POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Lebaran 2024: 6 Hal yang Perlu Diketahui Ekspatriat Tentang Libur Tahun Baru Islam di Indonesia

Lebaran 2024: 6 Hal yang Perlu Diketahui Ekspatriat Tentang Libur Tahun Baru Islam di Indonesia

Umat ​​Islam di Indonesia dan seluruh dunia memulai puasa tahunannya pada tanggal 23 Maret 2024. Puasa ini dilaksanakan selama bulan Ramadhan, bulan kesembilan dalam kalender lunar Islam. Di akhir Ramadhan, umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri yang menggembirakan, yang dikenal sebagai Lebaran di Indonesia.

Fitri dirayakan dengan cara yang berbeda-beda di seluruh dunia, dan setiap budaya memiliki tradisi uniknya sendiri. Umumnya, waktu bertemu dengan orang tersayang, menikmati makanan lezat, bertukar kado, dan menandai berhasilnya bulan puasa. Nama Itul Fitri berarti “menjadi suci kembali” dalam bahasa Arab.

Di Indonesia, Itul Fitri atau Lebaran diakui sebagai hari libur besar bersamaan dengan perayaan besar keagamaan lainnya seperti Natal, Paskah, dan Hari Raya Waisak. Pada tahun 2024, diperkirakan akan terjadi antara tanggal 11 dan 12 April. Pemerintah Indonesia telah resmi menetapkan hari libur nasional dan masa cuti bersama pada tanggal 8 hingga 15 April 2024 bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Sumber: instagram.com/fredneust

Tidak hanya bagi penduduk lokal, musim liburan panjang ini juga memberikan kesempatan besar bagi orang asing untuk menjelajahi Indonesia dan merasakan tradisi unik Lebaran.

Pada artikel ini, kami ingin menunjukkan kepada Anda hal-hal yang dapat Anda lakukan sebagai ekspatriat di Indonesia selama Lebaran dan beberapa hal yang harus Anda ingat untuk memastikan pengalaman liburan yang lancar dan menyenangkan.

Tradisi mudik dan kekosongan kota yang ramai

Liburan LeBron biasanya mencakup hari libur kerja yang banyak. Sebagai orang asing, Anda mungkin melihat perubahan nyata dalam suasana kota-kota besar seperti Jakarta, karena kota-kota tersebut sangat sepi selama periode ini.

Ini mungkin hasilnya Tradisi rambutTradisi besar tahunan adalah jutaan masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan pulang ke kampung halaman atau desanya untuk merayakan Lebaran bersama keluarga.

Jika Anda orang asing dan berencana bepergian selama periode ini, bersiaplah menghadapi penundaan. Pesan tiket Anda pada atau setelah beberapa hari Idul Fitri.

Jika Anda ingin menghabiskan musim liburan ini di Jakarta, gunakan waktu ini untuk menjelajahi kota dengan lalu lintas yang lebih sepi atau melakukan perjalanan singkat ke tempat-tempat yang tidak terlalu ramai. Atau Anda dapat memanfaatkan jeda ini untuk bersantai dan memulihkan tenaga sepenuhnya. Ikuti terus belajar, cobalah hobi baru, atau nikmati saja kehidupan yang lebih lambat.

READ  Malaysia menjajaki investasi di LRT Batam

Ketubat, Obor dan hidangan khas lainnya untuk merayakan Lebaran

Lebaron identik dengan makanan enak! Bersiaplah untuk menikmati masakan tradisional Indonesia seperti ketupat (kue beras dalam kantong anyaman daun palem), ober ayam (kari ayam dalam santan), rendang (rebusan daging sapi pedas) dan berbagai manisan serta makanan ringan. Mintalah rekomendasi dari teman atau kolega Indonesia dan bersiaplah untuk petualangan kuliner.

Atau jika Anda ingin melihat beragamnya makanan yang disajikan saat Lebaran, bacalah artikel kami tentang Makanan Idul Fitri Indonesia yang Wajib Anda Cicipi!

Hambatan

Parsel berisi makanan ringan, minuman, dan pernak-pernik lainnya merupakan tradisi Lebaran yang populer. Jika Anda sudah menjalin persahabatan dekat dengan orang Indonesia, menerima bingkisan adalah tanda kehangatan dan kemurahan hati.

Jika kamu ingin mencoba mengirimkan hampers ke teman-temanmu di Indonesia selama Lebron 2024, buatlah hampersmu sendiri. Tambahkan camilan dan bahan-bahan lokal dari negara asal Anda!

Koneksi yang Bermakna oleh Ciladurahmi

Chiladurahmi mengacu pada tindakan mempererat hubungan dengan mengunjungi keluarga, teman dan tetangga. Meski tidak eksklusif untuk LeBron, tradisi ini menjadi pusat perhatian selama liburan. Jika diundang, mengikuti kunjungan Ciladurahmi akan memberikan wawasan yang luar biasa tentang budaya dan keramahtamahan Indonesia.

Tips menyampaikan ucapan sepenuh hati di hari besar di Indonesia

Jika Anda ingin menyampaikan salam dan ucapan selamat kepada teman-teman Muslim Indonesia Anda pada perayaan besar mereka, sapalah mereka dengan sopan dan cobalah mempelajari beberapa frasa dasar dalam Bahasa Indonesia untuk memberi salam.

