POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

The Jakarta Post Image

Qatar investasikan lebih dari $500 juta di “Sepuluh Palais Baru” Indonesia

Meja Berita (Jakarta Post)

Jakarta ●
Rabu 25 Mei 2022

2022-05-25
14:17

53ea05b5fe2e13733519dbf4e314264d
1
ekonomi
Indonesia, Qatar, Pariwisata, 10-Bali Baru, Erlanga-Hartarto
Gratis

Indonesia dan Qatar telah berkomitmen untuk memperkuat hubungan ekonomi antara kedua negara, dengan yang terakhir setuju untuk menginvestasikan lebih dari $500 juta dalam proyek pariwisata “10 Palais Baru” di Indonesia.

Perdagangan antara Indonesia dan Qatar telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir hingga mencapai $687 juta pada tahun 2020.

Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartarto bertemu dengan Menteri Keuangan Qatar Ali bin Ahmed al-Kuwari tentang kesepakatan pada hari Selasa di sela-sela Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss.

Kedua menteri dilaporkan memiliki diskusi yang positif dan bermanfaat tentang hubungan antara negara mereka dan komitmen mereka untuk memperkuat hubungan ekonomi. Mereka juga membahas dukungan berkelanjutan Qatar dalam membuka potensi ekonomi Indonesia, termasuk inisiatif Otoritas Investasi Qatar untuk menginvestasikan lebih dari $500 juta dalam proyek pariwisata nasional “10 Palais Baru”.

Proyek pengembangan prioritas tersebut merupakan bagian dari kampanye investasi pariwisata yang telah digalakkan pemerintah Indonesia sejak 2018 dengan tujuan untuk mengembangkan 10 pusat pariwisata baru bereputasi global, seperti Bali. Investasi Qatar dalam proyek ini diharapkan dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan pembangunan ekonomi jangka panjang Indonesia dan memiliki dampak transformatif bagi masyarakat lokal.

Baca juga: Bagi Banyak Orang, Istilah “mudik” Tidak Seperti Dulu

Airlangga mengatakan, meskipun negara ini sangat terpukul oleh COVID-19, tetapi telah pulih dari keterpurukan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi dengan mencatat pertumbuhan 5,1 persen pada kuartal pertama tahun ini. Dia juga mencatat bahwa jumlah ini lebih tinggi dari anggota G-20 lainnya, termasuk Jerman dan China.

READ  12 inovator bekerja untuk meningkatkan kehidupan pekerja sektor informal di Indonesia

“Kami telah memprioritaskan karyawan kami, berinvestasi di dalamnya dan kami [have] kepercayaan diri mereka. Kami merasa jika masyarakat Indonesia dapat mempercayai pemerintah mereka untuk melayani kepentingan terbaik mereka, ini adalah investasi paling berharga yang pernah ada,” katanya.

Baca juga: Hotel Mewah di Jakarta, Bali Pulih dari Wabah

Kedua menteri sangat positif tentang proyek “10 Istana Baru”, serta potensi investasi dalam proyek pembangunan lainnya di tahun-tahun mendatang karena kedua negara berusaha untuk memperdalam hubungan investasi.

Mereka juga sempat menyinggung pendalaman ikatan budaya antara kedua negara, termasuk penunjukan Indonesia sebagai negara mitra utama untuk Qatar 2023 Year of Culture.