POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia ingin memperkuat hubungan ekonomi dan investasi dengan UEA

Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, dengan Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Kamis.  Widodo telah tiba di Abu Dhabi sebagai bagian dari kunjungan tiga hari ke Uni Emirat Arab dan berencana untuk mengunjungi Paviliun Indonesia dan Paviliun UEA di Expo 2020 Dubai.  - um

Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri UEA dan Penguasa Dubai, dengan Presiden Indonesia Joko Widodo pada hari Kamis. Widodo telah tiba di Abu Dhabi sebagai bagian dari kunjungan tiga hari ke Uni Emirat Arab dan berencana untuk mengunjungi Paviliun Indonesia dan Paviliun UEA di Expo 2020 Dubai. – Kamu adalah

Perdagangan bilateral mengalami peningkatan 27,78 persen menjadi $215 juta selama tujuh bulan pertama tahun 2021.



Menurut laporan staf

Diposting: Jumat, 5 November 2021, 18:47

Pembaruan terbaru: Jumat, 5 November 2021, 18:50

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia ingin memperkuat hubungan ekonomi dan investasi dengan Uni Emirat Arab dan tetap menjadi salah satu “prioritas” pemerintah Indonesia.

Indonesia termasuk di antara sepuluh negara di mana UEA ingin meningkatkan ekspor tahunannya menjadi 10 persen, seperti yang diumumkan dalam inisiatif negara “Fifty Projects”. Kedua negara memulai negosiasi pada bulan September tentang Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA).

“Saya berharap jika kita dapat menyimpulkan CEPA, volume perdagangan akan meningkat dua hingga tiga kali lipat,” kata presiden, mencatat bahwa perdagangan bilateral mengalami peningkatan 27,78 persen menjadi $ 215 juta selama tujuh bulan pertama tahun 2021, dari $ 168 juta selama periode yang sama pada tahun 2020.

Hubungan ekonomi dan investasi bilateral memiliki potensi besar. Kedua negara memiliki visi yang sama ke depan. Kedekatan antara dua orang itu baik dan kami memiliki karakteristik yang sama. Kami terbuka dan beragam, dan inilah pentingnya hubungan kedua negara.

Hub antara ASEAN dan Timur Tengah

READ  Angkatan Laut China membantu Indonesia menyelamatkan kapal selam yang tenggelam

Widodo mengatakan Indonesia menganggap UEA sebagai hub di Timur Tengah untuk perdagangannya dengan kawasan tersebut.

Kerjasama antara Indonesia dan Uni Emirat Arab juga dapat membantu meningkatkan hubungan ASEAN [association of 10 Southeast Asian nations] dan Timur Tengah. Kami juga menjajaki kolaborasi di sektor-sektor seperti perawatan kesehatan, teknologi, dan energi terbarukan. Presiden menekankan bahwa sektor-sektor ini penting untuk masa depan.

Widodo percaya bahwa paviliun Indonesia di Expo 2020 Dubai akan membantu berbagi pengetahuan, pengalaman, dan peluang investasi di tiga area tersebut dengan UEA dan seluruh dunia. “Kami ingin menonjolkan potensi Indonesia di semua bidang, terutama dalam perdagangan dan pariwisata. Kami berharap Expo akan membantu menarik lebih banyak wisatawan ke Indonesia dan meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi kami dengan UEA dan bagian dunia lainnya.”

Investasi UEA di Indonesia senilai $10 miliar

UEA telah mengumumkan pada Maret 2021 bahwa mereka akan menginvestasikan $10 miliar dalam dana kekayaan negara Indonesia – Indonesia Investment Authority (IIA).

Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Uni Emirat Arab telah mengumumkan investasi sebesar $10 miliar. Saya kira ini investasi awal, karena potensinya lebih besar [for investments] Di masa depan. Kami memiliki banyak peluang dalam mengembangkan energi terbarukan, serta membangun ibu kota Indonesia yang baru. Presiden menekankan bahwa kemajuan Indonesia akan fokus pada pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia, dengan mengatakan bahwa ini adalah fokusnya selama periode pertama dan kedua masa kepresidenannya.

Kerjasama perubahan iklim

Saya menghormati komitmen Uni Emirat Arab untuk mengatasi perubahan iklim dan langkah-langkah yang diambil ke arah itu. Saya mendukung tawaran Anda untuk menjadi tuan rumah COP 28 [the 28th session of the Conference of the Parties to the United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) in Abu Dhabi in 2023]kata kepala.

READ  Temasek menerima penghargaan dari Indonesia atas upayanya dalam mempererat hubungan antara Singapura dan Indonesia

Dia berkata, “Saya juga menghargai dan menyambut ‘Inisiatif Strategis Bersih UEA pada tahun 2050, kampanye nasional untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2050’,” mengacu pada pengumuman UEA pada 7 Oktober, menjadikan UEA negara pertama di Timur. Afrika Timur dan Utara (MENA) untuk membuat komitmen seperti itu.

Widodo mengungkapkan bahwa Indonesia juga akan mengambil tindakan nyata untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060 atau lebih awal.

“Kami ingin fokus merehabilitasi hutan mangrove. Kami juga ingin mengurangi kejadian kebakaran hutan di Indonesia.”

Indonesia berkomitmen untuk kerjasama internasional pada isu-isu global seperti perubahan iklim, terutama dengan Uni Emirat Arab. “Kami akan terus berperan aktif di kancah internasional.”

Dubes RI memuji hubungan yang berkembang dengan UEA

Perdagangan bilateral antara UEA dan Indonesia meningkat 27,78 persen menjadi $215 juta selama tujuh bulan pertama tahun 2021, dari $168 juta pada periode yang sama tahun 2021, menurut Hussain Bagis, duta besar Indonesia untuk UEA.

Duta Besar Bagis mengatakan: “Indonesia adalah salah satu dari delapan negara yang ingin UEA memperluas hubungan ekonomi dan perdagangannya, sebagai bagian dari proyek UEA dalam Inisiatif Lima Puluh, dan kedua negara memulai negosiasi pada bulan September tentang perjanjian kemitraan ekonomi komprehensif (CEPA). .”

Dia mencatat bahwa perjanjian CEPA diharapkan akan selesai pada kuartal pertama tahun 2022, kata Bagis, menambahkan bahwa itu akan membuka jalan bagi lompatan dalam perdagangan bilateral.

UEA mengumumkan pada Maret 2021 bahwa mereka akan menginvestasikan $10 miliar dalam dana kekayaan negara Indonesia – Indonesia Investment Authority (IIA).

Duta Besar mengatakan bahwa Institut Auditor Internal sedang mempersiapkan rencana untuk menerima investasi UEA, sesuai dengan proyek yang akan dilaksanakan.

READ  Negara-negara berkembang mengkritik dorongan bersih Cop26 sebagai 'anti-ekuitas'

“Kami berencana menanam 10.000 bibit mangrove di Indonesia tahun ini,” kata Dubes.

“Saat ini, sekitar 11.000 wisatawan dari UEA mengunjungi Indonesia setiap tahun, tetapi kami ingin meningkatkan jumlah ini menjadi 100.000 pada tahun depan,” tambahnya.

“Saat ini, kurang dari 50 mahasiswa Indonesia belajar di UEA. Kami ingin meningkatkan jumlah itu menjadi 500 pada tahun depan.” – Kamu adalah