POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Honeywell menampilkan teknologi SURF-A untuk menghindari serangan di landasan pacu

Honeywell menampilkan teknologi SURF-A untuk menghindari serangan di landasan pacu

Ketika sebuah pesawat terbang berada di tempat yang tidak seharusnya, sering kali hal ini menimbulkan situasi yang berpotensi berbahaya, sehingga membahayakan nyawa awak kabin dan penumpang. Hal ini termasuk serangkaian serangan ketika sebuah pesawat tidak memiliki izin untuk berada di landasan karena ada pesawat lain yang sudah berada di sana, perjalanan – atau runway overruns – dan kejadian permukaan yang salah, seperti pesawat mendarat di landasan yang salah atau di landasan yang salah. landasan pacu. Taksi karena kesalahan.

Pada bulan April, Honeywell mengumumkan pengembangan Surface Alert (SURF-A), sebuah teknologi perangkat lunak yang akan membantu pilot menghindari kejadian semacam ini. Perusahaan kini sedang menguji produk tersebut menggunakan pesawat Boeing 757 yang dilengkapi peralatan khusus.

Jumat Penerbangan Outlet media lain ditawari tempat duduk dalam uji terbang. Di kursi kiri, pilot Honeywell berperan sebagai PIC sementara evaluator pilot dari maskapai pelanggan potensial menempati kursi kanan dan kursi terbang di dek penerbangan.

Idenya adalah SURF-A akan diintegrasikan dengan Enhanced Ground Proximity Warning System (EGPWS) Honeywell yang sudah ada dan Smart

Penerbangan demonstrasi

Uji terbang dioperasikan dari Bandara Internasional King County/Lapangan Boeing (KBFI) di Seattle menuju Terminal Angkatan Udara Yakima/Lapangan McAllister (KYKM). Penerbangan ke Yakima memakan waktu sekitar 20 menit dengan 757. Operator menara KYKM telah diberitahu tentang rencana tersebut dan siap.

Falcon 900, yang oleh Honeywell diklasifikasikan sebagai pesawat eksotik, juga berpartisipasi dalam pengujian tersebut. Misinya adalah untuk “mencegat” pesawat 757 di darat.

Falcon 900 diklasifikasikan sebagai pesawat eksotis selama uji terbang SURF-A. [Courtesy: Meg Godlewski]

Skenario pengujian diambil dari kejadian nyata – seperti pelanggaran landasan pacu di Bandara Internasional Austin-Bergstrom (KAUS) di Texas pada bulan Februari 2023 ketika pengatur lalu lintas udara mengizinkan pesawat kargo FedEx 767-300 mendarat di Landasan Pacu 18L yang dioperasikan oleh Southwest . Maskapai 737. Investigasi mengungkapkan bahwa ketika 737 meminta izin lepas landas, pesawat tersebut masih menekan landasan. Pengendali, yang berasumsi bahwa 737 berada di ambang landasan, mengeluarkan izin. Saat itu pesawat 767 berada kurang dari satu mil terakhir jauhnya. Awak 737 kemudian parkir di landasan selama 19 detik untuk menjalankan mesin sesuai dengan prosedur penghilangan lapisan es sebelum mulai lepas landas.

Awak 767 melihat pesawat di bawah pada waktunya untuk melakukan go-around, sebagai kompensasi untuk menghindari pesawat lewat di bawah mereka.

[Courtesy: Meg Godlewski]

Serangan lain yang mengarah pada skenario ini terjadi pada Januari 2023 di Bandara Internasional John F. Kennedy (KJFK) di New York ketika sebuah American Airlines Boeing 777 diizinkan untuk meluncur ke landasan pacu 4L melalui Bravo dan Kilo, kemudian melintasi landasan pacu 31L. Namun, ia gagal berbelok, meluncur di 4L, bukan 31L, pada saat yang sama Delta Air Lines B737 diizinkan lepas landas di Landasan Pacu 4L. Izin lepas landas 737 dicabut, dan pesawat berhenti sekitar 1.000 kaki dari pesawat lainnya.

Akhirnya, terjadi permukaan yang salah (penyelarasan pada taxiway dan bukan pada landasan pacu) dan penerbangan landasan pacu, dimana pilot berada di belakang pesawat yang terbang dalam arah yang tidak stabil dan pesawat terlalu cepat dan dikonfigurasi secara tidak tepat untuk mendarat pada sepertiga pertama perjalanan. . landasan pacu.

