POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kesepakatan Meta Giphy yang gagal dapat mengakhiri pengeluaran Big Tech

Namun, kekhawatiran ini hanya mencakup setengah dari argumen CMA. Sambil memperingatkan berkurangnya persaingan antar platform media sosial, regulator pada saat yang sama memperingatkan dampaknya terhadap pasar yang belum ada. CMA mengatakan Giphy memiliki potensi untuk bersaing dengan Facebook di pasar iklan Inggris jika tidak dibeli. “Sebelum merger, Giphy meluncurkan layanan periklanan inovatif yang sedang dipertimbangkan untuk diperluas ke negara-negara di luar Amerika Serikat, termasuk Inggris Raya,” kata organisasi itu dalam sebuah pernyataan, mengutip GIF yang dibuat oleh Pepsi dan Dunkin’ Donuts untuk mempromosikan merek mereka.

“Itu bagian yang menarik,” kata Peter Broadhurst, mitra persaingan di firma hukum Crowell & Moring, yang menggambarkan penargetan CMA dari kesepakatan yang melibatkan dua perusahaan AS sebagai “ekspansi.” “Giphy tidak menghasilkan pendapatan apa pun di Inggris,” katanya. “Tetapi CMA memang menemukan bukti, dan bukan bukti yang terlalu kuat melalui suara mereka, bahwa mereka mungkin mencoba menjual iklan di Inggris di beberapa titik di masa depan, dan mereka merasa itu sudah cukup bagi kami.” Keputusan itu juga menunjukkan bahwa regulator Inggris, yang didorong oleh Brexit, siap untuk menegaskan dirinya di panggung antimonopoli global, kata Pepper. “Di Inggris, kami memiliki sistem yang tidak biasa yang memberi Otoritas Pasar Keuangan berbagai kekuatan untuk campur tangan dalam banyak transaksi, dan kekuatan ini telah digunakan, khususnya pasca-Brexit, untuk menanggapi kesepakatan yang lebih kecil.”

Keputusan itu juga tidak terlalu mengejutkan. CMA telah melakukan penyelidikan mendalam terhadap kesepakatan akuisisi Giphy sejak April 2021. Pada September 2021, Facebook menanggapi temuan sementara penyelidikan dengan mempertanyakan yurisdiksi Inggris atas kesepakatan itu dalam sebuah dokumen. Diterbitkan oleh pemerintah Inggris. “Fakta dalam kasus ini sederhana,” kata Facebook. “Facebook dan Giphy tidak bersaing di Inggris, dan tidak ada tumpang tindih dalam bisnis terkait yang mengarah ke masalah persaingan.”

READ  Dallas Love Field Store adalah bandara teknologi membaca telapak tangan pertama Amazon

Meta sekarang menghadapi tren yang berkembang karena merger dilaporkan oleh negara-negara yang tidak ada hubungannya dengan kesepakatan itu, Tyler percaya. Dia menambahkan bahwa Uni Eropa dan negara-negara anggotanya juga mulai mempertimbangkan kesepakatan yang terjadi di luar perbatasan mereka, mencatat rujukan Austria dari akuisisi Meta platform layanan pelanggan Kustomer ke Komisi Eropa pada Maret 2021. “Amerika Serikat memiliki penegakan yang sulit. penegakan hukum terhadap merger,” kata Tyler. Dan, mungkin sebagai hasilnya, banyak pelaksana lain mencari cara untuk mencegah kerusakan pasar.”

Untuk regulator di satu negara untuk memblokir kesepakatan di mana perusahaan yang terlibat berakar di negara lain tidak biasa tetapi belum pernah terjadi sebelumnya. Pada tahun 2001, Uni Eropa memblokir akuisisi yang diusulkan oleh General Electric yang berbasis di Boston dari konglomerat Amerika lainnya, Honeywell. Pada tahun 2018, sebuah tinjauan Cina membatalkan rencana perusahaan semikonduktor AS Qualcomm untuk menelan saingan Belanda NXP. Pada Mei 2021, perusahaan perangkat lunak penerbangan Saber dan Farelogix gagal dalam banding mereka terhadap keputusan CMA untuk memblokir merger mereka, meskipun Farelogix tidak memiliki klien atau penjualan di Inggris.