POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Minyak sawit Trifecta – koran

Minyak sawit Trifecta – koran

Kelestarian lingkungan bukanlah bagian aktif dari narasi pasar negara berkembang. Di negara-negara berkembang di mana kekejaman hak asasi manusia telah dihapus di bawah karpet, kepedulian terhadap lingkungan tidak diutamakan.

Sedangkan di Pakistan, semua pohon dianggap pohon yang baik, perkebunan kelapa sawit dituding melakukan penggundulan hutan yang membahayakan habitat tumbuhan, hewan dan satwa. Tuduhan polusi juga telah diterapkan sejak minyak sawit diesel mengeluarkan emisi hingga tiga kali lebih banyak daripada bahan bakar berbasis minyak bumi konvensional.

Uni Eropa adalah importir utama minyak sawit dan, sebagai blok negara maju, sangat peduli dengan keberlanjutan. Karena berusaha untuk menyediakan bahan bakar secara berkelanjutan, produk sampingan minyak sawit tidak dapat diterima, sebuah isu yang sedang dibahas di Organisasi Perdagangan Dunia.

Meskipun Indonesia adalah pengekspor minyak sawit terbesar, kekuatan di baliknya adalah investor swasta Malaysia dan Singapura yang memiliki hubungan dengan pihak berwenang Indonesia. Menurut salah satu perkiraan, investor Malaysia dan Singapura menguasai dua pertiga produksi minyak mentah Indonesia.

Sementara pohon kelapa sawit ditanam di Malaysia dan Indonesia, lembaga keuangan Singapura adalah salah satu pemberi pinjaman dan investor terbesar untuk industri kelapa sawit. Singapura juga merupakan rumah bagi beberapa perusahaan minyak sawit termasuk beberapa yang terbesar di dunia, menjadikannya pusat penyulingan minyak secara global. Hal ini diwakili oleh impor minyak sawit Pakistan untuk tahun anggaran 22, di mana 48 persen berasal dari Indonesia, 17 persen dari Malaysia, dan 34 persen dari Singapura.

Dinamika penawaran dan permintaan yang sederhana menunjukkan bahwa jika ia mengurangi impor minyak sawit UE, harganya akan turun. Mempertimbangkan tagihan saat ini sebesar $3 miliar plus, ini adalah kabar baik bagi Pakistan, tidak peduli dari negara mana ia mengimpor.

READ  Di Istanbul, orang Turki menyalakan lilin untuk meratapi korban gempa di selatan

Diterbitkan di Dawn, The Business and Finance Weekly, 25 Juli 2022