POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kepala Keuangan Asia Bahas Kolaborasi Online di Tengah Pandemi – Bisnis

Kyodo News

Tokyo, Jepang ●
Senin, 3 Mei 2021

2021-05-03
13:10

559f5bc8c5224ad06a25184c0a449a72
2
Bisnis
ASEAN, Indonesia, Covid, Finance, Jepang, Bank Sentral
Gratis

Kepala keuangan Asia mengadakan konferensi video pada hari Senin untuk membahas cara-cara untuk meningkatkan kerja sama serta untuk membandingkan catatan tentang ekonomi mereka dan bagaimana mereka terpengaruh oleh virus korona baru dan pandemi global yang tidak menunjukkan tanda-tanda mereda.

Para menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari Jepang, Cina, Korea Selatan, dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara bertemu secara online di sela-sela pertemuan tahunan Bank Pembangunan Asia tiga hari yang dimulai dalam bentuk virtual pada hari yang sama.

Menurut sumber pemerintah Jepang, kepala keuangan dari 13 negara berencana mengeluarkan pernyataan bersama setelah pembicaraan.

Pada telekonferensi sebelumnya yang diadakan pada bulan September, ASEAN ditambah tiga negara memutuskan untuk meningkatkan fleksibilitas operasional dari rencana multilateralisme Prakarsa Chiang Mai, yang mulai berlaku pada tahun 2010 untuk mengatasi kesulitan neraca pembayaran dan likuiditas jangka pendek di kawasan ini pada saat krisis.

Skema ini berkembang dari Chiang Mai Initiative, pengaturan pertukaran mata uang regional pertama yang diluncurkan oleh 13 negara Asia pada Mei 2000 dengan tujuan mencegah terulangnya krisis mata uang Asia tahun 1997.

Pada pertemuan tahunannya, Bank Pembangunan Asia diharapkan meluncurkan Pusat Pajak Asia Pasifik, yang bertujuan untuk meningkatkan pertukaran pengetahuan dan meningkatkan kerja sama dalam kebijakan dan administrasi perpajakan, untuk memperkuat dukungannya kepada negara-negara berkembang di kawasan.

Kerangka baru tersebut membayangkan penyediaan platform komprehensif untuk dialog kebijakan antara 68 anggota Bank Pembangunan Asia dan lembaga internasional, seperti Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi, Dana Moneter Internasional, dan Bank Dunia.

READ  Inggris mencatat lebih dari 10.000 kasus virus untuk pertama kalinya sejak Februari

Pembicaraan ADB awalnya dijadwalkan berlangsung di Tbilisi, ibu kota Georgia, tetapi telah berubah menjadi pertemuan virtual karena pandemi.

Sebelumnya pada hari itu, para kepala keuangan Jepang, China, dan Korea Selatan mengadakan pertemuan virtual terpisah.

Ke-10 negara anggota ASEAN adalah Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.