POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Harta karun Nagaland yang diawetkan dipajang di Festival Burung Rangkong | Murong Ekspres

Pengunjung Pameran Arsip Pemerintah ke-21 di Festival Rangkong 2021 di Kisama. (Gambar Morong)

reporter kami
Kohim | 3 Desember

Pameran Arsip Pemerintah ke-21 dimulai sebagai bagian dari Festival Rangkong 2021, menampilkan koleksi dokumen sejarah yang dipilih dari catatan publik dan swasta di halaman Museum Perang Dunia II, Kisama.

Dibuka oleh Konsultan Nagaland untuk Seni, Budaya dan Pariwisata, H Khehovi Yeputhomi 1 Desember lalu, galeri ini dilengkapi fasilitas membaca bagi mahasiswa, sarjana dan peneliti yang tertarik.

Pengunjung yang tertarik juga dapat membeli publikasi departemen.

Arsip Negara Nagaland adalah cabang dari Direktorat Seni dan Budaya, Nagaland. Tujuan utama dari cabang ini adalah untuk mengumpulkan dan melestarikan sejarah negara dan untuk memberikan bantuan kepada para sarjana, sejarawan, administrator, mahasiswa dan individu yang ingin melihat dokumen sejarah orang Naga.

Untuk meningkatkan kesadaran akan khazanah arsip, pameran Arsip Negara diarahkan untuk menarik perhatian masyarakat akan pentingnya capaian sebagai warisan dokumenter negara, dan untuk menekankan peran lembaga kearsipan dalam menata kembali pembangunan ke depan.

Di antara banyak barang yang dipamerkan adalah; Pemindahan Markas Besar Naga dari Samuguding ke Kohima-1880, Wakil Komisaris Catatan wisata Naga Hills-1882, laporan administrasi distrik Naga Hills-1883, kliping koran, catatan wisata DC Naga Hills-1917, Hutan Konservasi Puliebadze -1927, Batas Kota Kohima-1934 -36, Kisah Perbukitan Naga- 1935, Konferensi Kohima- 1956, Konvensi Rakyat Naga Ketiga- 1959, Laporan Pemilihan Umum Pertama-1963, Surat AZ Phizo kepada Ny. Ingunn N Means-1966 dan banyak lagi.

Pameran akan dibuka mulai pukul 10:00 hingga 16:00 setiap hari hingga 10 Desember.

READ  Kemendikbud gelar seminar virtual untuk pendidikan terbuka, pendidikan jarak jauh dan e-learning - Inforial