POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia, Jepang bahas pembangunan ekonomi regional | Globalisme

Indonesia, Jepang bahas pembangunan ekonomi regional Hinh Anh 1Menteri Perdagangan Indonesia, Muhammad Lutfi (kanan) berjabat tangan dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Hagiuda Koichi usai pertemuan di Thailand (Foto: Kementerian Perdagangan Indonesia)

Jakarta (VNA) – Dalam pertemuannya baru-baru ini dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang Hagiuda Koichi, Menteri Perdagangan Indonesia Muhammed Lutfi menyampaikan apresiasi Indonesia atas kesediaan Jepang untuk membahas “Inisiatif Investasi Asia-Jepang untuk Masa Depan”.

Lutfi mengatakan Indonesia menyambut baik diskusi untuk mempersiapkan inisiatif ini untuk kepentingan daerah.

Ia mengungkapkan, setidaknya ada tiga hal yang menjadi perhatian Indonesia terkait inisiatif ini. Hal-hal tersebut terkait dengan hasil yang diharapkan, mekanisme pembiayaan dan waktu pelaksanaan yang direncanakan.

Mendagri juga menyampaikan apresiasinya atas dukungan Jepang untuk tahun ini G20 Presidensi, dengan harapan dukungan tersebut akan membantu negara-negara anggota G20 mencapai capaian yang bermanfaat dan agenda prioritas.

Indonesia akan menyelesaikan ratifikasi RCEPyang diharapkan akan selesai pada paruh pertama tahun 2022.

Terkait Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA), Luthfi memuji upaya delegasi Indonesia dan Jepang untuk membahas isu-isu yang belum disepakati.

Pada kuartal pertama tahun 2022, total perdagangan antara
Indonesia Dan Jepang Jumlahnya mencapai 9,98 miliar dolar AS. Nilai ini tumbuh 36,43% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, yaitu sebesar 7,25 miliar USD/.

VNA

READ  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan protokol sosial baru untuk menghidupkan kembali kegiatan event di Medan