POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

IIHF – Finlandia mengalahkan Norwegia

IIHF – Finlandia mengalahkan Norwegia

Oliver Kapanen mempertahankan kecemerlangannya dengan mencetak dua gol, dan Arto Heri mencetak dua gol, saat Finlandia mengalahkan Norwegia 4-1 untuk meraih kemenangan kedua berturut-turut di Grup A pada hari Senin.

Kapanen, 20, memimpin turnamen dengan lima gol di Praha. Dia mencetak hat-trick dalam kemenangan 8-0 atas Inggris Raya. Pemain kelahiran Timra, pilihan putaran kedua Montreal Canadiens pada tahun 2021, hampir menyamai jumlah gol sepupunya yang berusia 27 tahun, Kasperi Kapanen (enam dalam 16 pertandingan, 2018 dan 2023).

Rekannya penyerang Hannes Pjorninen memuji Kapanen: “Dia hebat. Dia memainkan hoki yang bagus di mana pun di sini. Dia memenangkan pertandingan dan bermain bagus dan kuat dalam pertahanan, dan kemudian permainan ofensifnya sangat bagus.”

Pemain bertahan Oliwer Kaski dan penyerang Jerry Inala masing-masing memberikan sepasang assist.

Seperti yang diharapkan, Finlandia mendominasi derby Nordik, mengungguli Norwegia 42-14. Penjaga gawang Harri Satiri, yang membawa Finlandia meraih medali emas Olimpiade 2022 di Beijing, meraih kemenangan pertamanya di turnamen ini setelah menjadi starter dalam kekalahan adu penalti 1-0 dari Ceko.

Kapten Norwegia Patrick Thoresen berkata: “Kami kebobolan dua gol lebih awal, dan sulit bagi Finlandia untuk mencetak gol.” “Mereka belum mencetak banyak gol sejauh ini di turnamen ini. Jika kami ingin menang dan mendapatkan beberapa poin di sini, kami harus menjaga skor tetap rendah.”

Bintang Norwegia Mats Zuccarello duduk di tempat itu karena merasa sakit. Ia diperkirakan akan kembali berpartisipasi dalam pertandingan Selasa melawan Denmark. Penyerang Minnesota Wild berusia 36 tahun, dua kali Olimpiade di Dunia kelimanya, telah menjadi katalis ofensif di Praha dengan tiga assist dalam dua pertandingan. Zuccarello memimpin semua NHLer Norwegia dengan 636 poin dalam 835 pertandingan.

READ  Juara bertahan India tiba di Afrika Selatan untuk menghadiri Piala Dunia U-19 di tengah kondisi populasi yang terus berubah

Finlandia mengepung Norwegia sejak awal, mengepung Arntsen dari segala sudut, dan hanya masalah waktu sampai bola pertama masuk.

Menampilkan kehadirannya di depan gawang dan koordinasi tangan-matanya, Kapanen memanfaatkan permainan kekuatan kedua Finlandia pada pukul 6:49, melepaskan tembakan Kaski melewati penjaga gawang Norwegia Jonas Arntzen dari depan zona ofensif. Ini mencerminkan permainan yang digunakan duo ini untuk membuka skor melawan Inggris.

“Rasanya menyenangkan,” kata Kapanen. “Mencetak beberapa gol selalu menyenangkan. Jadi saya menikmatinya dan saya akan mencoba mencetak lebih banyak gol.”

Norwegia meningkatkan kecepatannya di pertengahan periode. Namun mereka tidak mampu memanfaatkan ketidakhadiran Jesse Puljujarvi saat ia tersandung, dan sesama remaja menjanjikan Noah Steen dan Michael Brandisj Nygaard gagal memanfaatkan kesibukan pria aneh itu.

Pada menit 17:56, Artu Heri yang terjatuh mencetak gol untuk mengubah skor menjadi 2-0 setelah tendangan mendatar Kaski terdefleksi ke tengah lapangan.

Menit terakhir babak pertama ditunda dan dimainkan segera sebelum babak kedua. Pemeliharaan es tambahan dilakukan setelah Christian Casastol dari Norwegia secara tidak sengaja jatuh ke papan. Pemain Biru berusia 27 tahun itu akan kembali, yang akan bermain untuk klub Liiga KooKoo tahun depan.

Baru 0:27 memasuki frame tengah, Herry melakukan rebound untuk kedua kalinya malam itu.

Arntzen salah memainkan bola di belakang gawangnya sendiri pada gol keempat Finlandia setelah setengah jalan. Kiper veteran itu menghalau bola masuk Ahti Oksanen dan menyaksikan tanpa daya saat bola itu memantul di depan Kapanen yang memiliki gawang terbuka lebar.

Berbicara tentang pendekatan ofensif Finlandia, Kapanen berkata: “Cukup arahkan bola ke gawang dan keluarlah dan cetak beberapa gol jelek. Itu adalah strateginya dan berhasil.”

READ  Daniel Ricciardo menggoda Max Verstappen: ``Juara Dunia Dua Kali dan bahkan tidak bisa menumbuhkan janggut! "

Fans Norwegia akhirnya mendapat alasan untuk bersorak ketika Max Krogdahl melompat dari kotak penalti setelah melakukan tendangan penalti di akhir pertandingan dan mencetak gol breakaway dengan sisa waktu 1:13 di babak pertama. Gol tersebut merupakan gol pertama yang dibolehkan Finlandia dalam waktu normal sejak dimulainya turnamen.

“Saya pikir kami menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dan kami memiliki dua periode kuat di babak kedua dan ketiga,” kata Bjorninen.

Di babak ketiga, Finlandia hanya terpaut satu umpan silang untuk mencetak gol kelimanya, tapi itu tidak menjadi masalah. Pasukan Pelatih Jukka Jalonen akan mencari kemenangan ketiga berturut-turut melawan Austria pada hari Kamis. Menurut Bjorninen, Legonat akan menikmati makan malam keluarga yang layak dan kemudian kembali fokus pada acara yang akan datang.