POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Indonesia dan Brazil memprioritaskan kerja sama di bidang ekonomi digital

Indonesia dan Brazil memprioritaskan kerja sama di bidang ekonomi digital

JAKARTA – Indonesia ingin memperdalam kerja sama dengan Brazil di bidang prioritas bersama. Yang harus diupayakan adalah ekonomi digital.

Hal itu diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan (Wamandag) Jerry Sambuaga usai mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Luar Negeri Brasil Mauro Vieira di sela-sela Pertemuan Tingkat Menteri Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) di Paris . , Perancis.

“Asia Tenggara, termasuk Indonesia, mempunyai agenda untuk memajukan perkembangan ekonomi digital. Sektor ini dapat melipatgandakan nilainya menjadi US$2 triliun pada tahun 2030,” kata Giri, mengutip Antara.

Nilai ini memberikan peluang besar untuk kolaborasi dan pertumbuhan, kata Gehry. Indonesia dan Brazil dapat meningkatkan kegiatan di bidang teknologi digital dan kerja sama inovasi.

Sebagai Ketua ASEAN 2023, Indonesia juga mendapatkan kesepakatan untuk mengembangkan Perjanjian Kerangka Ekonomi Digital ASEAN (DEFA) untuk mendorong digitalisasi dan interoperabilitas.

Indonesia tidak hanya memiliki kepentingan ekonomi, namun juga berkomitmen untuk menjaga perdagangan dan investasi multilateral berbasis aturan, persaingan sehat, dan kemitraan global yang komprehensif dan fleksibel.

Jerry berpendapat, hubungan yang kuat dengan Brasil menjadi kunci dalam membangun hubungan baik antara Indonesia dan Brasil, khususnya kerja sama ekonomi.

“Indonesia menyampaikan keinginannya untuk bekerja sama mendorong arsitektur global yang melayani negara-negara berkembang dengan baik. Kami tegaskan bahwa Indonesia merupakan negara dengan perekonomian terbesar di kawasan Asia Tenggara yang dinamis dengan catatan kinerja perekonomian yang kuat meski menghadapi tantangan global. tantangan,” ujarnya.

Giri juga mengatakan, Indonesia juga menyampaikan dorongannya terhadap kepresidenan Brazil di G20 tahun ini.

Menteri Luar Negeri Mauri Vieira menyatakan dukungannya terhadap masuknya Indonesia ke dalam Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD).

READ  Bank sentral Indonesia menaikkan suku bunga lagi, bertujuan untuk 'menurunkan ekspektasi inflasi'

Versi bahasa Inggris, Cina, Jepang, Arab, dan Prancis dihasilkan secara otomatis oleh kecerdasan buatan. Jadi mungkin masih ada kesalahan terjemahan, harap selalu menganggap bahasa Indonesia sebagai bahasa utama kami. (Sistem didukung oleh DigitalSiber.id)