POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia mengatakan tidak ada masalah bilateral dengan Sri Lanka

(MENAFN– Lembaran Kolombo) Kementerian Luar Negeri Sri Lanka hari ini mengatakan bahwa Indonesia telah mengatakan bahwa tidak ada masalah bilateral dengan Sri Lanka.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Listari Briansari Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Sri Lanka, Profesor J. El Peres di Misi Indonesia di New York.

Menlu RI menegaskan bahwa tidak ada masalah bilateral antara kedua negara, oleh karena itu prioritas para menteri luar negeri adalah memperkuat hubungan bilateral dengan fokus khusus pada kerja sama ekonomi. Dia mengatakan Perjanjian Perdagangan Preferensial yang sedang dibahas perlu diselesaikan untuk meningkatkan perdagangan bilateral.

Menteri J El Perez mencatat bahwa hubungan kedua negara sebagai anggota Gerakan Non-Blok sangat penting.

Ia mengatakan bahwa GAM menjadi penting bahkan hingga saat ini karena filosofi GN bukanlah menyepakati setiap persoalan tetapi menilai setiap persoalan berdasarkan kemampuannya sendiri.

“Maka kita perlu menyuntikkan lebih banyak energi ke dalam gerakan ini,” katanya.

Menteri Peiris juga mencatat bahwa Indonesia dan Sri Lanka memiliki minat yang besar dalam keamanan Samudra Hindia. Oleh karena itu, kata dia, sangat penting untuk lebih memberdayakan Indian Ocean Rim Association dan ASEAN Regional Forum.

Menteri Peres juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama pertahanan, berbagi intelijen, dan konsultasi di tingkat staf terkait pemberantasan terorisme dan bentuk-bentuk kejahatan maritim lainnya.

Menteri lebih lanjut menekankan bahwa Sri Lanka ingin memiliki interaksi yang lebih besar dengan ASEAN karena ada hubungan perdagangan yang aktif dengan beberapa anggota ASEAN dan potensi sinergi yang nyata.

Dalam hal ini, Sri Lanka berupaya menjadi mitra dialog sektoral dan menjembatani South Asian Association for Regional Cooperation dengan Association of Southeast Asian Nations.

READ  Paul Pogba menuduh Antonio Rudiger menggigit saat Prancis menang atas Jerman

Menhub mengucapkan selamat kepada Pemerintah Indonesia atas keberhasilan luar biasa dalam memerangi pandemi COVID-19. Pandemi ini telah menyatukan kekuatan manusia dan memungkinkan kita untuk berdiri dalam solidaritas. Menteri juga menunjukkan kemungkinan untuk meningkatkan pariwisata antara kedua negara.

Kedua Menteri sepakat perlunya revitalisasi GNB dan IORA untuk memastikan hasil yang efektif. Menlu juga sepakat untuk mengunjungi kedua negara pada waktu yang tepat bagi kedua belah pihak. (Lembaran Kolombo)

Penayangan setelah: 122


Penafian Hukum: MENAFN memberikan informasi “sebagaimana adanya” tanpa jaminan apapun. Kami tidak bertanggung jawab atau berkewajiban atas keakuratan informasi dalam artikel ini, konten, gambar, video, lisensi, atau kelengkapan, legalitas, atau keandalan informasi dalam artikel ini. Jika Anda memiliki keluhan atau masalah hak cipta terkait artikel ini, silakan hubungi penyedia di atas.