POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Juara teknologi ‘tersembunyi’ Austria berada di jantung industri chip global

Memastikan keamanan pasokan chip semikonduktor sekarang menjadi salah satu tujuan strategis dan ekonomi terbesar Uni Eropa. Dan Austria – salah satu negara anggota serikat pekerja yang lebih kecil – sudah menjadi rumah bagi dua perusahaan paling penting, meski kurang dikenal, di seluruh rantai pasokan global.

IMS Nanofabrication di pinggiran selatan Wina dan EV Group, di utara Salzburg, tidak membuat chip sendiri. Sebaliknya, mereka membuat peralatan penting untuk perusahaan yang melakukannya — termasuk raksasa chip, seperti Intel di AS dan TSMC di Taiwan.

“Austria tidak dikenal dengan semikonduktornya dan jarang dibahas dalam keamanan rantai pasokan dan geopolitik,” tulis Dylan Patel, konsultan dan komentator industri dalam catatan baru-baru ini. Meskipun kurang terkenal, Austria [EVG and IMS] Sangat penting untuk semua proses pembuatan semikonduktor tingkat lanjut. . . Di era di mana semikonduktor sangat dipolitisasi, [US] Dan Cina, kami merasa lucu bahwa Austria dapat sendirian membuka rantai pasokan semikonduktor. . . Berlutut.”

Menurut analisis Patel, Austria memiliki 82 persen pangsa pasar dalam bisnis foil bonding dan 95 persen pangsa pasar dalam pembuatan pembuat masker multi-paket. Tanpa chip ini yang digunakan dalam segala hal mulai dari flash drive hingga kamera ponsel tidak dapat diproduksi. Untuk chip canggih dan lebih kecil generasi berikutnya, teknologi Austria ini akan menjadi lebih penting.

“Sebagai pemimpin industri, kami mendominasi pasar sistem chip bonding dan memungkinkan banyak pendekatan dan aplikasi ‘More-than-More’,” kata Clemens Schott dari EVG, Direktur Pemasaran di perusahaan swasta tersebut. ke Chip generasi berikutnya yang akan melanggar aturan yang dibuat oleh salah satu pendiri Intel, Gordon Moore pada tahun 1965, yang menurutnya jumlah transistor pada sebuah chip akan berlipat ganda setiap dua tahun.

READ  Quad Baru dibentuk dengan fokus pada teknologi, perdagangan, dan data besar | berita india

“[We are] berakar kuat di Austria. . . Terdapat ekosistem universitas, akademi teknik, dan lembaga pendidikan lain yang dinamis di kawasan dan lintas batas [provide specialists]kata Schott. Kualitas hidup yang baik juga berarti “kaum muda tidak perlu mencari di tempat lain jika mereka ingin bekerja di lingkungan berteknologi tinggi dan membantu membentuk masa depan elektronik.”

IMS dan EVG mencontohkan “pahlawan tersembunyi” Austria: perusahaan menengah, seringkali tanpa kemewahan atau ketenaran publik, yang merupakan pemimpin dunia dalam apa yang mereka lakukan. Austria diperkirakan memiliki 199 di antaranya – perusahaan khusus yang sukses yang menjadi tulang punggung ekonomi manufaktur dan penelitiannya.

EVG berspesialisasi dalam peralatan ikatan chip – proses yang tepat di mana lembaran wafer silikon diikat untuk membuat chip. Ini menyumbang sekitar empat per lima dari produksi global.

IMS Nanofabrication membuat multi-beam mask author: mesin yang secara efektif membuat stensil berukuran nano dari mana sirkuit wafer dicetak. Mesin IMS dapat menggambar stensil ini dengan kecepatan tinggi dan tingkat detail. Begitulah pentingnya produk IMS yang dibeli Intel pada tahun 2016, setelah bertahun-tahun bekerja sama dengan erat (IMS Nanofabrication dan Intel tidak berkomentar untuk artikel ini).

Di Eropa, perlombaan untuk memperkuat dan membangun pengalaman ini. Undang-Undang Keripik UE, yang diperkenalkan oleh Komisi pada bulan Februari, bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar produksi semikonduktor global Eropa dari 10 menjadi 20 persen. Komisi Eropa memperkirakan sekitar €43 miliar pendanaan publik direncanakan untuk mengkatalisasi revolusi semikonduktor ini selama delapan tahun ke depan.

kata Paul Timmers, rekan peneliti di Oxford Internet Institute.

“Ini akan dicapai melalui kombinasi langkah-langkah – itu tergantung pada ketersediaan pembiayaan nasional, pembiayaan Eropa, yang akan menjadi dukungan langsung bagi perusahaan tetapi juga langkah-langkah untuk membuat kondisi investasi sebaik mungkin,” tambahnya.

READ  Platform Cryptocurrency Terkemuka Celsius Menambahkan Bakat Teknologi Teratas Dengan Guillermo Bodnar Sebagai CTO

Fokusnya juga cenderung pada bidang penelitian dan produksi yang inovatif. Saat ini, kapasitas produksi semikonduktor Eropa bergerak menuju jenis chip yang lebih tua dan kurang berkembang. Jadi, jika Eropa ingin bersaing, ia harus mencuri perhatian dari pesaing global di bidang miniaturisasi chip mutakhir. Ini berarti berfokus pada teknologi yang membantu memajukan sirkuit chip pada level 2nm, dibandingkan dengan chip 10-12nm yang sekarang digunakan secara luas.

Negara-negara seperti Austria menarik, kata Timmers, karena mereka telah melakukan penelitian berharga di dunia akademis tentang teknologi yang menjanjikan untuk pekerjaan semacam itu. Austria, misalnya, memiliki kredensial yang kuat dalam teknologi kuantum. Kementerian Keuangan meluncurkan paket €107 juta untuk mendukung pembangunan tahun lalu melalui program “Quantum Austria”, yang juga akan disumbangkan oleh Uni Eropa.

“Sejauh ini, Eropa kuat dalam penelitian lanjutan, tetapi kurang kuat dalam membawanya ke pasar,” kata Timmers. “Ini adalah sesuatu yang harus diubah.”