POSPAPUA

Ikuti perkembangan terkini Indonesia di lapangan dengan berita berbasis fakta PosPapusa, cuplikan video eksklusif, foto, dan peta terbaru.

Dipol Samudera Hindia mencapai puncaknya, dan fenomena El Nino terus berlanjut – Insurance News

Dipol Samudera Hindia mencapai puncaknya, dan fenomena El Nino terus berlanjut – Insurance News

Dipole Samudera Hindia (IOD) yang positif, yang berkontribusi terhadap cuaca kering di Australia timur, kemungkinan besar telah melewati puncaknya, sementara El Niño masih berlanjut di Pasifik, menurut Biro Meteorologi dalam pembaruan program iklim.

Kombinasi peristiwa El Niño, yang diumumkan oleh Biro pada bulan September, dan kondisi IOD yang positif telah meningkatkan ekspektasi akan kondisi yang lebih hangat dan kering di sebagian besar Australia selama musim semi dan musim panas.

Semua model iklim internasional yang disurvei oleh Biro menunjukkan bahwa IOD positif kemungkinan akan menurun pada bulan ini, sementara pengaruh El Nino terhadap curah hujan di Australia biasanya menurun selama musim panas, terutama di wilayah timur, kata Biro tersebut.

Prakiraan jangka panjang untuk Australia menunjukkan bahwa curah hujan pada bulan Desember hingga Februari kemungkinan besar masih berada di bawah rata-rata di sebagian besar wilayah utara dan barat Australia, dengan siang dan malam kemungkinan besar akan lebih hangat di hampir seluruh wilayah negara tersebut.

Sementara itu, “peristiwa curah hujan berdampak tinggi” dapat terjadi selama tahun-tahun El Niño, terutama selama periode Oktober hingga April ketika frekuensi badai hebat mencapai puncaknya, kata biro tersebut.

Suhu permukaan laut tropis Pasifik diperkirakan akan tetap berada jauh di atas ambang batas El Niño hingga awal kuartal kedua tahun depan.

READ  Afrika Selatan menjadi tuan rumah pusat transfer teknologi vaksin Covid-19 pertama di dunia