POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Ekspor Mesir ke Arab Saudi akan meningkat pada tahun 2023 • EastFruit

Ekspor Mesir ke Arab Saudi akan meningkat pada tahun 2023 • EastFruit

Mesir telah berhasil menggandakan volume ekspor semangka ke pasar Saudi hanya dalam delapan bulan pertama tahun ini, menurut laporan East Fruit. Peningkatan pengiriman ini mencakup semangka dan semangka, yang diperkirakan akan terus meningkat hingga akhir tahun.

Dari Januari hingga Agustus 2023, Mesir mengekspor 16.500 ton melon ke Arab Saudi, dua kali lipat dari ekspor tahun lalu dan dua setengah kali lipat rata-rata lima tahun sebelumnya. Khususnya, pengiriman semangka telah melebihi total tahun lalu sebesar 80%, dan ekspor semangka saat ini meningkat 2,4 kali lipat. Selain itu, Mesir mempunyai peluang bagus untuk meningkatkan ekspor semangka secara signifikan dalam empat bulan tersisa tahun ini, karena ekspor ke Arab Saudi pada periode September-Desember biasanya mencapai seperempat atau sepertiga dari pengiriman tahunan.

Mesir adalah salah satu negara penghasil semangka terpenting di dunia. Dalam hal volume produksi di Afrika menempati urutan kedua setelah Aljazair (semangka) dan Maroko (semangka). Namun, berbeda dengan Maroko, ekspor semangka dan semangka Mesir belum menghasilkan keuntungan yang signifikan bagi perekonomian negara. Pada tahun 2022, pendapatan ekspor dari kedua kategori ini hanya berjumlah $7,3 juta, sementara Mesir mengekspor buah persik dan nektarin – yang secara tradisional tidak dikaitkan dengan Afrika Utara – senilai hampir $23 juta.

Arab Saudi bukan importir utama namun tetap menjadi pemain penting di pasar semangka dan semangka global, memberikan peluang untuk menempatkan produk di rak supermarket premium serta di toko-toko dengan persyaratan kualitas yang tidak terlalu ketat. Pada tahun 2023, negara ini kemungkinan akan mencetak rekor baru dalam impor semangka dan semangka.

Baca juga: Kebangkitan Kurma Mesir: Pencapaian Bersejarah di Pasar Maroko

Tahun lalu, Arab Saudi merupakan importir semangka terbesar kesembilan di dunia, dan menempati peringkat kedua di Timur Tengah untuk pembelian semangka setelah UEA. Untuk impor semangka, Arab Saudi menempati posisi yang lebih sederhana: peringkat ke-25 secara global dan importir terbesar ketiga di Timur Tengah setelah Uni Emirat Arab dan Qatar.

READ  Pakar dan praktisi global bersatu untuk meningkatkan kesehatan laut dengan mengatasi tantangan sistemik dalam pengelolaan laut

Arab Saudi juga merupakan produsen besar semangka dan semangka: menurut data FAO tahun 2021, produksinya mencapai 55 ribu ton semangka dan 624 ribu ton semangka. Namun, jumlah ini tidak cukup untuk memenuhi permintaan lokal, dan negara ini setiap tahunnya mengimpor hingga 40.000 ton semangka dan hingga 35.000 ton semangka.

Yordania, Yaman dan Mesir merupakan tiga pemasok semangka terbesar ke pasar Arab Saudi. Negara pengekspor lain yang kurang penting (Suriah, Oman, India, dll.) juga berlokasi dekat dengan pasar Arab Saudi. Menariknya, Arab Saudi juga mengimpor beberapa ratus ton semangka setiap tahunnya dari Amerika, yang letaknya sangat jauh dari wilayahnya.

Di sektor semangka, Yordania berhasil mempertahankan kepemimpinannya dalam ekspor ke Arab Saudi sejauh ini, namun Mesir dengan cepat mendapatkan kembali pangsa pasarnya. Sedangkan untuk semangka, dominasi Yordania masih belum tertandingi sejauh ini, karena Arab Saudi bergantung pada pasokan Yordania untuk 75-80% impornya.

buah timur


Penggunaan materi situs gratis jika terdapat hyperlink mesin pencari langsung dan terbuka ke publikasi tertentu East-Fruit.com.