POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

FM Jepang berharap dapat mengunjungi Israel dan Palestina pada bulan Agustus

Sumber diplomatik mengatakan Sabtu bahwa Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi sedang mempertimbangkan kunjungan ke Israel dan Palestina Agustus mendatang.

Sumber mengatakan bahwa Motigi akan membahas selama kunjungan membangun hubungan dengan pemerintah Israel yang dipimpin oleh Perdana Menteri baru Naftali Bennett dan memberikan bantuan untuk rekonstruksi Gaza setelah pemboman Israel bulan lalu.

Ini akan menjadi kunjungan pertama menteri luar negeri Jepang ke kedua negara sejak pendahulu Motegi, Taro Kono, pada Desember 2017.

Sumber mengatakan Motegi akan membuat keputusan pada kunjungan setelah menilai situasi, karena Israel membom Gaza lagi bulan ini setelah gencatan senjata disepakati dengan Hamas pada akhir Mei.

Mereka mengatakan dia akan mempertimbangkan untuk mengunjungi negara-negara lain di Timur Tengah jika dia dapat menjadwalkan pertemuan setelah Olimpiade Tokyo, yang akan diadakan dari 23 Juli hingga 8 Agustus.

Selama kunjungan mendatang, Motegi berencana untuk mengadvokasi untuk mempertahankan gencatan senjata dan membangun kepercayaan antara kedua belah pihak. Ia juga berencana menyampaikan niat pemerintah Jepang untuk membantu membangun kembali infrastruktur di Gaza.

Motegi dijadwalkan mengunjungi tiga negara Baltik yaitu Estonia, Latvia dan Lithuania setelah menghadiri pertemuan para menteri luar negeri G20 di Italia pada Selasa.

Sumber tersebut menambahkan bahwa Kementerian Luar Negeri Jepang juga mengoordinasikan rencana kunjungannya ke Kuba, Guatemala, Jamaika, dan Panama pada pertengahan Juli.

READ  Dana Publik-Swasta Jepang menghadapi potensi kerugian di Myanmar - Asia Tenggara