POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Investor bersinar di sektor teknologi domestik

Sektor teknologi lokal yang terdaftar telah menunjukkan pemulihan yang luar biasa selama setahun terakhir ini.

Indeks Layanan Komputer dan Perangkat Lunak JSE – yang tidak termasuk Naspers dan Prosus dan sebagian besar berada di bawah Top 40 sejak awal Desember 2018 – telah naik menjelang Top 40 pada November 2020.

DalamPergilah

Daftar untuk mendapatkan akses penuh ke semua alat data saham dan kepercayaan kami, artikel pemenang penghargaan kami, dan dukungan jurnalisme berkualitas tinggi dalam prosesnya.

Indeks Perangkat Lunak dan Layanan Komputer telah meningkat 50% menjadi 991,62 sejak awal tahun lalu. Sebaliknya, Top 40 naik lebih dari 19% menjadi 61.458,47 untuk periode yang sama.

Ini agak mengejutkan, mengingat selama beberapa tahun terakhir, sektor Perangkat Lunak dan Layanan Komputer yang terdaftar telah melalui masa-masa sulit; Beberapa kelas berat di industri dibeli dan dihapuskan – misalnya Telkom membeli BCX pada tahun 2015 – atau harus berurusan dengan masalah tata kelola seperti yang terjadi di EOH.

sedang membaca:
Gijima mengakuisisi T-Systems Afrika Selatan
Garis pertempuran telah ditarik dalam pertarungan untuk Adaptasi IT

Masa lalu yang sulit

EOH pernah diperdagangkan mendekati R170 / saham pada Oktober 2016, tetapi jatuh ke R2,75 / saham pada awal Maret 2020.

Allied Electronics Corporation (Altron) juga berada dalam masalah besar. Pendapatan turun 8% menjadi 10,5 miliar rand dan mengalami kerugian pasca pajak sebesar 447 juta rand dalam hasil tengah tahunan hingga akhir Agustus 2015.

Sementara itu, kinerja EOH yang merilis hasil akhir pekan ini dipengaruhi oleh dugaan beberapa kecurangan di bawah manajemen tim manajemen sebelumnya. Besar kecilnya permasalahan di EOH dapat dilihat pada peningkatan kerugian dari 1,98 miliar rand menjadi 4,87 miliar rand pada akhir Juli 2019 secara year on year.

READ  Pimpinan Teknologi Menjelaskan Masa Depan San Antonio di Industri Sebagai "Cerah"

fajar baru

Untuk sementara waktu, sepertinya hari-hari terbaik sektor ini telah berlalu, terutama setelah data dimensionalnya dihapus, ketika dibeli oleh NTT Jepang seharga 24,4 miliar rand pada tahun 2020.

Tapi banyak hal telah berubah.

Di bawah kepemimpinan baru, EOH dan Altron mulai mengubah arah. EOH, di bawah arahan CEO Stephen Van Collier, masih memperkirakan akan mengalami kerugian selama setengah tahun hingga akhir Januari, tetapi kerugian utama per saham sekarang diperkirakan antara 96 ​​° C dan 118 ° C, bukan 687 ° C untuk periode yang sesuai.

Di bawah CEO Mteto Nyati, yang bergabung pada 2017, Altron juga sedang dalam proses pemulihan. Pendapatan meningkat 6% menjadi 16,7 miliar rand sementara laba bersih meningkat 4% menjadi 672 juta rand untuk tahun yang berakhir Februari 2020.

Meskipun sektor ini, seperti bagian pasar lainnya, terpukul sebagai akibat dari krisis Covid, sektor ini mulai melacak reli karena investor kembali ke pasar, kata Ernst Kaplan, direktur pengelola analis ekuitas di Kaplan.

“Cara investor bekerja adalah mereka pergi ke perusahaan yang lebih besar dan lebih likuid pada saat stres. Tetapi ketika valuasi mereka berubah, mereka pergi ke perusahaan yang lebih kecil,” kata Kaplan.

Karena banyak perusahaan teknologi yang terdaftar adalah perusahaan kecil, investor melihat mereka.

Kenaikan cepat

Kaplan menunjukkan bagaimana EOH diperdagangkan sekitar R3 / saham setahun yang lalu tetapi sekarang diperdagangkan lebih dari R8 / saham. Adaptasi IT, target dua tawaran pengambilalihan, yang diperdagangkan pada R1.20 / saham di bulan Oktober, lebih dari dua kali lipat menjadi R6.40 / saham.

“Jika Anda membeli topi-topi kecil ini pada bulan April tahun lalu, uang Anda bisa berlipat ganda.”

Pemisahan Bytes Technology Group Plc dari Alton pada Desember 2020 juga memperkuat sektor ini, memberi investor lokal akses langsung ke perusahaan yang menghasilkan sebagian besar pendapatannya di Inggris.

READ  Keuntungan perusahaan teknologi membantu mendorong S&P 500 ke rekor tertinggi

Dengar: Manajer Aset Cannon Adrian Saville di Altron Cycle and Unpacking Bytes (Desember 2020)

Covid Post

Tren bekerja dari rumah juga membantu di sektor ini. Ketika perusahaan menaruh perhatian besar pada pengamanan jaringan TI mereka dan modernisasi infrastruktur, krisis Covid telah memprioritaskan pengeluaran teknologi.

Artinya, anggaran TI yang dulu menjadi perdebatan kini diprioritaskan dan ditingkatkan.

Ini tidak berarti bahwa perusahaan teknologi yang terdaftar secara lokal akan mendapatkan keuntungan dari tren ini, karena mereka bersaing dengan raksasa global yang dapat dengan mudah mendorong mereka keluar dari pasar lokal dalam hal solusi berbasis cloud dan konferensi video.

Kami melihat perusahaan menggunakan solusi cloud “terbaik di kelasnya” daripada mengikuti apa yang ditawarkan perusahaan lokal, kata Kaplan, tetapi masih ada ruang untuk bisnis lokal.

Dia mengatakan ada area yang cocok untuk perusahaan Afrika Selatan, seperti Capital Appreciation, yang memiliki anak perusahaan yang berspesialisasi dalam migrasi database cloud.

Meskipun sektor teknologi dalam negeri telah berkinerja baik, Kaplan masih yakin ada lebih banyak kenaikan dalam hal peringkatnya – hanya saja tidak pada skala reli yang terlihat selama setahun terakhir.

“Sebagian besar perusahaan ini sama sekali tidak dinilai terlalu tinggi.”