Pospapua.com
Kapolda Papua Irjen Pol Martunai Sormin bersama anak-anak Papua di SP 2 Timika, Mimika Papua. (istimewa)
Headline Nusantara

Kapolda Papua: Sebelum Pengumunan Resmi dari KPU, Tidak Boleh Ada Konvoi Kemenangan

Oleh: Hasibuan Aman

Pospapua.com, Jayapura– Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin mengimbau masyarakat di Papua untuk tetap bersabar menunggu pengumuman resmi hasil penghitungan suara secara nasional oleh  Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dikatakan Kapolda, TNI-Polri menjamin keamanan pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 maupun sampai penghitungan suara di seluruh wilayah Indonesia khususnya di Papua.

“Kami minta masyarakat dalam bentuk apapun tidak mudah terprovokasi, dan menjadikan situasi aman, damai dan sejuk,” tegas Kapolda, Jumat (19/4).

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin mengaku untuk situasi Kamtibmas pasca pemungutan suara berlangsung relatif aman, tidak ada yang menonjol, beberapa ada masalah logistik namun sudah dikoordinasikan dengan Penyelenggara pemilu yakni KPU.

Menurut dia, pelaksanaan Pemilu ini merupakan yang paling besar di seluruh dunia berkat sinergi TNI/Polri dan komponen lainnya sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan aman, damai dan demokratis.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah menggunakan hak pilihnnya, kalau ada gugatan  agar dapat disampaikan secara berjenjang. Kepolisian Republik Indonesia

khususnya Polda Papua tetap melakukan pengamanan dan pengawal tahapan pemilu untuk menjamin keamanan tetap kondusif,” tuturnya.

Kapolda mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan mobillisasi masyarakat sebelum pengumuman resmi pemenang Pemilu 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menjaga kondisi pasca pemungutan suara yang kondusif.

“Tidak boleh mengumpulkan massa, mobilisasi massa atau mengadakan kegiatan konvoi-konvoi kemenangan secara awal,” ungkapnya. (nds)

Baca Juga:

Pemerintah Pusat Diminta Serius Perhatikan Korban Banjir Bandang Sentani

Nethy Dharma Somba

Terkendala Cuaca, Ada Distrik yang Belum Tersentuh Logistik Pemilu 2019

Nethy Dharma Somba

Memfoto Wakil Bupati Toraja saat Diperiksa Bawaslu, Wartawan Dilaporkan ke Polisi

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment