POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Inggris mendukung pembuat chip pragmatis untuk meningkatkan manufaktur teknologi lokal

Inggris mendukung pembuat chip pragmatis untuk meningkatkan manufaktur teknologi lokal

Buka Intisari Editor secara gratis

Pragmatic Semiconductor, produsen sirkuit fleksibel yang berbasis di Cambridge, telah mendapatkan pendanaan ventura terbesar untuk perusahaan chip Eropa dan akan memperluas fasilitas produksinya di timur laut Inggris.

Pendanaan sebesar £182 juta menempatkan Pragmatic di jalur yang tepat untuk menjadi produsen semikonduktor terbesar di Inggris berdasarkan volume, menyalip Newport Weaver Fab di Wales.

Pragmatic mengembangkan dan memproduksi sirkuit terpadu yang fleksibel, yang menggunakan substrat yang terbuat dari polimer, bukan silikon, untuk membuat chip untuk pengemasan cerdas dan digital yang dapat digunakan untuk melacak dan menelusuri barang melalui rantai pasokan.

“Ini adalah peluang menarik bagi industri semikonduktor Inggris untuk berperan dalam mendiversifikasi rantai pasokan,” kata David Moore, mantan eksekutif Intel dan Micron yang mengambil alih kepemimpinan Pragmatic tahun ini.

CEO tersebut menambahkan: “Ini adalah bukti kemampuan kami untuk menjadi perusahaan Inggris dengan talenta Inggris dengan investor Inggris, membangun manufaktur semikonduktor di timur laut Inggris dan sebagai hasilnya menciptakan ratusan pekerjaan dengan gaji yang baik.” .

Kesepakatan saham tersebut menilai Pragmatic yang berusia 13 tahun sekitar £500 juta, termasuk modal baru yang dikumpulkan. Perusahaan telah menerima dana awal sebesar £162 juta, dengan tambahan £20 juta, sebagian besar berasal dari investor Inggris.

Putaran ini dipimpin oleh fund manager M&G Investments dan UK Infrastructure Bank, bank pembangunan milik negara. Peserta lainnya termasuk Northern Greatstone Bank, dana investasi yang didirikan oleh tiga universitas di utara Inggris; investor teknologi baru Latitude; British Patient Capital, bagian dari British Business Bank milik pemerintah; dan Prosperity7 Ventures, bagian dari grup energi Saudi Aramco.

READ  Menteri Persatuan Dr. Jitendra Singh mengatakan startup pertanian sangat penting bagi ekonomi masa depan India

Produksi di fasilitas manufaktur wafer 300 mm pertama Pragmatic di Durham dijadwalkan akan dimulai sebelum akhir tahun 2023, dan investasi terbaru akan mendanai peluncuran dua lini baru. Perusahaan berharap dapat membangun delapan lini produksi di Inggris selama lima tahun ke depan, yang masing-masing mampu memproduksi miliaran chip setiap tahunnya dengan kapasitas penuh.

Proses sirkuit terpadu yang fleksibel © Pragmatisme

Kekurangan komponen elektronik penting selama pandemi COVID-19 dan meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok terkait chip telah menyoroti perlunya lebih mendiversifikasi rantai pasokan di banyak negara.

Meskipun AS dan UE telah meluncurkan kebijakan yang menjanjikan puluhan miliar dolar kepada pembuat chip yang membangun fasilitas produksi di negara-negara Barat, pemerintah Inggris telah mengambil pendekatan yang lebih sempit dengan strategi semikonduktor senilai £1 miliar, yang diumumkan pada bulan Mei.

Pejabat Inggris dan penasihat industri mereka mengakui bahwa manufaktur chip mutakhir dalam skala besar seperti yang diproduksi oleh Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan atau Samsung Electronics, yang sebagian besar dibuat dari fasilitas di Asia saat ini, kemungkinan besar tidak akan tergoda untuk pindah ke Inggris. . Sebaliknya, pemerintah berupaya untuk fokus pada desain chip dibandingkan manufaktur.

Produsen chip terbesar di Inggris saat ini, Newport Wafer, dijual ke perusahaan chip AS Vishay bulan lalu seharga $177 juta setelah pemerintah Inggris memaksa Nexperia, grup teknologi milik Tiongkok, untuk mendivestasi fasilitas tersebut berdasarkan Undang-Undang Keamanan dan Investasi Nasional.

M&G menginvestasikan £40 juta di Pragmatic sebagai bagian dari strategi Catalyst, unit dana lindung nilai senilai £129 miliar yang “dipimpin oleh tujuan” dengan dividen yang menginvestasikan £5 miliar di berbagai bidang seperti iklim, kesehatan, dan teknologi mendalam.

READ  Investor Mengakuisisi San Jose Tech Center dalam Kesepakatan Setengah Miliar Dolar

Niranjan Sirdeshpande, kepala investasi global di Catalyst, mengatakan: “Inggris diberkati dengan beragam perusahaan teknologi yang giat dan inovatif, namun sejumlah besar modal sabar diperlukan untuk membantu perusahaan seperti Pragmatic memperluas dan mengasah operasi mereka.” “Memanfaatkan modal jangka panjang dengan cara ini tidak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi, namun juga dapat memberikan manfaat bagi dana pensiun masyarakat saat kita bertransisi menuju perekonomian yang lebih berkelanjutan.”

Pelanggan pertama Pragmatic berada di industri pengemasan, namun Moore berharap pragmatic dapat memperluas ke perangkat pelacakan dan sensor untuk wadah makanan, perangkat pemantauan kesehatan, obat-obatan dan aplikasi keamanan. Dia mengatakan teknologi ini menawarkan “biaya yang lebih rendah dan dampak lingkungan yang lebih rendah” dibandingkan chip berbasis silikon.