POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Kabel baru Google dan Facebook untuk menghubungkan Jepang dan Asia Tenggara

SINGAPURA, 16 Agustus (Bloomberg): Google dan Facebook Alphabet Inc telah mengumumkan partisipasi mereka dalam sistem kabel bawah laut baru 2024 yang bertujuan untuk meningkatkan konektivitas Internet di seluruh kawasan Asia-Pasifik.

Facebook mengatakan proyek infrastruktur yang dijuluki Apricot akan menghubungkan Jepang, Singapura, Taiwan, Guam, Filipina, dan Indonesia serta membantu memenuhi permintaan akses broadband dan konektivitas nirkabel 5G yang terus meningkat.

Pada bulan Maret, perusahaan mengumumkan dua kabel trans-Pasifik baru yang menghubungkan Singapura ke pantai barat AS, Bifrost dan Echo, dengan Google membagikan yang terakhir.

Google mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa kabel Echo dan Apricot adalah sistem bawah laut yang saling melengkapi, dan akan meningkatkan ketahanan Google Cloud dan layanan digital lainnya untuk perusahaan.

Tautan serat optik baru yang membentang di kawasan Asia Pasifik memiliki kapasitas desain awal lebih dari 190 terabyte per detik, menurut Facebook.

Dua raksasa Silicon Valley telah berinvestasi dalam membangun infrastruktur internet di area yang mereka lihat menawarkan potensi pertumbuhan tertinggi, dengan Google tahun lalu mengumumkan rencana pengeluaran $10 miliar untuk membantu digitalisasi di India selama lima hingga tujuh tahun ke depan. – Bloomberg

READ  Malaysia mengerahkan polisi anti huru hara saat anggota parlemen berusaha berbaris ke Parlemen | berita pandemi virus corona