POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mengirimkan bantuan kepada korban tanah longsor di Papua Nugini

Indonesia mengirimkan bantuan kepada korban tanah longsor di Papua Nugini

JAKARTA (ANTARA) – Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan senilai 17 miliar rupiah (sekitar 1,03 juta dolar AS) pada Rabu kepada korban tanah longsor yang melanda Provinsi Inga di Papua Nugini pada 28 Mei.

Personil Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta terlihat memuat setidaknya tiga kontainer perbekalan ke dalam pesawat Garuda Indonesia Airbus A330.

Paket bantuan kemanusiaan tersebut mencakup barang-barang penting seperti peralatan medis, generator portabel, sel surya, peralatan memasak, selimut, dan kantong tidur.

“Sudah sebulan lebih bencana terjadi, sehingga jenis bantuan yang kami kirimkan disesuaikan,” kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendi, pada 1 Juli lalu.

Tanah longsor yang dahsyat tersebut menewaskan sekitar 670 orang dan membuat lebih dari 1.250 orang mengungsi. Upaya penanggulangan bencana kini terfokus pada rehabilitasi.

Afandi menyampaikan harapannya agar bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia dapat turut meringankan penderitaan dan beban para korban dan keluarganya.

Berita Terkait: Pemerintah mengirimkan bantuan Rs17 miliar untuk korban tanah longsor di Papua Nugini
Berita Terkait: Menteri Marsudi memuji Papua Nugini karena menjaga hubungan bilateral yang kuat

READ  Bagaimana Inisiatif Sabuk dan Jalan Tiongkok berubah setelah satu dekade penuh dengan proyek-proyek besar dan utang yang besar?