POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Forum Ekonomi Qatar: Prabowo menegaskan Indonesia bukanlah negara proteksionis

Forum Ekonomi Qatar: Prabowo menegaskan Indonesia bukanlah negara proteksionis

ASIATODAY.ID, Doha – Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto menegaskan Indonesia bukanlah negara proteksionis ketika berbicara di hadapan investor dan perwakilan negara asing di Forum Ekonomi Qatar.

Prabowo mengatakan Indonesia berupaya melindungi kepentingan nasionalnya, termasuk mengolah sumber daya alam dan mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

“Ada kesalahan dalam penilaian kami. Kami bukan negara proteksionis,” kata Prabowo saat menjawab pertanyaan jurnalis senior Haslinda Amin dalam sebuah acara di Doha dunia akan memperjuangkan atau melindungi kepentingan nasional rakyatnya.” Qatar, Rabu 15 Mei 2024, berikut siaran langsung Bloomberg TV di YouTube di Jakarta.

Investor dan perwakilan negara asing di Forum Ekonomi Qatar. Foto: Tim Prabowo

Indonesia ingin mendapatkan manfaat penuh dari sumber daya alamnya, sehingga relokasi hilir menjadi salah satu kebijakan besar yang saat ini diterapkan, lanjut Prabowo.

“Kita tidak bisa terus-menerus melakukan impor, ini tidak adil bagi rakyat kita, dan kita tidak akan bisa menjadi negara industri maju jika kita terus mengimpor bahan mentah,” kata Prabowo.

Oleh karena itu, saat resmi menjabat sebagai presiden kedelapan Indonesia, Prabowo menegaskan akan melanjutkan kebijakan hilirisasi yang digagas Presiden Joko Widodo.

“Konversi ini akan memakan waktu beberapa tahun, tetapi ini akan menjadi mesin pertumbuhan ekonomi kita. Tahun pertama saya menjabat, di bidang pertanian, produksi pangan, distribusi pangan, dan energi. Kami ingin segera menjadi negara hijau untuk mengurangi penggunaan solar,” kata Prabowo Subianto.

Ia menjelaskan, saat ini Indonesia mengimpor minyak bumi/diesel senilai US$20 miliar setiap tahunnya. Jika Indonesia bisa beralih ke biodiesel melalui penggunaan minyak sawit, Prabowo yakin Indonesia bisa mengurangi impor sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonominya.

Prabowo optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa dengan mudah mencapai 8 persen, bahkan lebih.

“Saya sangat yakin. Saya sudah membicarakan hal ini dengan banyak ahli. Saya sudah mempelajarinya,” kata Prabowo.

READ  Bali masih mengandalkan pariwisata untuk memulihkan perekonomian

Prabowo berbicara tentang program dan visinya untuk Indonesia selama sekitar satu jam di Forum Ekonomi Qatar. Ia tiba di Qatar pada Selasa 14 Mei 2024 setelah mengunjungi Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Senin 13 Mei 2024. (ATN)

ikuti kami di berita Google Dan saluran wa