POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Karya seni Torn Banksy dijual seharga $25,4 juta

Seniman jalanan Inggris, Banksy, dengan sengaja melukis Rusak selama lelang sebelumnya Pada hari Kamis itu terjual $ 25,4 juta di Sotheby’s di London, membuat rekor baru untuk seorang seniman di lelang.

Banksy terkenal menipu dunia seni tiga tahun lalu ketika dia menyembunyikan mesin penghancur yang dikendalikan dari jarak jauh di bingkai emas salah satu lukisannya sehingga bisa hancur sendiri setelah dilelang oleh Sotheby’s London.

Mesin penghancur rusak di tengah jalan, meninggalkan bagian bawah stensil tergantung di strip berkerut saat kolektor terengah-engah dan berbaris untuk melihat lebih dekat. Segera artis itu pergi ke media sosial dan memuji triknya.

saat ini, pembeli anonim Dari $1,4 juta dalam bisnis itu, dia tertawa terakhir – menjual kembali bisnis tari telanjang pada hari Kamis sebanyak 18 kali lipat. Sotheby’s mengharapkan untuk menjual hanya $8 juta, tetapi setidaknya sembilan penawar mendorong harganya jauh lebih tinggi, dengan Direktur Penjualan Pribadi Sotheby Asia Nick Wood menawar telepon yang menang. “Saya tidak bisa mengatakan betapa gugupnya saya untuk melempar palu ini,” kata juru lelang Oliver Parker saat itu, melirik pekerjaan yang tergantung di belakangnya. Tidak ada yang mengikuti selain tepuk tangan.

Hasilnya mengungkapkan betapa mudahnya pembuat selera saat ini dapat mengubah tanggung jawab pasar potensial menjadi mitos di dunia seni. Penjualannya kembali dipuji sebagai prestasi teater ulang oleh kolektor yang baru sekarang mulai mendaftar ulang di rumah lelang setelah lebih dari satu tahun penawaran online karena pandemi Covid-19.

“Kejeniusan Banksy adalah dia bisa mengolok-olok pendirian seni tanpa merusak pasarnya,” kata Emma Baker, spesialis Sotheby, yang mewakili karya terlaris yang tidak diketahui.

READ  Ranveer Singh tidak bisa bosan dengan pose 'seksi' Deepika Padukone di foto baru. lihat di sini | Bollywood

Semua kecuali satu dari 20 barang Banksy paling mahal telah terjual dalam lima tahun terakhir, menurut database lelang Artnet. Christie sebelumnya memegang rekornya tujuh bulan lalu ketika fotonya tentang seorang anak laki-laki, “Game Changer”, terjual seharga $23 juta.

Dua dekade lalu Banksy menjadi terkenal karena menggunakan cat semprot untuk melukis potret bermuatan politik di gedung-gedung di seluruh Inggris.

Dia mengatakan dia menciptakan karya yang pertama kali dijual Kamis tahun 2006, berjudul “Gadis dengan Balon.” Ini menggambarkan seorang gadis kecil mengulurkan tangannya ke arah balon berbentuk hati yang melayang. Setelah insiden merobek-robek, artis mengatakan itu harus dianggap sebagai karya baru dan berganti nama menjadi “Love in the Trash.”

Pembeli karya tersebut, yang diidentifikasi hanya sebagai seorang wanita Eropa, segera menunjukkan karya tersebut kepada publik, meminjamkannya pertama kali ke Museum Friederburda Jerman pada tahun 2019 – di mana seminar akademik mengeksplorasi manfaat artistik dan sejarahnya – dan kemudian ke Galeri Negara Stuttgart. Pedagang mengatakan museum meningkatkan daya tarik karya Banksy, mengubah penerimaannya dari parodi menjadi karya seni pertunjukan yang penting.

Lukisan itu telah menjadi bahan diskusi akademis dan catatan media sosial dan telah ditampilkan, termasuk pada tahun 2019 di Museum Friederburda di Baden-Baden, Jerman.


Foto:

DEK ULI / DPA / AFP / Getty Images

Karya itu juga menjadi meme, dengan milenium dan konglomerat raksasa yang ikut serta dalam insiden pemotongan untuk membuat penghormatan yang kurang ajar—dari iklan kentang goreng setengah robek hingga kostum Halloween yang menggambarkan gadis balon Banksy.

Menjelang penjualan hari Kamis, Sotheby’s mulai berlaku, memotong pita tipis di bendera biru yang digantung di atas kantornya di London dan menyorot karya itu di galeri gelap untuk memberikan nuansa kuil. Karya ini juga dipasarkan di pusat-pusat seni seperti Hong Kong dan Taipei, di mana daya tarik Banksy berkembang.

Baker mengatakan bahwa ketika Sotheby’s mengirimkan karya yang compang-camping itu awal musim panas ini, rumah itu mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk menghindari tampil di pertunjukan. Selama insiden 2018, penjaga keamanan bergegas melepas baterai penghancur kertas, dan spesialis memeriksa lagi untuk memastikan tidak ada yang kembali. Saat kurator Jerman melepas bagian belakang bingkai dan menutupinya dengan kaca, tim rumah diizinkan untuk memeriksa hilangnya mekanisme listrik mesin penghancur kertas.

Baker mengatakan Sotheby’s menimbang pekerjaan itu, mencatat bahwa bahkan bingkainya “jauh lebih ringan” daripada penjualan terakhir, meyakinkan pembeli potensial bahwa “tidak boleh ada hal lain yang disembunyikan,” katanya.

Desas-desus telah lama beredar bahwa Sotheby’s terlibat dalam ripping, terutama karena membuat Banksy di akhir penjualannya di mana mengganggunya tidak akan menghalangi penawaran pada pertunjukan berikutnya. Tapi Sotheby’s mengatakan sepanjang waktu dia terkejut, dan Ms Baker mengatakan rumah itu harus bergegas pada jam-jam berikutnya untuk memeriksa status hukumnya dan melihat apakah pembeli masih ingin bekerja, yang dia lakukan.

Ms Baker mengatakan dia tidak mengambil risiko kali ini.

Saya menghubungi pengendalian hama, perangkat dukungan Banksy, untuk melihat apakah mereka terlibat atau berencana untuk terlibat.

“Kami memastikan tidak ada yang terjadi kali ini, jadi saya 99% yakin akan hal itu,” katanya. Pesan yang ditinggalkan dengan pengendalian hama tidak dikembalikan.

Musim gugur ini, Christie’s akan mempersembahkan album Banksy 2005 mereka, “Sunflowers from Petrol Station.” Perusahaan mengharapkan untuk menjual bisnis setidaknya $ 12 juta bulan depan di New York. Karya ini adalah argumen yang memudar pada karya bunga Vincent van Gogh. Itu datang dalam bingkai emas yang penuh hiasan, yang menurut juru bicara rumah itu telah “diperiksa dengan cermat.”

Bunga Matahari Banksy dari Pom Bensin akan dilelang bulan depan di New York.


Foto:

Gambar Christie Terbatas

menulis ke Kelly Crow di [email protected]

Hak Cipta © 2021 Dow Jones & Company, Inc. semua hak disimpan. 87990cbe856818d5eddac44c7b1cdeb8