suara balada Korea, hip-hop, dan jazz East Coast dari tahun 1990-an.

Sebelum rilis “Right Through Me”, yang tiba hari ini, NME Dia bertemu grup melalui panggilan telepon untuk mempelajari lebih lanjut tentang album, pelajaran yang telah mereka pelajari, dan pentingnya mencoba hal-hal baru.

Selamat atas album baru Anda! Sudah hampir setahun sejak perilisan mini album pertama Anda “The Book Of Us: Gluon”. Bagaimana perasaan Anda tentang momen ini?

dan mulia: “Kami merasa kami dapat menunjukkan kepada Anda penawaran yang sangat bagus. Kami menantikan itu, dan kami merasa sangat baik.”

Mini album pertama Anda datang setelah seri The Book Of Us dari Day6, tetapi Right Through Me adalah awal dari cerita yang sama sekali berbeda. Mengapa Anda ingin membedakan album ini dari karya Anda sebelumnya?

K muda: “Sejujurnya, kami tidak berencana membuat seri ketika kami menulis yang pertama [‘The Book Of Us’] album gravitasi. Namun seiring waktu, kami merasa akan menarik untuk mengikuti cerita dan berbicara tentang bagaimana kami berhubungan dan berbagai hal. Kami dan perusahaan merencanakan Selesaikan seri dengan [2021’s] ‘Negentropi’, jadi cerita baru telah dimulai. Sebelum menulis “Right Through Me”, kami tidak tahu apa yang akan kami tulis, kami memiliki kebebasan, dan kami mengejar apa pun yang kami hasilkan, apa pun yang ingin kami buat.

READ  K-Pop mungkin tidak akan mendapatkan kelas Grammy sendiri

“Saya pikir ini album yang bagus untuk kami. Mungkin tidak sempurna, karena sangat sulit untuk mencapai kesempurnaan, dan saya bahkan tidak tahu apakah kami bisa melakukannya. Tapi saya pikir itu mendekati sempurna.” [laughs]. Ini yang terbaik yang telah kami lakukan sejauh ini.”

Apakah Anda menganggap album ini yang terbaik dalam karir Anda?

K muda: “Kami berencana untuk berkembang setiap saat. Jadi ketika ditanya apa lagu favorit saya yang pernah saya buat, saya cenderung menjawab, ‘Lagu terbaru yang kami buat,’ karena menurut saya itu yang paling mewakili kami.”

Bisakah Anda berbicara tentang konsep visual album ini dan perasaan seperti apa yang ingin Anda gambarkan melaluinya?

dan mulia: “Ini gaya vintage, sesuatu yang belum pernah kami coba sebelumnya, semoga [our fandom] Hari-hariku akan kamu nikmati. Juga, getaran yang kami berikan, menurutku cocok dengan mood lagu utama.”

K muda: “Konsep visual dibuat setelah penulisan lagu, jadi disajikan dengan sangat tepat.”

Anda menyebutkan bahwa menulis album ini adalah tantangan besar bagi Anda. Menurut Anda mengapa penting untuk menantang diri sendiri saat membuat musik?

dan mulia: “Kami tidak ingin membatasi diri pada satu genre tertentu, jadi kami terus mencoba hal-hal baru.”

K muda: “Bagi kami, pertama-tama menyenangkan untuk mencoba hal-hal baru. Ada begitu banyak jenis yang ingin kami coba, tetapi itu tidak selalu perlu. Ada cara untuk terus menciptakan getaran yang sama, itu hanya pilihan yang kami buat. [to try new things]. Kami tidak mengatakan bahwa keluar dengan getaran yang sama adalah hal yang buruk.”

Dan Nabeel Day6. Kredit: JYP Entertainment

Lagu utama, “Straight Through Me,” memadukan banyak gaya berbeda menjadi satu. Rasanya nostalgia, tetapi dengan sentuhan modern. Sedih, tapi juga penuh harapan. Bagaimana proses pemikirannya ketika kalian memutuskan untuk menggabungkan dua gaya ini?

dan mulia: “Kami belum memikirkan setiap bagian dari apa yang telah kami buat, tetapi kami mengikuti arus. Ketika kami menyanyikan lagu yang cerah, kami ingin itu menyentuh, dan ketika kami menyanyikan lagu sedih, kami ingin menaruh harapan. di dalamnya.”

READ  Top 10 single minggu ini di Korea

K muda: “Dan kami juga ingin Anda mengangguk pada musik, menikmati musik, dan memahami apa yang kami katakan. Seperti perasaan ‘Oh, ini bisa terjadi pada saya.’ Saya pikir proses pemikiran semacam ini memengaruhi cara yang kamu rasakan saat ini.”

Benar. Saya pikir lagu-lagu Day6 secara umum adalah lagu-lagu yang membuat Anda merasakan banyak emosi. Bahkan jika Anda tidak mengerti bahasa Korea, Anda dapat memahami banyak hal yang ingin Anda ungkapkan.

