POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kapal induk Vikrant berhasil menyelesaikan uji coba laut pertamanya

New Delhi, 8 Agustus (IANS): Kapal induk domestik (IAC) Vikrant berhasil menyelesaikan pelayaran perdananya pada hari Minggu. Kapal induk telah berlayar pada 4 Agustus dari Kochi.

“Uji coba telah berkembang sesuai rencana dan standar sistem telah terbukti memuaskan,” kata Angkatan Laut India.

Kapal induk akan terus menjalani serangkaian uji coba laut untuk mendemonstrasikan semua peralatan dan sistem sebelum menyerahkan kapal ke Angkatan Laut India.

Kapal induk asli (IAC) “Vikrant” yang dirancang oleh Direktorat Desain Angkatan Laut (DND) Angkatan Laut India sedang dibangun di Cochin Shipyard Limited (CSL), galangan kapal sektor publik Kementerian Perkapalan (MoS).

IAC adalah contoh utama dari upaya bangsa ini atas inisiatif “Atma Nirbhar Bharat” (India Mandiri) dan “Make in India”, dengan lebih dari 76 persen konten asli.

Kapal induk asli memiliki panjang 262 meter, lebar 62 meter dan tinggi 59 meter, termasuk suprastruktur. Ada total 14 lantai, termasuk lima di suprastruktur.

Kapal ini memiliki lebih dari 2.300 kabin, dirancang untuk awak sekitar 1.700 orang, dengan akomodasi peka gender untuk perwira wanita.

Dengan otomatisasi tingkat tinggi untuk mengoperasikan mesin, navigasi laut, dan kemampuan bertahan, kapal ini dirancang untuk mengakomodasi berbagai pesawat sayap tetap dan putar.

Selama pelayaran pertama, kinerja kapal diuji, termasuk lambung, daya dorong utama, pembangkit listrik dan distribusi (PGD) dan peralatan tambahan.

Uji coba, ditinjau oleh Wakil Laksamana AK Chawla, Panglima Tertinggi Komando Angkatan Laut Selatan pada hari terakhir; Kemajuan dilakukan sesuai rencana dan parameter sistem terbukti memuaskan.

Keberhasilan penyelesaian penerbangan uji pertama, terlepas dari tantangan yang dihadapi oleh pandemi Covid-19 dan protokol Covid-19 yang ditetapkan, merupakan bukti upaya berdedikasi dari sejumlah besar pemangku kepentingan selama lebih dari satu dekade. Ini adalah kegiatan besar dan peristiwa sejarah.

READ  Para ilmuwan menyerukan untuk memecahkan krisis iklim dan keanekaragaman hayati bersama-sama

Kapal induk akan menjalani serangkaian uji coba laut untuk mendemonstrasikan semua peralatan dan sistem sebelum pengiriman pada tahun 2022.

Pengiriman Vikrant ditargetkan bersamaan dengan perayaan 75 tahun kemerdekaan India Azadi ka Amrit Mahutsav.

Dengan pengiriman IAC, India akan bergabung dengan kelompok negara terpilih yang memiliki kapasitas untuk merancang dan membangun kapal induk secara lokal dan menyediakan tenaga penggerak untuk inisiatif “Make in India” pemerintah.

“Penyerahan Angkatan Udara India juga akan meningkatkan posisi India di wilayah Samudra Hindia (IOR) dan mengejar Angkatan Laut Perairan Biru,” tambah pasukan itu.