POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia dan China bertemu untuk membahas membangun hubungan bilateral

Indonesia dan China bertemu untuk membahas membangun hubungan bilateral

Presiden Indonesia Joko Widodo hari ini memulai kunjungan tiga hari ke Asia Timur Laut di China. Setelah China, Widodo akan melakukan perjalanan

Hubungan bilateral antara Indonesia dan China tumbuh seiring China mencari lebih banyak pengaruh di Asia Tenggara – Foto: Istana Kepresidenan Indonesia / Rosman

Presiden Indonesia Joko Widodo hari ini memulai kunjungan tiga hari ke Asia Timur Laut di China.

Setelah China, Jokowi akan melakukan perjalanan ke Tokyo dan Seoul pada 28 Juli. Kunjungan itu termasuk pertemuan pribadi dengan Presiden Xi Jinping, yang jarang menjamu para pemimpin asing sejak merebaknya virus corona pada 2019.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi Tur terakhir di Asia Tenggara sebelum perjalanan ini. China terus memperdalam hubungan keamanan dan ekonomi di kawasan dengan berfokus pada hubungan bilateral, dan sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan G20 kepala Tahun ini, Indonesia memainkan peran penting dalam strategi itu.

Diskusi kemungkinan akan berpusat di sekitar pembangunan infrastruktur dan perdagangan karena Indonesia masih berada di bawah tekanan dari harga komoditas yang tinggi dan inflasi domestik. Ketika China terus memperluas pengaruhnya di Asia Tenggara, jalur kereta api yang didukung China yang menghubungkan Jakarta ke Bandung saat ini sedang menghadapi Masalah profitabilitas jangka panjang. Dengan Indonesia membangun ibu kota barunya – Nusantara – dan meningkatkan proyek energi terbarukan, China kemungkinan akan menggunakan kesempatan ini untuk membangun lebih banyak perjanjian perdagangan dan infrastruktur bilateral, yang memperdalam pengaruh China di negara dan kawasan.

READ  Berita India | Punjab MP mendesak Seetharaman untuk menyelamatkan industri pabrik pemintalan