K muda: “Ini luar biasa, karena kami berbicara bahasa yang berbeda. Kami bernyanyi dalam bahasa Korea, tetapi ketika kami mendengarkan lagu dalam bahasa yang berbeda, masih ada perasaan di dalam, masih ada perasaan yang bisa kami rasakan.”

Album Anda mengeksplorasi banyak sekali suara. Bagaimana Anda mempersempit pola apa yang akan Anda jelajahi? Apakah ada pola yang Anda merasa gentar atau mempertanyakan kemampuan mereka untuk bekerja?

K muda: “Genre baru, atau hal baru, selalu menjadi tantangan. Kami tidak takut pada mereka, tetapi kami tidak selalu menganggapnya mudah. ​​Tetapi kami tidak menghentikan diri kami untuk mencobanya. Ini juga karena kami percaya anggota kami dapat menampilkan musik apa pun yang mencapai kita.”

Hari ke 6 sampai hari ini melalui wawancara dengan saya
K muda Kredit: JYP Entertainment

Apakah ada lirik khusus yang Anda hubungkan secara pribadi di album ini?

dan mulia: “We”, lagu pertama album. Saya pikir lagu itu berisi alasan kita hidup.”

K muda: “Saya juga setuju. Terkadang kita jatuh dan terkadang kita bangun. Kadang ada terang, kadang gelap. Tapi mari kita coba mengingat semua hal yang baik, dan kita hidup saja. Dan itulah kita, kita, kita.

Pesan apa dari album ini yang ingin Anda sampaikan “sampai” kepada orang-orang yang mendengarkannya?

sial: “Setelah mendengarkan album ini, saya harap Anda merasa seperti mendapat tepukan dari seorang teman. Itulah yang Anda pikirkan, ‘Ya, tahukah Anda?'” Saya harus terus maju dan menjalani kehidupan yang menarik.”

Young Ki, kamu tidak memainkan bass di salah satu lagu di album ini. Mengapa?

K muda: “Seperti yang kami katakan sebelumnya, kami selalu menantang diri sendiri dan mencoba hal-hal baru. Di EP pertama kami, saya memainkan bass tetapi gayanya berbeda dari cara saya bermain di Day6. Itu karena saya memainkan akar, yang mirip dengan nada bass, serta garis utama, yang biasanya dimainkan oleh alat musik atau gitar listrik.

READ  Catherine Zeta-Jones tentang peran Anak yang Hilang - Kontestan TV - Batas Waktu

“Jadi, kali ini, saya mencoba gitar listrik, yang juga memainkan lead dan string, tetapi juga akar bass dan nada bass. Kami ingin menciptakan suara baru, sesuatu yang belum pernah dicoba Even Of Day sebelumnya. Misalnya, pada kami album sebelumnya, synthesizer mengisi Semua lead line, semua atmosfer dll. Kali ini, dilakukan dengan gitar listrik.”

Apakah Anda rindu memainkan bass di album ini?

K muda: “Sejujurnya, bermain gitar listrik itu canggung bagiku [laughs]. Ketika saya mengatakan saya bermain gitar, saya biasanya bermain gitar akustik, yang memiliki nada yang sama, saya memainkannya sama, tetapi masih berbeda. Pada dasarnya, saya belum banyak bermain gitar listrik, jadi agak canggung, tapi juga menyenangkan. Saya banyak berlatih merekam. Lebih dari itu, saya pikir suaranya bagus dan tepat untuk suasana yang kami inginkan.”

Hari ke 6 sampai hari ini melalui wawancara dengan saya
Dowoon Day6. Kredit: JYP Entertainment

Dan Nabil, lagu apa yang paling sulit kamu rekam di album ini? Dan dalam karir Anda secara umum?

dan mulia: “Di album ini, mungkin ‘we’. Itu lebih keras dari yang saya kira. Dan lagu tersulit dalam karir saya adalah ‘Shoot Me’, karena jembatannya sangat tinggi.”

Dowoon, Anda menyebutkan bahwa Anda selalu belajar sesuatu. Keterampilan baru apa yang Anda peroleh baru-baru ini dan apa yang ingin Anda pelajari selanjutnya?

sial: “Saya baru-baru ini belajar bagaimana menulis lirik, dan itulah yang ingin saya lakukan selanjutnya juga.”

Ini akan merayakan ulang tahun keenam dari hari keenam di bulan September. Apa pelajaran terbesar yang telah Anda pelajari sejak debut Anda?

sial: “Ini sangat sederhana: hari-hari saya adalah segalanya bagi kami, dan kami ingin berbagi musik kami.”

K muda: “sempurna!”

Apa saja suara, konsep, dan pengalaman yang ingin Anda alami dengan Even Of Day di masa mendatang?

sial: “Kami ingin merasakan suara yang lebih besar sehingga semua orang bisa bernyanyi, sebagai keluarga besar.”

Untuk stadion, dll? Jadi Anda bisa melakukan tur penuh?

sial: “Gaya permainan dingin? Ya!”

K muda: “Iya benar sekali!”

Mini album baru Day6 (Even Of Day) “Right Through Me” telah keluar sekarang Me.