POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Investasi di negara-negara NSP naik 92,1% pada kuartal pertama

Investasi di negara-negara NSP naik 92,1% pada kuartal pertama

Investasi Taiwan di negara-negara yang termasuk dalam kebijakan baru pemerintah menuju Selatan meningkat lebih dari 90 persen pada kuartal pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kata Kantor Perundingan Perdagangan Eksekutif Yuan pada hari Sabtu.

Meskipun Taiwan telah mengintensifkan upayanya untuk meningkatkan hubungan ekonomi dengan negara-negara yang termasuk dalam kebijakan tersebut, investasi yang dilakukan oleh investor Taiwan pada 80 proyek di 18 negara berjumlah sekitar 2,72 miliar dolar AS pada periode Januari hingga Maret, meningkat sebesar 92,1 persen dibandingkan periode Januari hingga Maret. Data dari kantor menunjukkan setahun yang lalu.

Singapura, Vietnam dan Thailand menerima investasi terbanyak dari Taiwan selama periode tiga bulan, kata kantor tersebut.

Pemerintahan mantan Presiden Tsai Ing-wen (蔡英文) meluncurkan NSP pada tahun 2016, menargetkan 18 negara di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Australia untuk mengurangi ketergantungan ekonomi pada Tiongkok.

Ke-18 negara tersebut merupakan 10 anggota ASEAN – Thailand, Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Brunei, Vietnam, Myanmar, Kamboja, dan Laos – India, Pakistan, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Bhutan, Australia, dan Selandia Baru.

Selain investasi, perdagangan bilateral dengan 18 negara pada kuartal pertama mencapai 42 miliar dolar AS, meningkat 11,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya, kata kantor tersebut.

Ekspor ke 18 negara tersebut meningkat sebesar 28,6 persen menjadi 26,1 miliar dolar AS, dengan impor dari negara-negara tersebut turun sebesar 7,7 persen menjadi 15,9 miliar dolar AS, kata kantor tersebut, seraya menambahkan bahwa Taiwan mencatat surplus perdagangan sebesar 10,2 miliar dolar AS.

Kantor tersebut menyebutkan perdagangan bilateral produk pertanian dengan negara-negara NSP mencapai US$1,5 miliar, naik 2,7 persen dari tahun sebelumnya, sedangkan ekspor pertanian meningkat 11,7 persen dari tahun sebelumnya hingga mencapai US$330 juta.

READ  Video orang-orang yang diseret ke karantina terkontrol di China

Investor Taiwan memenangkan tawaran untuk proyek teknik yang diluncurkan pada kuartal pertama di negara-negara NSP, dengan nilai total NT$15 juta (US$465.116).

Kantor tersebut mengatakan bahwa 15 peneliti, dari 18 negara atau pernah belajar di sana, datang ke Taiwan pada kuartal pertama untuk melakukan penelitian.

Selain itu, 33,907 siswa dari negara-negara NCP tiba di Taiwan untuk melanjutkan studi mereka, kata laporan itu.

Dia menambahkan bahwa Eksekutif Yuan menyetujui rencana pemberian dukungan kepada sekolah lokal di luar negeri untuk merekrut 129 guru.

Komentar akan dimoderasi. Jaga agar komentar tetap relevan dengan artikel. Masukan yang berisi bahasa yang menyinggung dan tidak senonoh, serangan pribadi dalam bentuk apa pun, atau promosi akan dihapus dan pengguna akan diblokir. Keputusan akhir akan berada pada kebijaksanaan Taipei Times.