Tentang pesawat

Honeywell 757 dilengkapi dengan kamera di kokpit dan layar komputer di kursi observasi (sebelumnya dikenal sebagai kelas satu) untuk menunjukkan pandangan pilot. Headphone memungkinkan jurnalis di pesawat untuk mendengarkan komunikasi kokpit. Di tengah kabin pesawat 757, para insinyur Honeywell mengevaluasi data dalam penerbangan di serangkaian stasiun kerja komputer.

Pilot 757 menghubungi Yakima Tower dan meminta izin untuk melaksanakan setiap skenario. Menara ini diberi pengarahan sebelum penerbangan, dan setiap permintaan disetujui dengan kata-kata terakhir “risiko Anda sendiri” karena ini bukan manuver 757 yang normal.

Bagaimana cara kerja SURF-A?

Menurut Thea Firesen, rekan teknis senior di Honeywell yang berspesialisasi dalam faktor manusia, ada banyak hal yang bisa salah ketika Anda memadukan manusia dan mesin, terutama ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi.

SURF-A menggunakan data GPS, peralatan ADS-B, dan analitik tingkat lanjut untuk menentukan lokasi pasti bahaya lalu lintas, seperti pesawat yang melintasi landasan pacu di depan.

Di tengah kabin pesawat 757, para insinyur Honeywell mengevaluasi data dalam penerbangan di serangkaian stasiun kerja komputer. [Courtesy: Meg Godlewski]

Algoritme perangkat lunak, dikombinasikan dengan lokasi GPS, memperingatkan pilot pesawat yang dilengkapi SURF-A segera setelah throttle digerakkan. Terdapat peringatan audio dan peringatan pendengaran yang diikuti dengan tampilan teks pada tampilan penerbangan utama pilot.

Pejabat perusahaan mengatakan teknologi tersebut, setelah disetujui oleh Federal Aviation Administration, dapat dipasang di pesawat yang sudah terbang serta di pesawat produksi baru. Diketahui bahwa Honeywell 757 adalah badan pesawat berusia 42 tahun yang berhasil dengan modernisasi.

Demo dimulai

Cuaca pada hari demonstrasi penerbangan sangat cerah sehingga elang terlihat di landasan pacu KYKM saat melakukan pendekatan. Pesawat 757 disetujui untuk mendarat menggunakan keterangan ketinggian biasa. Ketika pesawat berada sekitar satu mil jauhnya, terdengar peringatan mendesak, dan suara wanita segera mengumumkan: “Lalu lintas landasan pacu! Lalu lintas landasan pacu!” Pesan yang sama muncul dalam pesan teks di layar pilot. Peringatan pertama muncul sekitar 30 detik sebelum pendaratan, dan peringatan kedua sekitar 15 detik sebelum pendaratan dan kemungkinan dampak.

Dua demonstrasi berikutnya melibatkan 757 yang berbaris untuk mendarat di taxiway, dan demonstrasi lainnya dengan 757 yang bersiap untuk lepas landas dengan Falcon melintasi landasan pacu sepanjang 7.604 kaki di depan Anda — begitu jauh hingga di bawah cahaya pagi yang datar di gedung tinggi. gurun, pesawat yang lebih kecil tidak dapat dengan mudah dilihat dari kokpit.

Dalam demonstrasi penerbangan, pilot 757 datang terlalu cepat dan tidak dikonfigurasi dengan benar, serta lupa memperlambat atau menggunakan penutup yang tepat. Ketika hal ini terjadi di dunia nyata, beberapa pilot, meskipun mereka berada di belakang pesawat, melakukan yang terbaik untuk melakukan pendaratan, sehingga menghasilkan pendekatan yang tidak stabil di mana mereka keluar dari landasan pacu – namun bukan inersia – dan keluar dari ujung landasan. dermaga. SURF-A memberikan info untuk jarak yang tersisa, memungkinkan pilot mengetahui berapa banyak ruang yang tersisa untuk bekerja.

Honeywell memperkirakan dibutuhkan waktu 12 hingga 18 bulan untuk mendapatkan sertifikasi FAA untuk SURF-A, bergabung dengan rangkaian produk keselamatan landasan pacu lainnya, yang mencakup Runway Awareness and Advisory System (RAAS) serta perangkat lunak SmartRunway dan SmartLanding yang berusia 15 tahun.

READ  Solusi baru dari HK Government Tech Lab - OpenGov Asia