POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Eksklusif Indonesia bercita-cita untuk membuka kembali pintunya untuk orang asing pada bulan November - Menteri

Eksklusif Indonesia bercita-cita untuk membuka kembali pintunya untuk orang asing pada bulan November – Menteri

  • Indonesia telah mengalami salah satu wabah COVID-19 terburuk di Asia
  • Menteri menjabarkan rencana untuk membuka kembali perbatasan untuk orang asing
  • Dia mengatakan Indonesia mengambil isyarat dari strategi yang diadopsi oleh Inggris

JAKARTA (Reuters) – Indonesia berencana untuk mulai membuka perbatasannya untuk orang asing pada November setelah 70 persen dari populasi targetnya telah menerima setidaknya satu vaksin, kata menteri kesehatan, Selasa.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters, Bodhi Gunnady Sadkin mengatakan dia mengambil isyarat dari strategi yang diadopsi oleh Inggris, yang katanya memprioritaskan peluncuran dosis pertama dan telah menyebabkan rawat inap dan kematian yang lebih rendah.

“Jadi bagi kita kita fokus pada dosis pertama. Kalau bisa vaksinasi 70% dari target 208 juta penduduk, dan kalau bisa sampai 140-150 juta, 70% dengan dosis pertama, kita bisa mulai buka secara bertahap, ” dia berkata.

Perhitungan saya adalah bahwa itu akan tercapai pada bulan November.”

Garis waktu November 2021 adalah pertama kalinya seorang menteri senior Indonesia secara terbuka berkomitmen pada jadwal tanggal untuk membuka kembali perbatasan negara.

Hanya orang asing dengan visa diplomatik atau bisnis, atau memenuhi syarat untuk pengecualian lainnya, yang diizinkan masuk ke Indonesia.

Bode mengatakan pembatasan perbatasan akan dilonggarkan lebih lanjut setelah 70% dari populasi target menerima dua dosis.

Para menteri kabinet juga telah mengindikasikan pembukaan kembali pulau resor Bali tetapi belum ada jadwal yang ditetapkan.

Indonesia telah mencatat lebih dari 4,1 juta kasus virus corona dan 139.000 kematian akibat COVID-19, tetapi tingkat positif – jumlah orang yang dites positif – telah turun. Itu 31% pada akhir Juli, tetapi 2% pada hari Selasa.

READ  Menteri mengatakan Indonesia akan melihat peningkatan kasus Covid-19 pada pertengahan Juni

Pembatasan sosial telah diberlakukan sejak awal Juli, tetapi secara bertahap dilonggarkan untuk memungkinkan mal, restoran, bioskop, dan pabrik beroperasi pada kapasitas terbatas dan bersyarat.

Ekonomi terbesar di Asia Tenggara, yang telah dilanda salah satu wabah COVID-19 terburuk di Asia, telah memvaksinasi sekitar 25% dari populasi targetnya, tetapi Bode mengatakan tingkat vaksin perlu kira-kira dua kali lipat menjadi 2 juta suntikan per hari melalui pengerahan polisi dan militer. . Untuk membantu mendistribusikan tembakan.

Program vaksinasi di Indonesia terhambat oleh masalah distribusi, logistik, dan keragu-raguan vaksin, tetapi diharapkan ada lebih dari 140 juta orang yang divaksinasi dua kali pada Maret mendatang.

Kementerian Kesehatan ingin menggunakan jaringan sekitar 300.000 bidan dari Badan Keluarga Berencana Nasional untuk membantu mempercepat vaksinasi, berdasarkan model yang telah diuji coba di Jawa Barat.

Menteri mengatakan Indonesia, negara terpadat keempat di dunia, memiliki jumlah orang keenam terbesar yang menerima dosis pertama vaksin, setelah China, Amerika Serikat, India, Brasil, dan Jepang.

Bode mengatakan dia tidak bisa menjamin bahwa gelombang ketiga infeksi tidak akan terjadi di Indonesia.

“Sangat sulit diprediksi,” katanya.

Pelaporan tambahan oleh Kate Lamb di Sydney dan Tom Allard di Jakarta; Diedit oleh Timothy Heritage

Kriteria kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.