Tradisi umum di Indonesia saat Lebaran adalah menyapa orang lain dengan kalimat “minal ijin walbaisin, mohon maf lahir dan batin”. Bagian pertama dalam bahasa Arab berbunyi, “Semoga kamu termasuk orang yang kembali [to purity] Di antara para pemenang” Bagian kedua artinya “Saya mohon maaf lahir dan batin” dalam bahasa Indonesia.

READ  Podcast Regional Round-Up: Menilai Panggilan Rute Perjalanan ASEAN di Era Pemerintahan, Asian News & Top Stories

Jika Anda ingin mempelajari frasa-frasa bahasa Indonesia yang lebih berguna, bacalah panduan kami mengenai frasa-frasa yang berguna untuk setiap wisatawan.

Meskipun Leperan membawa banyak kemeriahan, sebagai orang asing di Indonesia, masih banyak hal penting yang harus diikuti dalam perubahan cepat arus kehidupan sehari-hari selama Leperan 2024. Semua hal berikut ini ada untuk mencegah Anda dari masalah yang tidak perlu selama Idul Fitri. hari raya fitri di indonesia.

Waspadai validitas visa Anda

Lebaran adalah hari libur besar di Indonesia, dan banyak kantor, termasuk instansi pemerintah, yang membatasi atau tidak beroperasi sama sekali selama periode libur panjang. Oleh karena itu, kantor imigrasi di seluruh Indonesia mungkin akan mengalami masa tidak aktif pada beberapa hari pertama sebelum dan sesudah Idul Fitri. Hal ini akan meningkatkan volume permohonan selama periode Lebaran dan dapat menyebabkan penundaan di kantor imigrasi.

Bagi WNA yang masa berlaku visanya sebelum tanggal 14 April 2024 sangat disarankan untuk memulai proses perpanjangan visa sebelum batas waktu 4 April 2024 untuk menghindari gangguan perjalanan.

Visa kadaluarsa

Jika perpanjangan visa Anda mengalami penundaan dan rencana perjalanan awal Anda terpengaruh, Anda mungkin perlu memperhitungkan biaya tambahan untuk memesan ulang akomodasi atau penerbangan. Untuk dihubungi Konsultan Visa Tepercaya Untuk membantu Anda melewati tantangan musim ini.

Jenis kantor yang masih buka di Lebron 2024

Perlu diketahui, tidak semua kantor di Indonesia tutup selama libur Lebaran. Beberapa bisnis, seperti kesehatan, keamanan, dan layanan publik, mungkin terus beroperasi. Ekspatriat harus menghubungi majikan mereka untuk memastikan jadwal liburan kantor mereka.

Menurut Kedusu Menteri Tenaga Kerja (Kepmenaker) No. 233/2003, Pasal 3, jenis usaha berikut ini diperbolehkan beroperasi selama libur Lebaran.

Bisnis harus:

  • Menyediakan layanan penting seperti kesehatan, transportasi dan keamanan
  • Seperti hotel dan restoran yang beroperasi 24/7
  • Bergerak di bidang industri pariwisata
  • Dianggap memiliki kepentingan strategis bagi perekonomian nasional
READ  Pengadilan Indonesia telah menghukum mantan pejabat perdagangan dan eksekutif perusahaan kelapa sawit dengan hukuman penjara

Jika perusahaan Anda termasuk dalam salah satu kategori ini, Anda mungkin diharuskan bekerja selama masa liburan LeBron. Namun, Anda berhak atas upah lembur untuk setiap jam kerja selama waktu tersebut.

Aruz Mudik dan Aruz Balik selama Ramadhan 2024

Musim liburan Lebaran adalah masa migrasi massal di Indonesia, karena jutaan orang melakukan perjalanan pulang kampung untuk merayakannya bersama keluarga. Hal ini menyebabkan kemacetan lalu lintas yang signifikan di jalan raya, terutama pada periode Aruz Mudik (pra-Lebaran) dan Aruz Balik (pasca-Lebaran).

Pemerintah Indonesia telah menerapkan beberapa langkah untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas selama musim libur Lebaran 2024.

  • Penerapan kanjil-genap (ganjil-genap) untuk sistem pelat nomor di beberapa ruas jalan
  • Penerapan sistem lalu lintas satu arah di beberapa jalan raya
  • Penerapan sistem lalu lintas contraflow di beberapa ruas jalan

Langkah-langkah ini dirancang untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan arus lalu lintas selama musim liburan Lebaran. Orang asing yang berencana melakukan perjalanan selama periode ini harus menyadari langkah-langkah ini dan merencanakan perjalanan mereka dengan tepat.

Bacaan yang disarankan: Semua yang perlu Anda ketahui tentang rencana transportasi selama Lebron 2024

Menikmati Lebron 2024 sebagai orang luar

Periode Lebaran menawarkan kesempatan khusus bagi ekspatriat di Indonesia untuk merasakan secara langsung kekayaan tradisi budaya dan semangat penuh perasaan dari liburan yang luar biasa ini.

Liburan Lebaran di Indonesia adalah saat yang tepat untuk memperluas wawasan budaya Anda dan menciptakan kenangan abadi. Anda dapat memanfaatkan waktu istimewa ini sebagai ekspatriat dengan menerapkan semangat perayaan, menghormati adat istiadat setempat, dan merencanakan kemungkinan perubahan logistik.

Selamat Itul Fitri!

Apakah artikel ini berguna? Untuk pembaruan lebih lanjut mengenai panduan Indonesia, lihat artikel Social Expat lainnya!