POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kamboja dapat menyaksikan pertemuan menteri pertahanan Jepang dengan menteri pertahanan ASEAN

Jepang sedang mempertimbangkan untuk mengadakan pertemuan menteri pertahanan dengan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara pada akhir Juni di Kamboja sebagai bagian dari upaya untuk melawan kekuatan angkatan laut China yang meningkat, Kyodo News Jepang mengutip sumber-sumber pemerintah mengatakan Jumat.

Melalui pembicaraan yang akan datang, Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi akan menyoroti pentingnya menjaga ketertiban laut berdasarkan aturan hukum, menurut sumber tersebut.

Sumber tersebut mengatakan Kishi kemungkinan akan menentang segala upaya untuk “secara paksa mengubah status quo secara sepihak” pada pertemuan itu, dalam bahasa yang sering digunakan oleh Jepang untuk mengutuk invasi Rusia ke Ukraina dan kritik terselubung terhadap meningkatnya kegiatan militer China.

Jepang berusaha memperkuat hubungan pertahanannya dengan anggota ASEAN karena terletak di wilayah strategis penting yang melintasi jalur laut utama, termasuk Laut Cina Selatan.

Beberapa anggota memiliki sengketa teritorial dengan China di laut. Sumber tersebut mengatakan pertemuan itu akan diadakan di sela-sela pertemuan tahunan para Menteri Pertahanan ASEAN di Kamboja, kepala blok ke-10 tahun ini.

Sumber tersebut mengatakan pengembangan senjata nuklir dan rudal Korea Utara juga mungkin menjadi agenda pertemuan.

Jepang dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara mengadakan pertemuan langsung terakhir para pemimpin pertahanan pada November 2019. Mereka mengadakan panggilan konferensi pada Desember 2020.

ASEAN juga mencakup Brunei, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

READ  Eropa kehilangan tenaga nuklir hanya ketika benar-benar membutuhkan tenaga itu